TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Ukir Prestasi di Asia Tenggara

Siapa sih yang tidak bangga sama pemain timnas ini

goodnewsfromindonesia.id

Sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala AFF di Asia Tenggara belum pernah sama sekali mencicipi gelar juara. Indonesia tercatat lima kali tampil di final. Dalam lima kali tampil di final Indonesia takluk dari Thailand 3 kali, Singapura 1 kali, dan Malaysia 1 kali.

Indonesia sendiri tampil di final piala AFF pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dam 2016. Meskipun Indonesia tidak pernah merekrut gelar juara, tetapi ada yang diukir oleh para pemain timnas dalam ajang AFF. Prestasi yang telah diukir meliputi topskor, pemain terbaik, dan pencetak gol terbaik.

Yuk simak siapa saja pemain timnas yang pernah mempunyai prestasi individu di Piala AFF.

1. Gendut Doni Christiawan - Topskor AFF 2000.

Kompas.com

Dalam kejuaraan Piala AFF tahun 2000, Indonesia menempatkan penyerangnya sebagai topskor dalam ajang tersebut. Dia adalah Gendut Doni, seorang penyerang timnas dan predator haus gol pada Piala AFF tahun 2000. Dia saat itu mencetak 5 gol dan mengantarkan Indonesia ke Final Piala AFF untuk pertama kalinya. Tapi sayang, Indonesia harus takluk dari Thailand 4-1 dan gagal menjadi juara.

2. Bambang Pamungkas - Topskor AFF 2002.

goal.com

Siapa yang tak kenal stiker haus gol bernama Bambang Pamungkas. Saat ini dia merupakan pencetak gol terbanyak bagi skuat merah putih dengan 37 gol. Pada Piala AFF tahun 2002, Indonesia lolos sampai final. Lagi-lagi Indonesia bertemu dengan Thailand. Tapi apa yang terjadi, Indonesia harus kandas adu pinalti dalam final tersebut. Yang membanggakan pada saat itu, Bambang pamungkas keluar sebagai topskor dengan 8 gol.

3. Ilham Jaya Kusuma - Topskor AFF 2004.

Rebutbola.com

Indonesia lagi-lagi pada Piala AFF tahun 2004 tampil di final. Hal ini merupakan yang ketiga kalinya Indonesia tampil di final. Sosok Ilham Jaya Kusuma adalah sosok predator bagi Indonesia sekaligus mengantarkan Indonesia ke final. Pada saat itu dia menjadi topskor Piala AFF dengan mengukuhkan 7 gol. Indonesia saat di final yang ketiga harus puas sebagai runner-up setelah kandas dari Singapura.

4. Budi Sudarsono - Topskor AFF 2008

fourfourtwo.com

Indonesia pada edisi Piala AFF tahun 2008 sama sekali tak tampil difinal dan perjuangan mereka harus terhenti di semi-final. Lagi-lagi momok Thailand masih belum bisa dijinakkan oleh Indonesia. Pada babak semifinal Indonesia harus kandas agregat dengan skor 3-1. Meskipun Indonesia tidak bisa ke partai puncak. Indonesia menempatkan stiker berjuluk ular piton Budi Sudarsono menjadi topskor dengan 4 gol.

5. Firman Utina - Pemain Terbaik AFF 2010.

Okezone.com

Pada Piala AFF tahun 2010, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Lagi-lagi Indonesia untuk keempat kalinya tampil dipartai Final. Pada saat itu, uforia masyarakat sangat luar biasa. Namun apa yang terjadi, sempat mengalahkan Malaysia di babak kualifikasi dengan skor 5-1.

Tetapi dalam laga final Indonesia harus kandas dengan agregat 4-2. Di Piala AFF tahun 2010 ada yang membanggakan. Indonesia menempatkan pemainnya bernama Firman Utina menjadi pemain terbaik kala itu.

Verified Writer

Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya