TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Debutan Termuda Belanda yang Jadi Starter di UCL Bareng Klub Inggris

Salah satunya jebolan akademi Aston Villa

Lamare Bogarde (x.com/AVFCOfficial)

Tidak semua pemain Belanda melakoni debutnya di Liga Champions Eropa (UCL) bersama klub-klub dari Eredivisie. Sebagian dari mereka menimba ilmu di akademi klub-klub Inggris. Para talenta muda Belanda itu mendapat kesempatan promosi ke tim utama saat melakoni pertandingan UCL.

Hebatnya lagi, mereka dipercaya tampil sejak menit pertama di laga UCL pertamanya. Momen ini tentu begitu spesial bagi para pesepak bola Belanda tersebut. Itu seperti tiga debutan termuda Belanda ini yang menjadi starter di laga UCL bersama klub Inggris.

1. Jeffrey Bruma melakoni debut di UCL sebagai starter saat berusia 19 tahun 10 hari

Jeffrey Bruma (x.com/jeffreybruma)

Jeffrey Bruma pindah ke akademi Chelsea dari Feyenoord Rotterdam pada Juli 2007. Ia masuk ke tim Chelsea U-18 selama 2 tahun pada 2007--2009. Bruma lalu dipanggil manajer Chelsea saat itu, Carlo Ancelotti, untuk masuk ke tim utama pada paruh pertama 2009/2010. Ia berhasil mendapat kepercayaan dari Ancelotti untuk bermain di tim utama ketika Chelsea menang 5-0 atas Blackburn Rovers pada 24 Oktober 2009. Bruma saat itu menggantikan Ricardo Carvalho pada menit ke-67. Pergantian tersebut berhasil menuai hasil positif.

Bruma baru mendapat kesempatan tampil sebagai starter untuk pertama kalinya ketika Chelsea menjamu MSK Zilina di Stamford Bridge pada 23 November 2011. Ia saat itu berduet dengan Branislav Ivanovic di lini belakang. Bruma masih berusia 19 tahun 10 hari. Ia mampu menyelesaikan pertandingan dengan tampil penuh selama 90 menit.

Baca Juga: 3 Pemain Prancis yang Cetak Brace dalam Debutnya di Liga Champions

2. Patrick van Aanholt debut sebagai starter di UCL kala berusia 20 tahun 86 hari

Patrick van Aanholt (kiri depan) dan Frank Lampard (kanan depan) (chelseafc.com)

Patrick van Aanholt bergabung dengan akademi Chelsea, Cobham, dari PSV Eindhoven pada Juli 2007. Ia menimba ilmu dengan masuk tim Chelsea U-18 selama 2 tahun pada 2007--2009. Ia kemudian dipinjamkan kepada Coventry City dan Newcastle United pada 2009/2010. Van Aanholt baru bergabung dengan tim utama Chelsea pada paruh pertama 2010/2011. Ia mendapat kesempatan debut di skuad senior Chelsea kala bertandang ke kandang MSK Zilina dalam laga fase grup UCL pada 15 September 2010.

Van Aanholt kala itu masuk menggantikan Florent Malouda pada menit ke-88. Ia terpilih sebagai starter untuk pertama kalinya di Liga Champions ketika Chelsea menjamu MSK Zilina dalam pertandingan babak grup di Stamford Bridge pada 23 November 2011. Van Aanholt saat itu bermain sebagai bek kiri. Ia bahkan bermain penuh selama 90 menit. Chelsea memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya