TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Tristan Gooijer, Bek Kanan AFC Ajax Keturunan Indonesia

Sedang dipinjamkan kepada PEC Zwolle

Tristan Gooijer, bek kanan keturunan Indonesia-Belanda (AFC Ajax)

Beberapa waktu lalu, nama Tristan Gooijer mencuat di tengah-tengah publik. Gooijer adalah pemain bola keturunan Belanda-Indonesia yang saat ini bermain untuk PEC Zwolle sebagai pemain pinjaman dari AFC Ajax. Pesepak bola yang berposisi sebagai bek kanan itu menjadi perbincangan para penggemar Timnas Indonesia.

Di tengah maraknya pemain keturunan, sosok Gooijer cukup menyita perhatian. Lantas, siapakah Tristan Gooijer? Apakah ia benar-benar bek muda berdarah Indonesia? Mari simak profil lengkapnya di bawah ini!

1. Tristan Gooijer, produk akademi Almere City

Tristan Gooijer, bek kanan keturunan Indonesia-Belanda (instagram.com/tristangooijer)

Tristan Gooijer lahir di Kota Blaricum, Belanda, pada 2 September 2004. Sebelum bergabung dengan AFC Ajax, Gooijer adalah jebolan akademi muda Almere City. Di sanalah ia memulai karier sepak bolanya.

Pesepak bola berpostur 185 cm itu bermain di posisi bek kanan. Selain itu, ia juga fleksibel untuk menjadi opsi sebagai bek tengah dan bek kiri. Gooijer bergabung dengan Forza Almere, sebuah klub amatir di daerah tempat tinggalnya pada 2008--2013. Ia lanjut menimba ilmu di FC Almere selama 1 musim (2013--2014). Tristan Gooijer lalu berseragam Almere City selama 2 tahun pada 2014--2016.

2. Tampil impresif hingga dilirik akademi Ajax

Tristan Gooijer, bek kanan keturunan Indonesia-Belanda (AFC Ajax)

Penampilan Tristan Gooijer di Almere City cukup impresif hingga membuat talent scouting AFC Ajax meliriknya. Ia kemudian pindah ke akademi Ajax Amsterdam pada 2016. Gooijer bermain dengan tim muda Ajax di berbagai kelompok umur. Ia tercatat membela Ajax U-17, U-18, dan U-21.

Gooijer menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Ajax pada Juni 2021. Statistik pemain berusia 20 tahun itu cukup mentereng bersama Jong Ajax. Ia tercatat memainkan 19 pertandingan bersama Ajax U-18 dan 50 pertandingan bersama Ajax U-21.

Selain di tim muda, Gooijer juga telah tampil di tim senior Ajax. Ia melakoni debutnya untuk tim inti Ajax pada Desember 2023. Pemain berkaki dominan kanan itu sudah tampil dalam 13 pertandingan bersama tim utama Ajax.

Baca Juga: Menpora Bantah Pemain Naturalisasi Timnas Pegang Dua Paspor

3. Dipinjamkan kepada PEC Zwolle

Tristan Gooijer, bek kanan keturunan Indonesia-Belanda (instagram.com/peczwolle)

Mengawali 2024/2025, Tristan Gooijer dipinjamkan kepada klub PEC Zwolle yang juga bermain di Eredivisie, kasta tertinggi Liga Belanda. Masa peminjaman tersebut berlangsung hingga akhir musim 2024/2025. Gooijer sendiri memiliki kontrak hingga Juni 2026 bersama Ajax.

Bek kelahiran Belanda itu tercatat sudah tampil sekali bersama PEC Zwolle musim ini. Peminjaman Gooijer diharapkan bisa memberinya lebih banyak menit bermain. Sebagai pemain muda potensial, harga pasar Tristan Gooijer saat ini adalah 2 juta euro atau setara dengan Rp34 miliar.

Verified Writer

Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya