TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pelatih Paling Senior yang Bersaing di Serie A 2023/2024

Ada Jose Mourinho

Jose Mourinho (legaseriea.it)

Serie A Italia menjadi salah satu kompetisi terbaik di Eropa saat ini. Hadirnya para pemain papan atas membuat persaingan tiap musim berjalan seru. Tak hanya itu, klub-klub Serie A juga menunjuk pelatih-pelatih top demi meraih hasil terbaik.

Pada 2023/2024 ini, cukup banyak pelatih ternama yang bersaing di Serie A. Bahkan, beberapa dari mereka merupakan pelatih senior yang sudah kaya pengalaman. Makin senior seorang pelatih, bisa jadi makin banyak pula pengalaman mereka.

Berikut daftar pelatih paling senior yang bersaing di Serie A 2023/2024.

1. Claudio Ranieri membawa Cagliari promosi ke Serie A

Claudio Ranieri (premierleague.com)

Claudio Ranieri menjadi pelatih paling senior yang membesut klub Serie A 2023/2024. Nama pertama ini tentu tak asing lagi karena sudah banyak menangani klub-klub elite. Pada musim ini, pelatih 71 tahun itu melanjutkan kariernya dengan menangani Cagliari.

Ditunjuk pada Januari 2023, Ranieri berjasa membawa Cagliari promosi ke Serie A pada musim ini. Selama membesut Cagliari, ia sudah mencatatkan 29 pertandingan dengan torehan 12 kemenangan, 12 seri, dan 4 kekalahan. Sayangnya, ia belum mampu membawa Cagliari meraih kemenangan dari empat laga awal Serie A musim ini.

2. Aurelio Andreazzoli baru ditunjuk sebagai pelatih Empoli

Aurelio Andreazzoli (legaseriea.it)

Berikutnya ada Aurelio Andreazzoli yang baru saja ditunjuk sebagai pelatih baru Empoli. Pelatih 69 tahun ini dipercaya Empoli menggantikan posisi Paolo Zanetti. Dengan pengalaman yang dimiliki, Andreazzoli diharapkan bisa membawa Empoli bangkit karena selalu kalah dalam empat laga awal Serie A 2023/2024.

Pelatih asal Italia ini memang belum banyak mendapat prestasi. Namun, ia sudah cukup berpengalaman menangani klub-klub Italia, termasuk sebelumnya juga menangani Empoli. Beberapa klub lain yang pernah ia tangani ada Ternana, Genoa, serta pernah menjadi bagian AS Roma.

Baca Juga: Bersama Maurizio Sarri, Lazio Harusnya Tampil Lebih Indah

3. Gian Piero Gasperini jadi pelatih terlama yang membesut Atalanta

Gian Piero Gasperini (legaseriea.it)

Gian Piero Gasperini tentu layak disebut sebagai pelatih ikonis Serie A. Bagaimana tidak, ia menjadi pelatih terlama yang menangani klub Serie A pada 2023/2024. Hingga saat ini, pelatih 65 tahun itu sudah 7 tahun lebih membesut Atalanta.

Meskipun belum menghadirkan trofi, ia beberapa kali membawa Atalanta tampil mengejutkan hingga bersaing di papan atas Serie A. Gasperini ditunjuk sebagai pelatih Atalanta pada Juni 2016. Hingga saat ini, ia telah memimpin Atalanta dalam 336 pertandingan dengan catatan 172 kemenangan, 80 seri, dan 84 kekalahan.

4. Maurizio Sarri melanjutkan masa baktinya bersama Lazio

Maurizio Sarri (legaseriea.it)

Nama keempat ini juga tentu sudah tak asing lagi. Ia adalah Maurizio Sarri yang menangani Lazio di Serie A 2023/2024. Pelatih 64 tahun ini sudah cukup berpengalaman setelah pernah menangani beberapa klub elite Eropa. Mereka di antaranya adalah Napoli, Chelsea, hingga Juventus.

Sarri masih dipercaya menangani Lazio setelah ditunjuk pada Juni 2021. Meskipun belum meraih trofi, ia membawa Lazio menempati posisi kedua di Serie A 2022/2023. Total 104 pertandingan sudah ia catatkan dengan raihan 48 kali menang, 27 kali seri, dan 29 kali kalah.

5. Jose Mourinho masih dipercaya sebagai pelatih AS Roma

Jose Mourinho (legaseriea.it)

Jose Mourinho juga menjadi salah satu pelatih senior di Serie A 2023/2024 ini. Sejak ditunjuk pada Juli 2021, ia masih dipercaya menangani AS Roma hingga saat ini. Kualitas pelatih 60 tahun ini sudah tak diragukan lagi.

Bersama Serigala Ibu Kota, ia juga mampu menghadirkan trofi, yakni UEFA Europa Conference League pada musim perdananya. Pada 2022/2023, ia juga hampir meraih trofi andai tidak kalah dari Sevilla di final Liga Europa. Bersama AS Roma, Mourinho mencatatkan 114 pertandingan dengan raihan 56 kemenangan, 25 seri, dan 33 kekalahan.

Baca Juga: 11 Pemain Bintang yang Berkonflik dengan Jose Mourinho

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya