TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penyerang Top yang Membela Fiorentina dalam Sedekade Terakhir

Dusan Vlahovic salah satunya!

Dusan Vlahovic (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Serie A berisikan deretan klub raksasa dengan sejarah yang melegenda, seperti Juventus dan duo klub kota Milan. Meski begitu, klub-klub lain sebenarnya juga tak bisa dipandang sebelah mata, termasuk Fiorentina. Klub berjuluk La Viola ini kerap menjadi batu sandungan bagi klub-klub besar Italia.

Dalam sedekade terakhir, Fiorentina selalu konsisten tampil di kasta teratas liga sepak bola Italia. Hal itu tak terlepas dari kehadiran sejumlah pemain yang memiliki kualitas mumpuni, khususnya para striker berikut ini. Mereka menambah ketajaman di lini depan La Viola. 

1. Mario Gomez berkarier di Italia dengan balutan jersey Fiorentina

Mario Gomez (uefa.com)

Karier Mario Gomez melambung bersama raksasa Bundesliga, Bayern Munich. Selama 4 musim (2009--2013), petualangannya itu dipenuhi dengan berbagai gelar juara. Setelah sukses di Bayern Munich, Gomez pun mencoba peruntungan baru. Ia hengkang ke Fiorentina pada musim panas 2013.

Sayangnya, Gomez tak terlalu bersinar bersama La Viola. Ia hanya bertahan selama 2 musim. Catatannya juga hanya terdiri dari 14 gol dan 6 assist dari 47 penampilan. Alhasil, Gomez dipinjamkan ke Besiktas pada musim panas 2015. Setelah itu, ia langsung dilepas permanen ke Wolfsburg.

Baca Juga: 7 Eks Fiorentina yang Pernah Membela Juventus, Ada Chiesa dan Vlahovic

2. Krzysztof Piatek kembali berkarier ke Serie A pada musim dingin 2022

Krzysztof Piatek (twitter.com/acffiorentina)

Krzysztof Piatek direkrut oleh Fiorentina pada musim dingin 2022. Ia bergabung dengan status pinjaman dari Hertha Berlin. Fiorentina sebenarnya bukanlah klub Serie A pertama yang dibelanya. Piatek sempat membela Genoa dan AC Milan sebelumnya. Oleh sebab itu, ia tak kesulitan untuk beradaptasi.

Selama masa peminjaman, Piatek cukup sering diturunkan. Ia tampil sebanyak 18 kali dengan koleksi 6 gol di berbagai kompetisi. Meski begitu, Fiorentina tak menebusnya secara permanen. Ia pun kembali ke Hertha Berlin, tetapi langsung dipinjamkan kembali ke Salernitana.

3. Dusan Vlahovic membuktikan ketajamannya sebagai penyerang muda haus gol di Fiorentina

Dusan Vlahovic (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Nama Dusan Vlahovic melambung bersama Fiorentina. Hal itu bukan tanpa alasan. Vlahovic menjelma sosok penyerang muda ganas La Viola. Bergabung pada 2018, Vlahovic langsung menjadi sebuah sensasi. Ia mampu tampil produktif dan diandalkan sebagai mesin gol andalan timnya.

Pemain berpaspor Serbia itu membela Fiorentina selama 3,5 musim. Dalam kurun waktu tersebut, Vlahovic berhasil mencetak 49 gol dan 8 assist dari 108 penampilan di semua ajang. Namanya pun jadi incaran sejumlah klub. Puncaknya, Vlahovic hijrah ke Juventus pada musim dingin 2022.

4. Sinar terang karier Mohamed Salah berawal di Fiorentina

Mohamed Salah (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Sebelum bersinar di Liverpool, karier Mohamed Salah cukup berliku. Apalagi sewaktu masih berseragam Chelsea. Ia sempat dipinjamkan ke Fiorentina demi menambah jam terbang. Hal itu terjadi pada musim dingin 2014. La Viola meminjam jasanya selama setengah musim.

Salah mampu membuktikan kualitas terbaiknya bersama Fiorentina. Dari 26 pertandingan, ia sukses mencetak 9 gol dan 4 assist. Salah akhirnya dipulangkan kembali ke Chelsea. Sayangnya, The Blues tak bisa memberikannya jaminan tampil reguler sehingga dilepas permanen ke AS Roma.

Baca Juga: 5 Pemain Fiorentina yang Merapat ke AC Milan sebelum Luka Jovic

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya