4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPL

David Raya dipinjam dari Brentford

Arsenal menjadi salah satu tim terboros pada bursa transfer musim panas 2023. Hal ini terlihat jelas dari pergerakan transfer The Gunners yang sanhat masif. Arsenal merekrut Kai Havertz dan Declan Rice dengan nominal fantastis dari sesama klub Inggris.

Tak hanya transfer permanen, Arsenal juga meminjam pemain, yaitu David Raya. Ia dipinjam dari Brentford selama semusim dengan opsi pembelian. Raya menjadi pemain teranyar yang dipinjam oleh Arsenal dari sesama klub English Premier League (EPL). Termasuk dirinya, inilah empat pemain pinjaman dari klub EPL lain.

1. Yossi Benayoun dipinjam oleh Arsenal dari klub sekota, Chelsea

4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPLYossi Benayoun (twitter.com/Arsenal)

Yossi Benayoun tak mampu tampil sesuai harapan kala berseragam Chelsea. Ia hanya bertahan semusim di Stamford Bridge dengan catatan yang kurang menjanjikan. Pada musim panas 2011, The Blues meminjamkannya ke Arsenal. Benayoun dipinjam oleh Arsenal selama semusim penuh.

Peminjaman itu tak terlalu berpengaruh untuknya. Performa Benayoun masih stagnan dan tak menjadi pilihan utama. Ia hanya tampil 25 kali dengan koleksi 6 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Karena performanya kurang mengesankan, Arsenal memulangkan Benayoun pada musim berikutnya.

2. Cedric Soares dipinjam dari Southampton dan berhasil tampil menjanjikan

4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPLCedric Soares (twitter.com/OficialCedric)

Sisi kanan pertahanan Arsenal sempat bermasalah pada pertengahan musim 2019/2020. Hector Bellerin yang diandalkan sebagai bek kanan utama kerap berurusan dengan masalah cedera. Oleh sebab itu, The Gunners merekrut pemain anyar untuk memperkuat posisi tersebut.

Arsenal akhirnya memboyong bek Southampton, Cedric Soares, ke Emirates Stadium. Ia awalnya dipinjam selama setengah musim. Meski tak selalu diturunkan, aksi Cedric tetap membuat manajemen Arsenal tertarik. Ia akhirnya ditebus permanen dan masih jadi bagian dari skuad Arsenal hingga sekarang.

3. Matthew Ryan dipinjam untuk menambal lubang di posisi kiper Arsenal

4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPLMatthew Ryan (twitter.com/MatyRyan)

Arsenal meminjam Mathew Ryan dari Brighton pada musim dingin 2021. Ia direkrut sebagai kiper sementara menyusul cedera yang dialami oleh Bernd Leno. Meski begitu, Ryan tak banyak berkontribusi selama masa pinjamannya di Arsenal. Ia hanya jadi pelapis dari Emiliano Martinez yang lebih diandalkan.

Tercatat, kiper berpaspor Australia itu hanya tampil dalam tiga pertandingan. Minimnya kesempatan bermain yang ia dapatkan menjadi alasan kuat The Gunners enggan untuk menebus Ryan secara permanen. Alhasil, ia kembali ke Brighton. Namun, Ryan langsung dipinjamkan ke Real Sociedad.

4. David Raya menjadi kompetitor Aaron Ramsdale sebagai kiper utama Arsenal

4 Pemain Pinjaman yang Direkrut Arsenal dari Sesama Klub EPLDavid Raya (instagram.com/d.raya1)

Arsenal belum berhenti untuk mendapatkan pemain baru pada musim panas 2023. David Raya menjadi nama teranyar yang digaet oleh The Gunners. Sang pemain dipinjam dari Brentford selama semusim. Opsi pembelian permanen disertakan dalam kesepakatan ini pada akhir musim nanti.

Raya bakal memperkuat sektor kiper Arsenal. Ia bersaing dengan Aaron Ramsdale sebagai kiper nomor satu. Meski Ramsdale tampil impresif di bawah mistar gawang The Gunners, semuanya masih bisa terjadi. Raya dapat mengambil alih posisinya apabila mampu meyakinkan sang pelatih, Mikel Arteta.

Arsenal jarang meminjam pemain dari sesama klub EPL. Kebanyakan dari mereka juga tak dipermanenkan oleh The Gunners. Bisakah David Raya membuat kejutan dan menggeser posisi Ramsdale sebagai kiper utama nantinya?

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Arsenal sebelum David Raya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya