DPR Terima Surpres Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

Pengambilan sumpah Reijnders dan Hilgers di Belanda

Intinya Sih...

  • DPR RI menerima Surpres R47 dan R48 terkait permohonan kewarganegaraan RI untuk dua pemain Timnas Indonesia, Reijnders dan Hilgers.
  • Surat tersebut dibacakan dalam Rapat Paripurna ketujuh Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025.
  • Pengambilan sumpah WNI untuk kedua pemain akan dilakukan di Belanda oleh petugas Kemenkumham.

Jakarta, IDN Times - DPR RI telah menerima Surat Presiden (Surpres) R47 dan R48 terkait permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI terhadap dua calon pemain Timnas Indonesia, Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers.

Adapun, surpres tersebut dibacakan di dalam Rapat Paripurna ketujuh Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus, menyampaikan, surat dari presiden terkait permohonan naturalisasi itu telah diterima pada 11 September 2024 lalu.

"Surat nomor R47 dan surat nomor R48 tanggal 11 September 2024 perihal permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan RI atas nama saudara Eliano Johannes Reijnders dan saudara Mees Victor Joseph Hilgers," kata Lodewijk.

Hilgers dan Reijnders telah lebih dulu mendapat restu Komisi III DPR RI, pada Selasa (17/9/2024). Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas mengungkapkan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) untuk Hilgers dan Reijnders akan dilakukan di Belanda.

Untuk memperlancar proses pengambilan sumpah itu, Supratman menyebut Kemenkumham bakal menerbangkan petugas ke luar negeri. Mereka yang diterbangkan adalah para petugas Direktorat Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU).

"Langkah tercepat yang bisa diambil adalah kami memberangkatkan petugas dari Kementerian Hukum dan HAM yakni Dirjen AHU untuk pengambilan sumpah bagi warga negara di Kedutaan Besar RI di Belanda," kata Supratman.

Baca Juga: Hilgers dan Eliano Disumpah WNI di Belanda, Ternyata Biasa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya