6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024

Didominasi oleh pemain Argentina

Tottenham Hotspur menunjukkan performa yang menjanjikan pada awal musim 2023/2024. Di bawah asuhan Ange Postecoglou, klub berjuluk The Lilywhites ini sukses memberikan kejutan dengan bersaing di papan atas klasemen English Premier League (EPL). Padahal, mereka ditinggal oleh beberapa pemain penting, termasuk Harry Kane.

Komposisi skuad Tottenham Hotspur masih berisikan pemain-pemain yang berkualitas. Sebagian besar pemainnya berasal dari Eropa. Sementara itu, ada enam pemain yang berasal dari Amerika Selatan. Siapa saja mereka? Simak informasinya di bawah ini.

1. Cristian Romero tampil solid di jantung pertahanan Tottenham Hotspur

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Cristian Romero (instagram.com/cutiromero2)

Nama Cristian Romero masih menjadi andalan di jantung pertahanan Tottenham Hotspur. Ia merupakan sosok sentral yang nyaris tak tergantikan di tiap pertandingan. Hal itu terlihat jelas pada musim 2023/2024. Romero memimpin barisan lini belakang The Lilywhites yang makin padu.

Berduet bersama Micky Van de Ven, Romero tampil solid dalam mengawal pertahanan Tottenham Hotspur. Tak ayal pemain berpaspor Argentina itu sudah diturunkan dalam sepuluh pertandingan. Peran Romero juga krusial karena ditunjuk sebagai salah satu kapten tim pada awal musim ini.

2. Peran Emerson Royal sebagai bek kanan utama tergusur pada musim 2023/2024

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Emerson Royal (twitter.com/SpursOfficial)

Di posisi bek kanan, ada pemain asal Brasil, yaitu Emerson Royal. Ia merupakan salah satu pemain kunci di sisi kanan permainan The Lilywhites. Sayangnya, kontribusi Emerson pada awal musim 2023/2024 sedikit menurun. Ia tak diandalkan sebagai bek kanan utama Tottenham Hotspur.

Emerson baru tampil sebanyak delapan kali. Sebagian besar penampilannya dijalani sebagai pemain pengganti. Menit bermain Emerson makin berkurang karena tergusur oleh Pedro Porro. Sejak bergabung dengan Tottenham Hotspur pada awal 2023, ia berhasil mengambil alih posisi Emerson sebagai bek kanan utama.

3. Rodrigo Bentancur sempat menjalani pemulihan yang cukup lama karena cedera ACL

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Rodrigo Bentancur (instagram.com/rodrigo_bentancur)

Kedalaman lini tengah Tottenham Hotspur cukup mumpuni. Kombinasi gelandang muda berbakat dan gelandang senior menambah opsi strategi. Salah satu gelandang berpengalaman yang dimiliki oleh Tottenham Hotspur pada musim 2023/2024 itu adalah Rodrigo Bentancur.

Meski begitu, Bentancur harus melewatkan awal musim 2023/2024. Ia menjalani pemulihan dari cedera ACL yang dideritanya pada Februari 2023 lalu. Gelandang berpaspor Uruguay ini baru tampil sekali. Ia menjalaninya sebagai pemain pengganti saat Tottenham Hotspur bersua dengan Crystal Palace pada pekan ke-10 English Premier League, Jumat (27/10/2023).

Baca Juga: Jadi Tumpuan Uruguay, Ini Profil Gelandang Bentancur yang Serba Bisa

4. Giovani Lo Celso tak diandalkan di lini tengah Tottenham Hotspur

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Giovani Lo Celso (twitter.com/LoCelsoGiovani)

Selain Bentancur, Tottenham Hotspur juga memiliki gelandang asal Amerika Selatan lainnya pada musim 2023/2024. Pemain yang dimaksud itu adalah Giovani Lo Celso. Ia dipercaya untuk mengisi skuad The Lilywhites pada musim ini setelah menjalani beberapa peminjaman ke klub lain.

Kiprah Lo Celso tak berjalan dengan maksimal pada musim ini. Pasalnya, ia hanya menjadi pelapis di lini tengah. Lo Celso kesulitan tampil reguler karena kalah bersaing dengab Yves Bissouma dan James Maddison. Tercatat, eks pemain PSG dan Villarreal itu baru tampil dalam tiga pertandingan.

5. Richarlison berpeluang menjadi mesin gol baru timnya usai kepergian Harry Kane

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Richarlison (instagram.com/richarlison)

Richarlison merupakan tumpuan utama Tottenham Hotspur di lini depan. Memasuki musim keduanya bersama The Lilywhites, Richarlison masih belum mampu tampil menjanjikan. Keran golnya masih tersendat. Ia bahkan mendapatkan kritik habis-habisan karena urung bersinar di lini serang Tottenham Hotspur.

Kesempatannya untuk unjuk gigi sebenarnya terbuka lebar pada musim 2023/2024. Pasalnya, striker utama The Lilywhites, Harry Kane, memutuskan untuk hengkang ke Bayern Munich. Kepergian Kane membuka satu tempat bagi Richarlison. Secara keseluruhan, ia baru mengemas 2 gol dan 3 assist dari 11 penampilan.

6. Alejo Veliz belum mendapatkan menit bermain yang cukup karena lini serang yang ketat

6 Pemain Amerika Selatan yang Membela Tottenham Hotspur pada 2023/2024Alejo Veliz (twitter.com/SpursOfficial)

Alejo Veliz menambah deretan pemain Amerika Selatan di skuad Tottenham Hotspur. Kepastian ini diperoleh usai dirinya sepakat untuk pindah pada musim panas 2023. Veliz merapat dari klub Argentina, Rosario Central. Ia menambah opsi di lini serang The Lilywhites.

Veliz menjadi aset berharga yang dimiliki oleh Tottenham Hotspur. Usianya masih 20 tahun membuat Veliz punya banyak waktu untuk berkembang. Sayangnya, ia belum mendapatkan kesempatan yang layak di klub barunya tersebut. Veliz baru diturunkan dalam empat pertandingan di semua kompetisi.

Beberapa pemain Amerika Selatan di atas menjadi andalan utama Tottenham Hotspur pada musim 2023/2024. Mereka membawa The Lilywhites tampil digdaya di papan atas klasemen sementara EPL. Bisakah mereka memberikan kejutan pada musim ini?

Baca Juga: 3 Manajer Non-Eropa yang Pernah Menangani Tottenham Hotspur

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya