TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

DPR Terima Surpres Calvin Verdonk, Bisa Main Lawan Irak?

Prosesnya harus dikebut biar bisa tampil lawan Irak

foto Calvin Verdonk saat menghadapi PEC Zwolle (instagram.com/c.verdonk)

Intinya Sih...

  • DPR menerima Surpres terkait permohonan kewarganegaraan untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven.
  • Keduanya sudah mengurus berkas naturalisasi di Jakarta, namun prosesnya masih panjang.
  • Ada potensi Verdonk tak bisa main saat lawan Irak, namun pelatih menyatakan masih ada dua pemain tambahan yang bakal dipanggil.

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat presiden (Surpres) terkait permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan untuk dua calon pemain Timnas Indonesia, Calvin Verdonk dan Jens Raven. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, dalam Rapat Paripurna ke-18 masa persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Senayan, Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Dasco mengatakan, DPR telah menerima Surpres per 17 Mei 2024 untuk permohonan kewarganegaraan terhadap Raven dan Verdonk.

"R-18 pres tanggal 17 Mei 2024 hal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Calvin Ronald Verdonk dan saudara Jans Raven," kata Dasco.

Verdonk dan Raven sebelumnya sudah mengurus berkas naturalisasi di Jakarta, pada 30 April 2024 lalu. Keduanya juga sudah menemui Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Menpora Dito Ariotedjo telah berjanji proses naturalisasi Verdonk dan Raven bisa rampung sesuai target dan bisa main saat Timnas menghadapi Irak atau Filipina.

"Pemain sebelumnya kan tepat waktu, sekarang Insya Allah tepat waktu juga," ujar Dito.

Meski surpres sudah turun, prosesnya juga masih panjang. Sebab, mereka harus menjalani proses wawancara terlebih dulu, baru setelahnya diambil sumpah. Sementara, laga melawan Irak digelar pada 6 Juni 2024 dan Filipina lima hari setelahnya.

Ada potensi Verdonk tak bisa main saat lawan Irak. Namun, terbuka kemungkinan buat turun di laga kontra Filipina karena sesuai aturan pemain harus didaftarkan H-7 sebelum laga. Dalam daftar pemain, Verdonk dan Raven belum masuk. Hanya saja, pelatih Shin Tae Yong menyatakan masih ada dua pemain tambahan yang bakal dipanggil dan bisa saja itu Verdonk atau Raven.

Baca Juga: Menpora: Proses Naturalisasi Calvin Verdonk dan Raven Lagi Dikebut

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya