TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Papan Atas yang Tidak Masuk Nominasi Ballon d'Or 2024

Ada Cristiano Ronaldo

potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Intinya Sih...

  • Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam nominasi Ballon d'Or 2024, meski keduanya pernah memenangkan penghargaan tersebut sebelumnya.
  • Mohamed Salah, Rodrygo, dan Jamal Musiala juga tidak masuk dalam daftar nominasi Ballon d'Or 2024, meskipun menunjukkan performa impresif sepanjang musim 2023/2024.
  • Para pemain di atas, termasuk tujuh pemain Real Madrid yang berhasil meraih gelar juara LaLiga Spanyol dan Liga Champions musim lalu, tidak masuk nominasi Ballon d'Or 2024.

Ballon d’Or 2024 menjadi penghargaan yang cukup dinantikan para pencinta sepak bola. Pasalnya, penghargaan tersebut diberikan kepada pesepak bola terbaik. Mereka yang masuk nominasi Ballon d’Or saja bahkan dianggap telah menampilkan performa apik di level klub maupun tim nasional.

France Football sebagai penyelenggara telah merilis 30 nama yang menjadi nominasi Ballon d’Or 2024. Dalam daftar yang dirilis, sejumlah pemain top tidak masuk nominasi penghargaan tersebut. Padahal, mereka menjadi langganan nominasi Ballon d’Or edisi sebelumnya.

Berikut lima pemain papan atas yang tidak masuk nominasi Ballon d’Or 2024.

1. Lionel Messi telah memenangkan delapan Ballon d’Or

potret Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Lionel Messi bisa dibilang masuk dalam deretan pesepak bola terbaik sepanjang masa. Pemain asal Argentina ini telah memenangkan berbagai gelar juara di level klub maupun tim nasional. Tidak hanya itu, Messi juga berhasil meraih berbagai penghargaan individu termasuk delapan gelar Ballon d’Or.

Messi saat ini merumput di Major League Soccer (MLS) bersama Inter Miami. Meski sudah tidak merumput di Eropa, pemain berusia 37 tahun ini tetap menunjukkan performa gemilang. Bahkan, Messi mampu mengantarkan Argentina menjuarai Copa America 2024. Walaupun demikian, nama Messi tidak masuk dalam daftar nominasi Ballon d’Or 2024.

2. Cristiano Ronaldo tampil tajam meski sudah tidak lagi muda

potret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Sama seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo juga kerap masuk dalam nominasi Ballon d’Or. Bahkan, pemain berusia 39 tahun ini telah memenangkan penghargaan tersebut sebanyak lima kali. Sayangnya, Ronaldo tidak menjadi nominasi pemenang Ballon d’Or 2024.

Meski sudah tidak lagi muda, Ronaldo tetap berhasil tampil produktif. Sepanjang 2023/2024, dirinya mampu membukukan 44 gol dan 13 assist dari 45 pertandingan bersama klubnya saat ini, Al-Nassr. Selain itu, Mantan pemain Real Madrid ini juga masih menjadi andalan Timnas Portugal di ajang internasional.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal yang Masuk Nominasi Ballon d’Or 2024

3. Mohamed Salah menjadi andalan di lini depan Liverpool

potret Mohamed Salah (instagram.com/liverpoolfc)

Mohamed Salah menjadi penyerang sayap yang tampil konsisten di English Premier League (EPL) dalam beberapa musim terakhir. Ia merupakan pemain andalan bagi lini depan Liverpool. Pemain asal Mesir ini berhasil mengemas 25 gol dan 14 assist dari 44 pertandingan sepanjang 2023/2024.

Performa apik yang ditunjukkan Salah tidak membuat dirinya masuk dalam nominasi Ballon d’Or 2024. Sebelumnya, pemain berusia 32 tahun tersebut telah masuk nominasi Ballon d’Or sebanyak lima kali. Namun, Salah tidak pernah memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

4. Rodrygo mengantarkan Real Madrid meraih trofi LaLiga dan Liga Champions 2023/2024

potret Rodrygo (instagram.com/rodrygogoes)

Rodrygo merupakan pemain yang namanya mencuat bersama Real Madrid. Pemain asal Brasil ini dikenal sebagai penyerang yang memiliki kecepatan. Rodrygo juga sering mencetak gol-gol penting bagi Los Blancos.

Pemain berusia 23 tahun ini berhasil menorehkan 17 gol dan 19 assist dari 51 laga bersama Real Madrid sepanjang 2023/2024. Rodrygo juga berhasil mengantarkan Real Madrid meraih gelar juara LaLiga Spanyol dan Liga Champions Eropa musim lalu. Meski demikian, Rodrygo tidak masuk kandidat pemenang Ballon d’Or 2024. Padahal, Real Madrid mendominasi Ballon d’Or 2024 dengan menyumbangkan tujuh pemainnya.

Verified Writer

Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya