5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley Young

Para pemain gratisan yang sudah melewati puncak performanya

Setelah tak menunjukkan geliat sama sekali, Everton akhirnya mulai aktif pada musim panas 2023. The Toffees dikabarkan sudah berhasil merekrut jasa Ashley Young. Sang pemain bergabung secara gratis setelah kontraknya berakhir bersama Aston Villa.

Kehadiran pemain ini sepertinya menjadi suntikan tenaga yang sangat dibutuhkan oleh Everton. Ashley Young kaya akan pengalaman di EPL. Sebelum dirinya, The Toffees juga sering merekrut pemain secara gratis. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Salomon Rondon

5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley YoungSalomon Rondon (twitter.com/salorondon23)

Karier Salomon Rondon tak sepenuhnya berakhir meski berkarier di China. Setelah membela Dalian Pro, namanya tetap memiliki daya tarik bagi klub-klub Eropa. Everton pun berhasil merekrutnya pada musim panas 2021. Rondon bergabung dengan skuas The Toffees secara gratis.

Everton merupakan klub EPL ketiga yang dibelanya setelah West Bromwich Albion dan Newcastle United. Meski sudah berpengalaman, Rondon kesulitan bersinar di Everton. Ia hanya mengemas 3 gol dari 31 laga. Alhasil, Rondon pun pergi ke klub Argentina, River Plate, pada awal 2023.

2. Asmir Begovic

5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley YoungAsmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Everton merekrut Asmir Begovic sebagai kiper pelapis pada musim panas 2021. Ia digaet dengan status bebas transfer setelah kontraknya habis bersama Bournemouth. Begovic tak dibebani tekanan yang besar sebab hanya ditempatkan sebagai cadangan dari Jordan Pickford.

Mantan kiper Chelsea dan AC Milan itu hanya bertahan sebentar. Selama 2 musim di Everton, Begovic hanya bermain dalam 10 pertandingan. Kontraknya pun sudah berakhir pada Juni 2023 lalu. Belum diketahui bakal ke mana kiper berpaspor Bosnia-Herzegovina itu berlabuh nantinya.

Baca Juga: Profil Dele Alli, Bekas Pemain Spurs yang Alami Kisah Kelam

3. Andros Townsend

5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley YoungAndros Townsend (twitter.com/Everton)

Petualangan Andros Townsend terus berlanjut. Usai meninggalkan Crystal Palace pada musim panas 2021, ia langsung mendapatkan klub baru. Townsend bergabung dengan Everton. Karena usianya yang sudah tak muda lagi, Townsend hanya dikontrak jangka pendek.

Kiprahnya bersama The Toffees hanya berjalan dua musim. Townsend pun hanya tampil dalam 27 pertandingan. Ia tak pernah bermain sejak April 2022 lalu. Itu disebabkan dirinya mengalami cedera ACL yang cukup parah. Townsend masih menjalani proses pemulihan cederanya tersebut.

4. Dele Alli

5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley YoungDele Alli (premierleague.com)

Karier Dele Alli menukik tajam. Sempat dipuji-puji namanya, karier Dele seolah tak berada di puncak kejayaan lagi. Ia dibuang oleh Tottenham Hotspur yang memutus kontraknya pada Januari 2022. Beruntung baginya, ada Everton yang bersedia merekrut Dele secara gratis.

Namun, performanya tak kunjung membaik. Bersama The Toffees, Dele gagal bersinar dengan catatan 13 penampilan saja. Ia dipinjamkan ke Besiktas pada musim 2022/2023 lalu. Diharapkan dapat bersinar, kenyataannya justru berbeda. Namanya meredup saat masih berusia 27 tahun.

5. James Tarkowski

5 Pemain Gratisan Terakhir yang Direkrut Everton sebelum Ashley YoungJames Tarkowski (instagram.com/tarky19)

Everton berhasil mendapatkan jasa James Tarkowski secara gratis. Sang pemain bergabung dari Burnley pada musim panas 2022. Kehadirannya merupakan sebuah keuntungan besar bagi The Toffees. Pasalnya, Tarkowski merupakan sosok yang sudah berpengalaman di EPL.

Hasilnya pun terlihat. Tarkowski dengan cepat menjadi andalan di lini belakang Everton. Secara keseluruhan, pemain berdarah Inggris dan Polandia ini sudah tampil sebanyak 40 kali. Tarkowski juga menyelamatkan klub barunya tersebut sukses terhindar dari zona degradasi.

Sebagian besar dari mereka sudah berusia kepala tiga. Begitu juga halnya dengan Ashley Young. Bisakah ia membantu Everton kembali bangkit pada musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Pinjaman yang Kembali ke Everton pada Musim Panas 2023

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya