5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga Murah

Julian Alvarez salah satunya!

Manchester City dikenal sebagai salah satu klub terboros soal transfer pemain. Dalam beberapa musim terakhir, The Citizens kerap memecahkan rekor transfer klub demi mendapatkan incarannya. Kehadiran para pemain mahal itu membuat komposisi skuad Manchester City menjadi lebih kompetitif.

Pada musim 2023/2024, kedalaman skuad The Citizens sangat merata. Sebagian besar dari mereka direkrut ke Etihad Stadium dengan harga yang mahal. Hanya ada lima pemain yang datang dengan harga yang murah bahkan gratis. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Zack Steffen kekurangan menit bermain di Manchester City

5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga MurahZack Steffen (twitter.com/zacksteffen_)

Zack Steffen mulai berseragam Manchester City sejak musim 2019/2020. Ia direkrut dari klub MLS, Columbus Crew, seharga 8 juta euro atau sekitar Rp133 miliar. Kehadirannya di skuad The Citizens tak terlalu disorot. Pasalnya, Steffen hanya dipercaya untuk menjadi pelapis Ederson Moraes.

Ia jarang diturunkan selama membela Manchester City. Tercatat, Steffen hanya tampil dalam 21 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga sempat dipinjamkan ke klub lain, seperti Fortuna Dusseldorf dan Middlesbrough. Minimnya jam terbang yang ia peroleh tentu berpengaruh untuk kariernya.

2. Stefan Ortega tampil impresif meski hanya jadi cadangan Ederson

5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga MurahStefan Ortega (twitter.com/ManCity)

Stefan Ortega juga bernasib sama seperti Steffen. Bergabung secara gratis dari Arminia Bielefeld, kiprah Ortega di Manchester City tak begitu mencolok. Ia hanya menjadi pelapis dari Ederson sehingga lebih banyak duduk di bangku cadangan. Namun, kontribusinya tak terbilang minim untuk The Citizens.

Pada musim debutnya, Ortega hanya tampil 15 kali dengan raihan 9 clean sheet. Kiper berpaspor Jerman itu menjadi bagian dari kesuksesan The Citizens yang meraih treble winner. Ortega tentu masih berpeluang menambah gelarnya bersama Manchester City dalam beberapa musim mendatang.

Baca Juga: 7 Pemain Aktif Manchester City yang Pernah Berkiprah di Bundesliga

3. Sergio Gomez kesulitan menjadi pilihan utama di Manchester City

5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga MurahSergio Gomez (twitter.com/ChampionsLeague)

Kepergian Oleksandr Zinchenko ke Arsenal membuat Manchester City harus mencari penggantinya. The Citizens awalnya mengincar Marc Cucurella, tetapi batal karena harganya terlalu mahal. Manchester City lalu memilih alternatif lain, yaitu bek milik Anderlecht, Sergio Gomez.

Gomez bergabung dengan Manchester City seharga 15 juta euro atau sekitar Rp250 miliar. Sayangnya, ia tak menjadi pilihan utama di posisi bek kiri. Gomez masih kesulitan untuk beradaptasi di klub barunya itu. Secara keseluruhan, Gomez baru mencatatkan 23 penampilan di semua ajang.

4. Julian Alvarez bersinar meski tak sering dipasang jadi starter

5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga MurahJulian Alvarez (instagram.com/mancity)

Wajah lini serang Manchester City berubah pada musim 2022/2023. Ditinggal oleh beberapa nama seperti Raheem Sterling dan Gabriel Jesus, The Citizens tak kesulitan untuk mencari penggantinya. Salah satu nama yang direkrut sebagai amunisi anyar di lini serang itu adalah Julian Alvarez.

Manchester City menebusnya seharga 21 juta euro atau sekitar Rp350 miliar dari River Plate. Pembelian ini sepenuhnya tepat. Pasalnya, Alvarez mampu tampil impresif meski tak selalu diturunkan. Dari 50 pertandingan yang ia jalani, Alvarez berhasil membukukan 17 gol dan 5 assist.

5. Manuel Akanji mampu tampil solid di jantung pertahanan Manchester City

5 Pemain Aktif Manchester City yang Direkrut dengan Harga MurahManuel Akanji (twitter.com/ManCity)

Tak hanya Erling Haaland, Manchester City juga merekrut pemain Borussia Dortmund lainnya pada musim panas 2022. Dia adalah Manuel Akanji. The Citizens merekrutnya seharga 17,5 juta euro atau sekitar Rp292 miliar. Pembeliannya sempat diragukan. Namun, Akanji sukses tampil solid.

Ia menjelma jadi salah satu bek andalan Pep Guardiola. Ketangguhannya berpengaruh besar di balik kejayaan Manchester City pada musim lalu. Akanji tampil reguler dengan catatan 49 penampilan. Ia berjasa besar dalam mengantarkan timnya itu meraih treble winner untuk pertama kali.

Hanya ada lima pemain aktif Manchester City yang direkrut dengan harga murah. Hal itu sejalan dengan aktivitas transfer The Citizens yang kerap jor-joran dalam berburu pemain.

Baca Juga: 10 Fakta Manuel Akanji, Bek Asal Swiss Andalan Manchester City

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya