TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Lionel Messi di Barcelona

Messi kesayangan banyak pelatih top nih!

Lionel Messi dan Pep Guardiola (goal.com)

Lionel Messi saat ini memang berstatus tanpa klub. Namun ia berpeluang besar untuk melanjutkan masa baktinya di Barcelona. Blaugrana menjadi satu-satunya klub yang pernah dibela La Pulga hingga saat ini. Messi memulai perjalanan kariernya di Barca pada musim 2005/06.

Sepanjang kariernya membela El Barca, Messi tentu saja telah merasakan ditangani banyak pelatih. Bagi setiap pelatih yang menangani Barca, Messi pun menjadi kunci utama. Lantas siapa saja pelatih yang paling sering mengandalkan Lionel Messi? Berikut ulasannya.

1. Pep Guardiola

Lionel Messi dan Pep Guardiola (eurosport.com)

Pelatih yang paling sering mengandalkan Barcelona adalah Pep Guardiola. Meskipun bukan pelatih yang mengorbitkan Messi, Pep sangat berjasa dalam perkembangan karier La Pulga. Pelatih berkebangsaan Spanyol ini menangani Blaugrana sejak musim 2008/2009.

Ia bertahan hingga musim 2011/2012 dan telah memainkan Messi dalam 219 pertandingan di semua kompetisi. Bintang asal Argentina itu pun tampil sangat mengesankan. Di mana Messi berhasil mencatatkan 211 gol dan 94 assist selama ditangani Guardiola. Kontribusinya pun turut membantu Barca meraih treble winner pada musim 2009/2010. 

Baca Juga: Gemilangnya Lionel Messi di Copa America 2021

2. Luis Enrique

Lionel Messi dan Luis Enrique (goal.com)

Berikutnya ada Luis Enrique yang saat ini menjadi pelatih Timnas Spanyol. Setelah menangani AS Roma dan Celta Vigo, Enrique ditunjuk untuk melatih Barca pada musim 2014/2015. Tak diragukan lagi jika Lionel Messi menjadi pilar utama Enrique di lini depan Barca. Di musim perdananya, kerja sama Enrique dan Messi langsung membuahkan treble winner.

Pelatih berkebangsaan Spanyol ini mengakhiri masa kerjanya di Barca pada akhir musim 2016/2017. Enrique mengandalkan La Pulga dalam 158 pertandingan di semua kompetisi. Dari total pertandingan tersebut, Messi mengoleksi 153 gol dan 76 assist.

3. Ernesto Valverde

Lionel Messi dan Ernesto Valverde (goal.com)

Setelah ditinggalkan Luis Enrique, posisi kursi kepelatihan Barcelona diisi oleh Ernesto Valverde. Lionel Messi pun masih menjadi andalan utama di lini depan. Selama menangani Barca, Valverde sebenarnya cukup berprestasi di kancah domestik.

Namun ia mendapat protes dari para penggemar karena tak bisa berprestasi di Liga Champions. Selama ditangani Valverde hingga akhir musim 2019/2020, Lionel Messi mencatatkan 124 pertandingan. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 112 gol dan 51 assist. 

4. Frank Rijkaard

Frank Rijkaard dan Lionel Messi (bleacherreport.com)

Frank Rijkaard adalah pelatih yang menemukan bakat Lionel Messi hingga mengorbitkannya ke tim utama. Pelatih berkebangsaan Belanda itu menjadi juru taktik Blaugrana sejak musim 2003/2004 hingga 2007/2008. Ia disebut-sebut sebagai pelatih yang membangkitkan Barca sebelum Pep Guardiola.

Sebagai sosok yang menemukan Messi, Rijkaard juga mengandalkan bintang Argentina itu di banyak pertandingan. Padahal saat itu, La Pulga masih berusia belasan tahun. Rijkaard memainkan Messi dalam 110 pertandingan dengan catatan 42 gol dan 26 assist.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Lionel Messi Tetap Layak Meraih Ballon d'Or 2021

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya