TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Desire Doue, Permata Prancis Pengganti Kylian Mbappe di PSG

Bakatnya cukup menjanjikan

Desire Doue (psg.fr)

Prancis U-23 tampil cukup impresif di Olimpiade 2024 Paris. Beberapa pemain Les Bleus muda sukses menunjukkan potensinya selama turnamen meski kalah 3-5 dari Spanyol pada laga final dan meraih medali perak. Salah satunya Desire Doue.

Ia turut berkontribusi membawa Prancis U-23 ke final dengan torehan 1 gol dan assist dalam 5 pertandingan Olimpiade 2024. Doue sempat menjadi rebutan dua klub besar Eropa, Paris Saint-Germain (PSG) dan Bayern Muenchen. PSG akhirnya berhasil mendapatkan tanda tangan sang pemain dengan membayar biaya transfer kepada Stade Rennais sebesar 50 juta euro atau Rp860 miliar.

Lantas, seperti apa sosok Doue? Berikut profil lengkapnya.

1. Produk asli akademi Stade Rennais

Desire Doue (instagram.com/staderennaisfc)

Desire Doue lahir di Angers pada 3 Juni 2005. Ia memiliki keturunan Pantai Gading dari orangtuanya, tetapi memilih kewarganegaraan Prancis. Doue mulai menimba ilmu sepak bola dari akademi Stade Rennais saat berusia 5 tahun pada 2011. Bakatnya yang menjanjikan membuat Rennais melanggar kebijakannya sendiri, yaitu mendaftarkan pemain muda yang berusia di bawah 9 tahun ke akademi. Akan tetapi, manajer tim muda Rennais, Florent Bourcie, mengatakan, Doue punya potensi luar biasa. Salah satunya kemampuan olah bola di atas rata-rata untuk anak-anak seusianya.

Tidak butuh waktu lama baginya menembus tim senior Rennais. Doue mulai berlatih dengan skuad utama Rennais pada Januari 2022. Ia melakoni debutnya ketika Rennais kalah 0-1 dari FC Lorient pada pekan pertama Ligue 1 Prancis 2022/2023. Doue perlahan membangun reputasinya sebagai seorang winger berbakat sampai akhirnya berhasil tampil reguler. Ia kini mengoleksi total 76 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 7 assist di semua kompetisi pada 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Portugal yang Direkrut PSG sebelum Joao Neves

2. Punya kecepatan dan kemampuan olah bola sebagai penyerang sayap kiri

Desire Doue (instagram.com/desire.doue)

Desire Doue memiliki beberapa kelebihan yang cukup menonjol saat bermain sebagai penyerang sayap kiri. Dilansir Goal, ia mencatat upaya melewati lawan lewat dribel dengan rata-rata 3,54 per 90 menit. Statistik ini bahkan lebih baik daripada Kylian Mbappe di Ligue 1 2022/2023.

Selain itu, Doue memiliki kemampuan dalam memenangkan penguasaan bola ketika memberikan tekanan kepada pemain lawan di sepertiga lapangan lawan. Menurut Goal, ia mampu menciptakan peluang menembak dengan rata-rata 4,87 per 90 menit. Ditambah lagi, Doue tidak takut dalam berduel 1 lawan 1 saat mendribel bola dari sisi sayap.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya