Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah Persija

Anies kerja sama JIS dan Persija tinggal dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Mantan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan masih mempertimbangkan untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta November 2024 mendatang.

Anies berjanji bila nanti maju Pilkada Jakarta, maka akan mengoptimalkan Jakarta Internasional Stadium (JIS) supaya bisa menjadi rumah bagi Persija, klub kebanggaan warga Jakarta. 

"Saya belum tahu ke depan apakah akan mengambil rute ini. Kalau rute ini diambil, maka fasilitas yang kelas dunia ini dipakai optimal, termasuk untuk rumahnya Persija," kata Anies dalam program Ngobrol Seru by IDN Times, Jakarta, Selasa (11/6/2024).

1. Anies akui kerja sama JIS dan pengelola Persija belum beres

Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah PersijaAnies Baswedan hadir di acara Ngobrol Seru by IDN Times pada Selasa (11/6/2024). (IDN Times/Tata Firza)

Anies mengakui, proses penyusunan kerja sama antara JIS dan pengelola Persija belum beres karena terkendala masa jabatannya yang sudah selesai. Akan tetapi, menurut Anies, kerja sama itu sebetulnya tinggal diteruskan saja oleh pemerintahan Heru Budi Hartono. 

Sebab, kata dia, sangat disayangkan stadion yang sudah berkelas internasional itu tak digunakan secara optimal. Dia mengatakan, bila pemerintah memiliki kemauan politik untuk meneruskan kembali proses kerja sama itu, maka JIS sudah bisa menjadi rumah bagi Persija.

"Proses penyusunan kerja sama belum tuntas antara JIS dengan pengelola Persija. Hal-hal seperti ini sebetulnya tinggal diteruskan saja jadi itu selesai akhirnya Persija bisa berumah di JIS. Harapannya (JIS) bisa digunakan secara optimal, sayang sekali kita punya fasilitas tidak dipakai. Nah kita berharap ke depan bisa dipakai," ujar Anies.

Baca Juga: Persija Petik Pelajaran Berharga dari Mini Turnamen di JIS

2. Anies tegaskan JIS dibangun untuk Persija

Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah PersijaPersija bekuk PSIS 1-0 di JIS, Kamis (30/5/2024). (IDN Times/Tino).

Anies menegaskan, JIS waktu itu dibangun sebagai janji untuk para pendukung Persija. Sejak awal, Anies mengaku telah berkomitmen untuk memenuhi janji itu supaya klub kebanggaan warga Jakarta itu punya rumah yang tetap.

Dia menjelaskan, proses pembangunan JIS seharusnya bisa selesai pada kuartal empat 2021. Tapi, karena Indonesia waktu itu diserang oleh pandemik COVID-19, maka pembangunan harus ditunda dan selesai di 2022.

"Kami waktu itu berkomitmen untuk memenuhi itu supaya klub kesayangan warga Jakarta tidak harus berumah di tempat lain. Tapi, berumah di Jakarta," ucapnya.

3. Hanif Sjahbandi semprot Jakpro, kapan Persija bisa main di JIS

Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah PersijaPersija bekuk PSIS 1-0 di JIS, Kamis (30/5/2024). (IDN Times/Tino).

Penggawa Persija Jakarta, Hanif Sjahbandi, sempat menyentil Jakpro perkara JIS. Secara halus, dia ingin agar Macan Kemayoran bisa main di situ musim depan.

"Jujur, kami (Persija) berharap bisa bermain di JIS, apalagi untuk Liga 1 musim depan," ujar Hanif.

Terakhir kali Hanif merasakan main di JIS, saat Persija melawan Chonburi dalam grand launching JIS, Juli 2022 lalu, berlanjut ke turnamen mini pekan lalu. Bagi eks pemain Arema FC itu, pengalaman tersebut begitu luar biasa.

"Saya pernah merasakan main di JIS (saat Persija lawan Chonburi) dan sangat luar biasa," kata Hanif.

Baca Juga: Mini Turnamen di JIS, Ajang Persija Cari Bibit Potensial

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya