TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Bek Bundesliga dengan Akurasi Operan Tertinggi dalam 1 Musim

Ada incaran Manchester United

Matthijs de Ligt (fcbayern.com)

Para pemain yang berposisi bek tengah kini dituntut untuk menjadi poros pertama tim dalam membangun serangan. Maka dari itu, kemampuan mendribel dan mengoper bola menjadi sangat penting. Bundesliga Jerman termasuk salah 1 dari 5 liga top Eropa yang menerapkan gaya permainan modern dengan melibatkan para bek tengah dalam mendistribusikan bola.

Tidak heran statistik akurasi operan bek-bek Bundesliga cukup tinggi. Sebagian pemain Bundesliga bahkan memecahkan rekor persentase akurasi operan tertinggi dalam semusim. Setidaknya, tiga bek berikut tercatat mampu mengukir catatan apik itu.

1. Jonathan Tah mencatat 94,7 persen akurasi operan sukses pada 2023/2024

Jonathan Tah (bundesliga.com)

Jonathan Tah termasuk salah satu pemain yang memiliki peran penting dalam pencapaian Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga 2023/2024. Ia sukses tampil apik secara konsisten dalam 31 pertandingan Bundesliga. Tah tidak hanya piawai dalam menjaga wilayahnya dari serangan-serangan musuh. Ia juga memiliki kemampuan dalam mendistribusikan bola dari lini belakang terutama lewat operan-operan pendek.

Menurut Opta, Tah mampu mencatat 94,7 persen akurasi operan di Bundesliga 2023/2024. Lebih lengkap, dilansir Fotmob, ia memberikan 2.069 operan sukses dengan satu di antaranya membuahkan assist. Peforma apiknya itu membuat Tah diincar klub-klub besar, salah satunya Bayern Muenchen.

Sayangnya, menurut jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, Bayern Muenchen tidak lagi tertarik untuk mendatangkan sang pemain. Sebab, Bayern Muenchen gagal mencapai kesepakatan dengan Bayer Leverkusen terkait negosiasi harga Tah. Sang pemain akan melanjutkan karier di Bayer Leverkusen.

Baca Juga: Gak Cuma De Ligt, MU Juga Incar Bek Sayap Bayern

2. Axel Witsel sukses menorehkan 94,1 persen operan sukses pada 2019/2020

Axel Witsel (bundesliga.com)

Axel Witsel bergabung dengan Borussia Dortmund dari klub Chinese Super League, Tianjin Tianhai, pada musim panas 2018. Ia langsung menjadi andalan di lini belakang dan tengah Dortmund. Selain mampu bermain sebagai bek tengah, Witsel juga bisa mengambil peran di posisi gelandang bertahan. Ia tampil dalam 33 pertandingan dengan torehan 4 gol dan 1 assist di Bundesliga 2018/2019.

Permainan Witsel meningkat cukup signifikan pada 2019/2020. Menurut Opta, persentase akurasi operannya mencapai 94,1 persen. Secara detail, dilansir Fotmob, Witsel melepas 1.679 operan sukses dengan 5 di antaranya membuahkan assist. Sayangnya, penampilan Witsel menurun 2 musim setelahnya. Ia akhirnya dilepas secara gratis kepada Atletico Madrid pada musim panas 2022.

Verified Writer

Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya