6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten Hag

Sofyan Amrabat salah satunya

Manchester United berusaha bangkit sejak ditangani Erik ten Hag pada 2022/2023 lalu. Di bawah asuhannya, klub berjuluk The Red Devils itu sempat tampil impresif. Mereka bersaing di papan atas klasemen English Premier League (EPL) musim lalu.

Hal ini tak terlepas dari kehadiran sejumlah rekrutan anyar di Old Trafford. Erik ten Hag telah memboyong sederet pemain untuk menambah kekuatan tim. Tak hanya transfer secara permanen, beberapa nama juga didatangkan melalui kesepakatan pinjaman. Total, ada enam pemain yang dipinjam Erik ten Hag selama melatih Manchester United.

Siapa saja pemain yang dipinjam Manchester United era Erik ten Hag per September 2023 ini?

1. Martin Dubravka jadi pemain pinjaman pertama Erik ten Hag selama melatih Manchester United

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagMartin Dubravka (instagram.com/martindubravka)

Martin Dubravka bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2021. Ia direkrut dengan status pinjaman dari Newcastle United. Kedatangannya ditujukan sebagai pelapis David De Gea di bawah mistar gawang. Oleh sebab itu, Dubravka jarang diturunkan The Red Devils.

Ia hanya mencatatkan dua penampilan di semua kompetisi. Masa pinjamannya juga berakhir lebih awal pada musim dingin 2023. Newcastle United memulangkannya karena krisis kiper setelah Nick Pope mengalami cedera. Tak ayal, kebersamaannya dengan Manchester United seolah berlalu.

2. Jack Butland dipinjam dari Crystal Palace pada musim dingin 2023

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagJack Butland (manutd.com)

Keputusan Newcastle United memulangkan Martin Dubravka dari Old Trafford berefek domino. Setelah kepergiannya, Manchester United langsung merekrut kiper pengganti. Dia adalah Jack Butland. The Red Devils meminjamnya dari Crystal Palace selama 6 bulan. Tugasnya sama seperti Dubravka, yaitu menjadi cadangan dari David De Gea.

Nasib Butland ternyata tak lebih baik. Ia tak pernah tampil sama sekali di laga resmi Manchester United. Butland hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama melakoni peran pemain pinjaman. Alhasil, ia tak ditebus permanen dan langsung kembali ke Crystal Palace.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 15 Man United sebelum Sergio Reguilon

3. Wout Weghorst direkrut untuk memperkuat lini serang Manchester United

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagWout Weghorst (twitter.com/ManUtd)

Manchester United tak memiliki penyerang murni usai ditinggal Cristiano Ronaldo. Sang megabintang pergi karena berselisih dengan Erik ten Hag. The Red Devils lantas mencari sosok anyar di lini serang pada bursa transfer musim dingin 2023. Pilihan mereka akhirnya tertuju kepada striker Burnley, Wout Weghorst.

Ia sejatinya tengah menjalani peminjaman di Besiktas. Namun, daya tarik Manchester United yang kuat tak bisa ditolak. Weghorst lantas menjadi bagian penting di lini depan The Red Devils. Ia mampu tampil reguler dengan catatan 31 penampilan. Sayangnya, performa Weghorst dinilai tak maksimal karena hanya mencetak 2 gol dan 3 assist.

4. Marcel Sabitzer datang untuk menambal Christian Eriksen yang cedera

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagMarcel Sabitzer (twitter.com/ManUtd)

Manchester United sempat mengalami krisis di lini tengah pada awal 2023. Gelandang andalan mereka, Christian Eriksen, menepi hingga akhir musim karena menderita cedera lutut. Kehilangan Eriksen menjadi sebuah kerugian besar sehingga butuh pengganti yang sepadan.

Dari beberapa opsi, Manchester United akhirnya sepakat untuk merekrut gelandang Bayern Munich, Marcel Sabitzer. Sang pemain dipinjam selama 6 bulan. Perekrutan ini sepenuhnya tepat. Sabitzer mampu menutupi lubang di lini tengah meski tak dipermanenkan. Ia tampil dalam 18 pertandingan di semua ajang.

5. Sergio Reguilon menjadi solusi krisis bek kiri Manchester United

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagSergio Reguilon (twitter.com/ManUtd)

Manchester United meminjam dua pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satunya adalah Sergio Reguilon. The Red Devils merekrutnya dari sesama klub English Premier League, Tottenham Hotspur. Reguilon datang ke Old Trafford bukan tanpa alasan. Ia direkrut untuk menutupi krisis di posisi bek kiri.

Bek kiri Manchester United, Luke Shaw dan Tyrell Malacia, harus absen karena mengalami cedera dalam waktu yang berdekatan. Oleh sebab itu, kehadiran Reguilon diharapkan mampu menambal lubang tersebut. Ia punya modal bagus sebab pernah membela beberapa klub besar, seperti Real Madrid dan Sevilla.

6. Sofyan Amrabat dipinjam untuk memperkuat lini tengah Manchester United

6 Pemain yang Dipinjam Manchester United Era Erik ten HagSofyan Amrabat (twitter.com/ManUtd)

Setelah Reguilon, Manchester United juga sukses mendapatkan Sofyan Amrabat. Kepastian ini diperoleh pada saat-saat terakhir penutupan bursa transfer musim panas 2023. Amrabat bergabung dengan The Red Devils sebagai pinjaman dari Fiorentina. Ia bakal memperkuat lini tengah Manchester United.

Kehadiran Amrabat membuat opsi gelandang Manchester United menjadi lebih variatif. Ia bisa berduet dengan Casemiro sebagai gelandang bertahan The Red Devils. Dengan pengalaman dan kualitasnya yang sudah teruji, Amrabat bisa jadi suntikan berharga bagi klub barunya tersebut.

Keenam pemain di atas menambah pilihan dalam skema permainan yang diterapkan Erik ten Hag. Beberapa di antaranya mampu bersinar. Meski begitu, tak ada satu pun di antara mereka yang ditebus secara permanen oleh Manchester United.

Baca Juga: Profil Sofyan Amrabat, Gelandang Maroko Penggawa Baru MU

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya