5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran Garcia

Sebagian besar dari mereka mampu bersinar

Real Madrid memulangkan kembali produk akademinya, Fran Garcia, pada bursa transfer musim panas 2023. Garcia dibawa kembali ke Santiago Bernabeu untuk menambah opsi di posisi bek kiri. Ia bersaing dengan bek senior, Ferland Mendy. Kehadirannya pun cukup efektif dalam strategi yang dijalankan oleh sang manajer, Carlo Ancelotti.

Garcia kembali ke Real Madrid dengan memilih nomor punggung 20. Nomor tersebut cukup istimewa di skuad Los Blancos. Pasalnya, beberapa pemilik nomor tersebut sebelumnya mampu memberikan segudang prestasi untuk Real Madrid. 

Inilah lima pemilik nomor punggung 20 Real Madrid sebelum Fran Garcia.

1. Berstatus produk akademi La Masia, Celades membelot ke Real Madrid

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran GarciaAlbert Celades saat membela Barcelona (fcbarcelona.com)

Albert Celades merupakan salah satu dari segelintir pemain yang pernah membela Barcelona dan Real Madrid. Berstatus jebolan La Masia, Celades menyeberang ke Santiago Bernabeu pada musim panas 2000 lalu. Keputusan tersebut merupakan pilihan yang tepat baginya. Karier Celades berkembang pesat di sana.

Celades membela Real Madrid hingga akhir 2004/2005, meski sempat dipinjamkan ke Boerdaux pada musim 2003/2004. Selama itu juga, Celades menggunakan nomor punggung 20 Los Blancos. Ia mengantongi 101 penampilan di semua kompetisi. Setelah membela Real Madrid, Celades hijrah ke Real Zaragoza.

2. Gonzalo Higuain tampil tajam di lini serang Real Madrid

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran GarciaGonzalo Higuain (uefa.com)

Setelah kepergian Celades, nomor punggung 20 Real Madrid sempat lowong selama 1,5 musim. Memasuki paruh kedua musim 2006/2007, nomor tersebut akhirnya dipakai lagi oleh pemain lain, yaitu Gonzalo Higuain. Saat itu, ia berstatus rekrutan anyar Los Blancos dari River Plate.

Higuain tak pernah mengganti nomor punggungnya di Real Madrid. Ia memakainya hingga akhir musim 2012/2013. Dalam kurun waktu yang cukup lama itu, Higuain tampil produktif di lini serang. Ia mengantongi 121 gol dan 56 assist. Setelah itu, Higuain memutuskan untuk hijrah ke Napoli.

Baca Juga: 4 Pemain Amerika Selatan yang Berseragam Real Madrid pada 2023/2024

3. Jese Rodriguez memakai nomor punggung 20 Real Madrid selama 3 musim

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran GarciaJese Rodriguez (instagram.com/jeserodriguez10)

Usai Higuain, Jese Rodriguez menjadi pemilik nomor punggung 20 Real Madrid berikutnya. Ia mulai memakai nomor punggung tersebut sejak 2013/2014. Saat itu, Jese juga dipromosikan ke skuad utama Los Blancos. Ia dimasukkan untuk menambah opsi penyerang Real Madrid.

Karier Jese di skuad utama Real Madrid bertahan selama 3 musim. Meski begitu, ia tak menjadi pilihan pertama. Ketatnya opsi di lini serang membuat Jese hanya menjadi pelapis. Ia mencetak 18 gol dan 5 assist dari 94 penampilan. Pada musim panas 2016, Jese memilih untuk hijrah ke Paris Saint-Germain.

4. Marco Asensio jadi salah satu sosok penting Real Madrid yang meraih berbagai gelar juara

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran GarciaMarco Asensio (twitter.com/marcoasensio10)

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 20 Real Madrid berlanjut kepada Marco Asensio. Kepastian ini diperoleh pada awal musim 2016/2017. Asensio mengenakan nomor tersebut selama 4 musim. Setelah itu, tepatnya pada awal musim 2020/2021, Asensio menggantinya menjadi nomor 11.

Karier Asensio berjalan mengesankan di Real Madrid. Walaupun kerap diterpa cedera, ia selalu menjadi andalan di lini serang Los Blancos. Dari 286 penampilan, Asensio sukses membukukan 61 gol dan 32 assist. Petualangannya makin istimewa dengan kesuksesan meraih sejumlah gelar juara bergengsi.

5. Vinicius Jr bersinar dengan nomor punggung 20 Real Madrid

5 Pemain Real Madrid dengan Nomor Punggung 20 sebelum Fran GarciaVinicius Jr. (twitter.com/vinijr)

Vinicius Jr telah beberapa kali mengganti nomor punggung di Real Madrid. Ia sempat memakai nomor punggung 28 dan 25. Setelah itu, ia memakai nomor punggung 20. Nomor tersebut dipakai Vinicius selama 3 musim sejak 2020/2021 lalu. 

Sewaktu memakai nomor punggung 20, karier Vinicius juga meningkat pesat. Performanya makin ganas di lini depan Real Madrid. Ia juga mempersembahkan beberapa gelar juara, termasuk 1 titel juara LaLiga dan 1 trofi Liga Champions. Tak ayal, Vinicius ditunjuk sebagai pengguna nomor punggung 7 sejak awal musim 2023/2024.

Kelima pemain di atas menjalani karier yang beragam bersama Real Madrid. Menariknya, mereka bertahan dalam waktu yang cukup lama di klub sekota Atletico Madrid itu. Apakah pemiliki nomor punggung 20 Los Blancos saat ini, Fran Garcia, juga bakal mengalami hal yang sama?

Baca Juga: 6 Pemain Real Madrid yang Akhirnya Gabung Real Betis, Terbaru Isco

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya