TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Brighton dengan Nomor Punggung 10 sebelum Julio Enciso

Kebanyakan justru gagal bersinar

Julio Enciso (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton & Hove Albion seolah tak kesulitan dalam menemukan pemain-pemain muda berbakat. Di dalam skuadnya pada musim 2023/2024, ada sejumlah pemain potensial, termasuk Julio Enciso. Ia sudah membela Brighton sejak musim 2022/2023 dan mampu tampil menjanjikan sejauh ini.

Enciso memakai nomor punggung 20 pada musim debutnya. Kini, ia mendapatkan kepercayaan untuk menggunakan nomor punggung 10. Nomor tersebut merupakan salah satu nomor sakral di dunia sepak bola. Ia menyusul beberapa pemain Brighton yang sebelumnya juga memakai nomor punggung 10.

1. Stephen Dobbie membela Brighton hanya selama setengah musim

Stephen Dobbie (twitter.com/BlackpoolFC)

Stephen Dobbie membela sejumlah klub kasta teratas Liga Inggris sewaktu aktif berkarier sebagai pemain. Brighton merupakan salah satu klub yang pernah disinggahinya. Dobbie merapat ke skuad The Seagulls pada awal musim 2012/2013 dari Swansea City.

Ia memakai nomor punggung 10 selama membela Brighton. Namun, Dobbie bertahan hanya selama setengah musim di sana. Ia tampil sebanyak 15 kali bersama Brighton di semua kompetisi. Pada musim dingin 2013, Dobbie dipinjamkan ke Crystal Palace. Ia lalu ditebus permanen pada musim berikutnya.

Baca Juga: 4 Pemain Aktif Brighton yang Didatangkan dari Klub Big Six EPL

2. Kemy Agustien gagal menunjukkan permainan terbaiknya di Brighton

Kemy Agustien (concacaf.com)

Kepergian Dobbie membuat nomor punggung 10 Brighton sempat tanpa pemilik selama setengah musim. Barulah pada awal musim 2013/2014, nomor ini kembali dipakai. Sang pemain yang menggunakannya adalah Kemy Agustien. Ia merupakan rekrutan anyar Brighton pada musim panas 2013.

Agustien memakai nomor punggung 10 selama 2 musim bersama Brighton. Sayangnya, ia tak mampu menjadi pemain utama The Seagulls. Pemain berpaspor Jamaika ini hanya diturunkan sebanyak 17 kali di semua ajang. Alhasil, Agustien dilepas gratis ke klub Denmark, Vendsyssel FF, pada musim panas 2015.

3. Tomer Hemed sempat memukau sebelum dipinjamkan ke Queens Park Rangers

Tomer Hemed (twitter.com/OfficialBHAFC)

Kepemilikan nomor punggung 10 Brighton beralih kepada Tomer Hemed. Ia langsung dipercaya sebagai pemilik nomor sakral tersebut sejak awal kedatangannya pada musim panas 2015. Keputusan itu sepenuhnya tepat. Pasalnya, Hemed mampu bersinar sebagai mesin gol utama The Seagulls.

Selama 3 musim, ia sukses mengemas 33 gol dan 12 assist dari 108 pertandingan. Namun, Hemed gagal mempertahankan posisinya lebih lama. Kedatangan beberapa penyerang anyar membuatnya harus hengkang ke klub lain. Hemed sempat dipinjamkan ke Queens Park Rangers sebelum dilepas permanen ke Charlton Athletic.

4. Florin Andone tampil mengecewakan di lini depan Brighton

Florin Andone (brightonandhovealbion.com)

Kepergian Tomer Hemed tak membuat nomor punggung 10 Brighton lowong. Pasalnya, nomor tersebut langsung dipakai oleh pemain anyar The Seagulls, Florin Andone, sejak awal 2018/2019. Ia didatangkan untuk menambah ketajaman dan produktivitas Brighton.

Meski begitu, Andone gagal menunjukkan sinarnya. Ia tak mampu beradaptasi dengan baik di Inggris. Andone hanya bertahan semusim dengan catatan 30 penampilan bersama Brighton. Ia akhirnya dipinjamkan ke Galatasaray dan Cadiz. Puncaknya, Andone dilepas permanen ke Las Palmas pada musim panas 2022.

Baca Juga: Pengakuan Dosa Klopp saat Liverpool Sikat Wolves: Mainkan Mac Allister

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya