3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar Eropa

Giovanni Reyna salah satunya

Borussia Dortmund masih menjadi salah satu kandidat juara Bundesliga Jerman pada musim 2023/2024. Klub berjuluk Die Borussen ini tak banyak melakukan perubahan di dalam skuadnya. Itu sebabnya performa dan kualitas klub yang dibela oleh Marco Reus itu dinilai layak bersaing pada musim ini.

Menilik kedalaman skuadnya, Borussia Dortmund dihuni oleh pemain-pemain berkualitas. Sebagian besar pemain di dalamnya merupakan pemain dari Eropa. Hanya ada tiga pemain yang berasal dari benua lain yang aktif membela Die Borussen. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ramy Bensebaini diplot sebagai pengganti Raphael Guerreiro di posisi bek kiri

3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar EropaRamy Bensebaini (twitter.com/BVB)

Ramy Bensebaini merupakan salah satu rekrutan anyar Borussia Dortmund pada musim panas 2023. Ia bergabung secara gratis dari sesama klub Bundesliga lainnya, yaitu Borussia Monchengladbach. Bensebaini datang untuk menambal lubang akibat kepergian dari Raphael Guerreiro yang hijrah ke Bayern Munich.

Pada awal musim 2023/2024, Bensebaini mampu memberikan impresi yang menjanjikan untuk Die Borussen. Pemain berpaspor Aljazair itu langsung diandalkan sebagai bek kiri utama. Kehadiran Bensebaini berhasil menambahkan warna baru di dalam permainan Borussia Dortmund.

Tercatat, Bensebaini sudah diturunkan dalam 13 pertandingan di semua kompetisi. Catatan ini tentunya bakal terus bertambah sebab musim 2023/2024 masih panjang. Tak hanya itu, Bensebaini juga tak memiliki kompetitor yang sepadan di posisi bek kiri Die Borussen.

2. Giovanni Reyna dihadapkan dengan riwayat cedera yang buruk

3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar EropaGiovanni Reyna (twitter.com/GioAReyna10)

Pemain selanjutnya adalah Giovanni Reyna. Ia merupakan salah satu sosok penting di dalam permainan Die Borussen sejak musim 2019/2020. Pasalnya, Reyna mampu menunjukkan aksi gemilang di sejumlah posisi berbeda. Namun, kontribusinya untuk Borussia Dortmund menurun drastis pada musim 2023/2024.

Hingga akhir Oktober 2023, Reyna baru diturunkan sebanyak lima kali. Catatan ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan musim-musim sebelumnya. Menit bermain Reyna yang berkurang drastis disebabkan oleh masalah cedera. Ia kerap diterpa cedera beragam, khususnya cedera hamstring.

Riwayat kebugaran yang dimiliki oleh pemain asal Amerika Serikat itu cukup buruk. Usianya masih 20 tahun, tetapi Reyna sudah mengalami belasa kali cedera yang berkepanjangan. Karena masalah ini, posisinya di skuad Borussia Dortmund makin tergusur. Ia berpotensi untuk dilepas ke klub lain pada waktu dekat.

3. Sebastien Haller belum menemukan ketajamannya di Borussia Dortmund

3 Pemain Borussia Dortmund 2023/2024 yang Berasal dari Luar EropaSebastien Haller (twitter.com/ChampionsLeague)

Pemain non-Eropa terakhir yang membela Borussia Dortmund pada 2023/2024 adalah Sebastien Haller. Ia tengah menjalani musim keduanya bersama Die Borussen. Sejalan dengan itu, kontribusi Haller masih belum maksimal sebagai mesin gol. Ia perlu waktu untuk dapat bersinar di lini serang.

Haller baru mengoleksi 2 gol dari 11 penampilan di semua kompetisi. Minimnya kontribusi yang ia catatkan bisa menjadi sinyal bahaya. Pasalnya, Haller bersaing dengan beberapa nama lain di lini serang Die Borussen, seperti Donyell Malen dan Niclas Fullkrug.

Di sisi lain, kesempatan Haller untuk bersinar bersama Borussia Dortmund masih sangat terbuka. Usianya masih 29 tahun serta kondisi Haller yang sempat mengidap penyakit kanker testis kian membaik. Terlebih lagi, pemain berpaspor Pantai Gading itu punya catatan impresif sewaktu masih membela Eintracht Frankfurt dan Ajax sebelumnya.

Ketiga pemain di atas melengkapi komposisi skuad Borussia Dortmund pada musim 2023/2024. Mereka sejatinya menjadi andalan Die Borussen, tetapi belum semuanya mampu memberikan performa yang maksimal. Bisakah mereka membawa Borussia Dortmund berjaya pada akhir musim ini?

Baca Juga: Haller dan Deretan Striker Termahal yang Pernah Dijual Ajax Amsterdam

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya