TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelatih Belanda Membesut Klub Peserta Liga Champions 2023/2024

Ada dua pelatih yang debut di Liga Champions musim ini

Erik Ten Hag (manutd.com)

Belanda menjadi salah satu negara Eropa yang dikenal sebagai produsen pemain sepak bola berkualitas. Tak hanya pemain, pelatih asal Belanda juga kerap mencuri perhatian dengan raihan prestasi. Salah satu buktinya adalah deretan pelatih asal Belanda yang sukses menjuarai UEFA Champions League (UCL) atau Liga Champions Eropa.

Johan Cruyff, Louis van Gaal, dan Frank Rijkaard adalah contoh pelatih Belanda yang pernah menjuarai UCL. Sayangnya, sudah cukup lama pelatih Belanda tidak berprestasi di ajang tersebut. Namun, beberapa pelatih asal Belanda berpeluang meraihnya pada 2023/2024.

Dari 32 klub peserta Liga Champions musim ini, 5 di antaranya menggunakan jasa pelatih asal Belanda. Salah satunya Manchester United yang menunjuk Erik ten Hag. Termasuk ten Hag, berikut lima pelatih Belanda yang bertarung di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: 5 Hidangan Laga Terseru pada Matchday 2 Liga Champions 2023/2024

1. Patrick van Leeuwen debut di Liga Champions bersama Shakhtar Donetsk

Patrick van Leeuwen (shakhtar.com)

Salah satu pelatih asal Belanda yang menukangi klub peserta Liga Champions Eropa 2023/2024 adalah Patrick van Leeuwen. Pelatih yang kini berusia 54 tahun tersebut baru pertama kali merasakan panggung UCL. Hal itu ia raih setelah ditunjuk Shakhtar Donetsk pada awal musim ini.

Sayangnya, debut Leeuwen di Liga Champions tak berjalan mulus setelah Shakhtar Donetsk takluk dari FC Porto. Secara keseluruhan, ia sudah memimpin Shakhtar Donetsk dalam 11 pertandingan dengan torehan 6 kemenangan, 3 seri, dan 2 kekalahan. Leeuwen pribadi belum memiliki prestasi yang cukup bagus selama menjadi pelatih.

2. Peter Bosz memimpin skuad PSV Eindhoven

Peter Bosz (uefa.com)

Peter Bosz menjadi pelatih asal Belanda yang sudah cukup berpengalaman. Ia baru ditunjuk sebagai pelatih PSV Eindhoven pada awal 2023/2024 ini. Sebelumnya, Bosz pernah membesut Ajax Amsterdam, Borussia Dortmund, Bayer Leverkusen, serta Olympique Lyon.

Bertarung di Liga Champions Eropa juga bukan sesuatu yang asing bagi pria 59 tahun ini. Sayangnya, catatannya tak terlalu mentereng. Dari 13 laga, ia meraih 2 kemenangan, 2 seri, dan 9 kekalahan. Kekalahan telak juga ia dapatkan saat memimpin PSV Eindhoven menjalani laga perdana melawan Arsenal di UCL musim ini.

3. Arne Slot juga baru pertama kali tampil di Liga Champions bersama Feyenoord

Arne Slot (uefa.com)

Arne Slot menjadi pelatih muda asal Belanda yang tengah meniti karier kepelatihan. AZ Alkmaar menjadi klub pertama yang ditanganinya pada Juli 2019 hingga Desember 2020. Kemudian, Slot ditunjuk Feyenoord pada awal 2021/2022 dan bertahan hingga saat ini.

Sama seperti Patrick van Leeuwen, Slot juga menjalani debut di Liga Champions 2023/2024. Namun, ia sukses mengantarkan Feyenoord meraih kemenangan pada laga perdana melawan Celtic. Setelahnya, mereka akan menghadapi Atletico Madrid dan Lazio pada babak penyisihan grup.

4. Mark van Bommel masih mencari kemenangan perdana di Liga Champions dengan menukangi Royal Antwerp

Mark van Bommel (uefa.com)

Nama Mark van Bommel sudah tak asing lagi. Saat menjadi pemain, pria asal Belanda ini malang melintang bersama klub top Eropa. Beberapa klub yang pernah dibelanya ada Barcelona, Bayern Munich, dan AC Milan.

Gantung sepatu pada 2013, van Bommel menapaki karier sebagai pelatih. Pada 2023/2024, ia memimpin klub Belgia, Royal Antwerp, untuk bertarung di Liga Champions Eropa. Sudah mencatatkan 10 laga di UCL, pelatih 46 tahun itu belum pernah menang, termasuk pada laga perdana musim ini saat memimpin Royal Antwerp melawan Barcelona. 

Baca Juga: 6 Pelatih Paling Sering Memainkan Harry Maguire, Ada Erik ten Hag

Verified Writer

Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya