TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelatih Tertua yang Menangani Tim Serie A 2024/2025

Ada nama Antonio Conte

potret Antonio Conte (twitter.com/premierleague)

Intinya Sih...

  • Gian Piero Gasperini, 66 tahun, pelatih Atalanta sejak 2016. Sukses membawa Atalanta ke Liga Champions dan juara Liga Europa.
  • Marco Baroni, 61 tahun, pelatih Lazio. Kontrak hingga Juni 2026. Lazio berada di peringkat ke-8 Serie A.
  • Luca Gotti, 57 tahun, pelatih Lecce. Selamatkan Lecce dari degradasi. Saat ini Lecce di papan bawah klasemen Serie A.

Pelatih memiliki peran penting dalam sebuah tim sepak bola. Pasalnya, pelatih akan menentukan strategi yang digunakan dalam sebuah pertandingan. Maka dari itu, cukup banyak klub yang menggunakan jasa pelatih berpengalaman.

Di Serie A Italia terdapat beberapa klub yang mempekerjakan pelatih berpengalaman. Para pelatih tersebut tentu memiliki usia yang sudah tidak lagi muda. Meski demikian, mereka memiliki segudang pengalaman dalam menangani sebuah tim.

Berikut lima pelatih dengan usia paling tua di Serie A 2024/2025.

1. Gian Piero Gasperini (66 tahun) mampu mengangkat performa Atalanta

potret Gian Piero Gasperini (instagram.com/atalantabc)

Gian Piero Gasperini telah cukup lama menjadi pelatih Atalanta. Dirinya menjabat sebagai juru taktik La Dea sejak Juli 2016. Sebelumnya, pelatih berusia 66 tahun tersebut pernah menangani klub Italia lainnya, seperti Genoa, Inter Milan, dan Palermo.

Sejak dilatih Gasperini, Atalanta mampu bersaing di papan atas klasemen Serie A. Dirinya juga berhasil membawa Atalanta lolos untuk pertama kalinya ke Liga Champions Eropa pada 2019. Pada 2023/2024 lalu, Gasperini kembali mencatatkan sejarah dengan mengantarkan anak asuhnya menjuarai Liga Europa.

2. Marco Baroni (61 tahun) menjalani musim perdananya bersama Lazio

potret Marco Baroni (instagram.com/official_sslazio)

Lazio mendatangkan pelatih baru pada musim panas 2024. Klub berjuluk Le Aquile ini menunjuk Marco Baroni untuk menggantikan Igor Tudor. Pelatih 61 tahun tersebut menyepakati kontrak berdurasi 2 musim hingga Juni 2026.

Sebelum menukangi Lazio, Baroni pernah menjadi pelatih Lecce dan Hellas Verona. Saat ini, Lazio bertengger di peringkat ke-8 klasemen sementara Serie A 2024/2025. Dari 5 pertandingan Serie A yang telah dilakoni, mereka meraih 2 kemenangan, 1 keimbangan, dan 2 kekalahan.

Baca Juga: 5 Pemain Amerika Serikat yang Berkarier di Serie A 2024/2025

3. Luca Gotti (57 tahun) mengawali 2024/2025 dengan kurang memuaskan

potret Luca Gotti (instagram.com/uslecce)

Luca Gotti diumumkan sebagai pelatih baru Lecce pada Maret 2024. Pelatih berusia 57 tahun tersebut menggantikan Roberto D'Aversa yang dipecat. Di bawah asuhan Gotti, Lecce berhasil selamat dari zona degradasi usai finis di posisi ke-14 klasemen akhir Serie A 2023/2024.

Gotti mengawali 2024/2025 dengan kurang memuaskan. Pasalnya, saat ini Lecce berada di papan bawah klasemen Serie A. Mereka hanya mampu meraih 1 kemenangan, 2 keimbangan, dan 2 kekalahan dari 5 laga yang telah dilakoni.

4. Antonio Conte (55 tahun) saat ini menjabat sebagai pelatih Napoli

potret Antonio Conte (instagram.com/officialsscnapoli)

Para pencinta sepak bola pasti sudah tidak asing lagi dengan Antonio Conte. Ia merupakan pelatih yang telah menangani sejumlah klub raksasa Eropa. Pada Juli 2024 lalu, pelatih berusia 55 tahun ini diperkenalkan sebagai pelatih anyar Napoli. 

Kehadiran Conte tentu diharapkan mampu mengangkat performa Napoli. Terlebih lagi, dirinya pernah meraih scudetto saat menjadi pelatih Juventus dan Inter Milan. Hingga pekan ke-5 Serie A 2024/2025, Napoli mampu bertengger di peringkat kedua dengan meraih 3 kemenangan, 1 keimbangan, dan 1 kekalahan.

5. Eusebio Di Francesco (55 tahun) telah malang melintang di berbagai klub Italia

potret Eusebio Di Francesco (veneziafc.it)

Venezia menjadi salah satu tim promosi di Serie A 2024/2025. Sayangnya, klub berjuluk I Lagunari tersebut harus kehilangan Paolo Vanoli di kursi kepelatihan yang memilih hengkang ke Torino. Sebagai gantinya, mereka menunjuk Eusebio Di Francesco sebagai juru taktik anyar.

Di Francesco telah malang melintang di berbagai klub Italia. Beberapa klub yang pernah ia latih di antaranya adalah Sassuolo, AS Roma, dan Hellas Verona. Pelatih berusia 55 tahun tersebut dikontrak Venezia hingga Juni 2026. Saat ini, tim asuhan Di Francesco masih berada di zona degradasi dengan meraih 1 kemenangan, 1 keimbangan, dan 3 kekalahan.

Nama-nama di atas menjadi pelatih tertua di Serie A 2024/2025. Dengan pengalaman yang dimiliki, mereka tentu diharapkan mampu membawa timnya tampil kompetitif. Menarik untuk menantikan kiprah pelatih tersebut bersama klubnya musim ini.

Baca Juga: 3 Bek Kiri AC Milan Paling Subur di Serie A Italia

Verified Writer

Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya