TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Belgia Termahal yang Direkrut oleh Klub EPL, Siapa Saja?

Tak semuanya mampu bersinar!

Jeremy Doku (twitter.com/ManCity)

Sepak bola Belgia terus melahirkan pemain-pemain hebat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini berpengaruh terhadap prestasi Timnas Belgia yang juga meningkat, seperti menjadi juara ketiga Piala Dunia 2018 lalu. Para pemainnya tersebar di liga-liga top Eropa, khususnya English Premier League (EPL).

EPL menjadi salah satu destinasi menarik bagi para pemain Belgia. Beberapa nama di antaranya bahkan disorot sebab datang dengan harga yang mahal. Pada musim panas 2023, Romeo Lavia dan Jeremy Doku menambah wakil Belgia di EPL yang direkrut dengan harga tinggi.

Termasuk keduanya, inilah lima pemain Belgia termahal yang direkrut oleh klub EPL.

1. Romelu Lukaku gagal bersinar meski memecahkan rekor transfer Chelsea

Romelu Lukaku (twitter.com/premierleague)

Kepulangan Romelu Lukaku ke Chelsea pada musim panas 2021 menjadi sorotan hangat. Pasalnya, ia memecahkan rekor transfer The Blues dengan biaya 113 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Chelsea berharap banyak padanya setelah tampil produktif saat menjadi mesin gol utama Inter Milan.

Namun, Lukaku tak mampu membuktikan ketajamannya di Inggris. Ia gagal bersinar di Chelsea dengan koleksi 15 gol saja dari 44 laga. Karena performanya yang di bawah harapan, Lukaku tak bertahan lama. Ia dipinjamkan ke klub lamanya, Inter Milan pada musim 2022/2023. Setelah itu, Lukaku dilepas lagi ke AS Roma.

Baca Juga: Kevin De Bruyne Anggap Kandang Newcastle Istimewa!

2. Kevin De Bruyne menjelma jadi gelandang hebat bersama Manchester City

Kevin De Bruyne (premierleague.com)

Keputusan Manchester City untuk merekrut Kevin De Bruyne sangat tepat. Sang pemain bergabung dari Wolfsburg pada musim panas 2015 lalu. Saat itu, The Citizens harus merogoh kocek sebesar 76 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Harga semahal itu akhirnya dibayar lunas oleh De Bruyne yang tampil impresif di lini tengah The Citizens.

Ia menjelma jadi salah satu gelandang hebat di EPL. Atributnya, seperti visi bermain hingga akurasi umpan yang apik, mengantarkan De Bruyne jadi pemain andalan Manchester City. Ia sudah mengantongi 96 gol dan 153 assist dari 358 laga. Prestasinya juga makin lengkap dengan sederet gelar juara bergengsi.

3. Romeo Lavia dibeli mahal oleh Chelsea pada usia 20 tahun

Romeo Lavia (instagram.com/chelseafc)

Transfer Romeo Lavia ke Chelsea diwarnai dengan sejumlah drama. Sebelum menjadi milik The Blues, Lavia sempat diincar oleh Liverpool. Namun, ia lebih tertarik dengan proyek yang ditawarkan oleh Chelsea. Lavia pun menambah deretan pemain muda yang menghuni skuad The Blues pada musim 2023/2024.

Perekrutan Lavia dinilai sebagai bentuk investasi untuk Chelsea. Pasalnya, ia dibeli seharga 62 juta euro atau sekitar Rp1 triliun dari Southampton. Dengan harga semahal itu, Lavia punya beban berat untuk membuktikan kualitasnya dan membawa Chelsea kembali bersaing di papan atas klasemen.

4. Jeremy Doku diproyeksikan sebagai pengganti Riyad Mahrez

Jeremy Doku (twitter.com/ManCity)

Manchester City kehilangan Riyad Mahrez pada musim panas 2023. Sang pemain memilih untuk hijrah ke Arab Saudi. Kepergian Mahrez menimbulkan lubang besar di sisi kanan penyerangan. Oleh sebab itu, The Citizens dengan cepat mencari penggantinya, yaitu Jeremy Doku dari Stade Rennais.

Untuk mendapatkan jasa sang pemain, Manchester City harus membayar 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Doku dikontrak dengan durasi selama 5 musim hingga Juni 2028. Ia diharapkan dapat menggantikan posisi Mahrez. Kualitas Doku yang sudah teruji di Prancis dinilai dapat menjadi suntikan berharga bagi penyerangan Manchester City.

Baca Juga: Liverpool Digoda Tawaran Fantastis Klub Arab, Rela Lepas Salah?

Verified Writer

Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya