5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor Boniface

Kebanyakan dari mereka tak menjadi pilihan utama

Bayer Leverkusen tampil sensasional pada paruh pertama musim 2023/2024. Skuad asuhan Xabi Alonso itu mampu memuncaki klasemen sementara Bundesliga Jerman. Hingga pekan ke-10, Die Werkself mengumpulkan 28 poin serta belum mengalami kekalahan sama sekali.

Performa mengesankan itu tak terlepas dari aksi impresif para pemainnya, termasuk Victor Boniface. Ia sejatinya merupakan pemain anyar Bayer Leverkusen, tetapi langsung moncer di lini depan. Terkait nomor punggung, pemain berpaspor Nigeria itu memakai nomor 22. Nomor tersebut kerap berganti kepemilikan dalam beberapa musim terakhir.

Inilah lima pemilik nomor punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Boniface.

1. Benedikt Fernandez bertahan lama di Bayer Leverkusen, tetapi jarang bermain

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor BonifaceBenedikt Fernandez (dfb.de)

Benedikt Fernandez merupakan kiper lulusan akademi Bayer Leverkusen. Ia mulai dimasukkan ke skuad utama Die Werkself pada musim 2006/2007. Saat itu, Benedikt menggunakan nomor punggung 20. Semusim berselang, ia mengganti nomor punggungnya menjadi 22. Benedikt menggunakannya selama membela Bayer Leverkusen.

Kiprahnya bersama Die Werkself terjalin hingga akhir musim 2010/2011. Meski cukup lama, Benedikt bukanlah pilihan utama di bawah mistar gawang. Ia hanya mencatatkan delapan penampilan di semua kompetisi. Benedikt kalah bersaing dengan nama-nama lain, seperti Rene Adler dan Hans Jorg Butt.

2. Nasib David Yelldell tak karuan di Bayer Leverkusen karena hanya menjadi cadangan

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor BonifaceDavid Yelldell (uefa.com)

Setelah Benedikt Fernandez, pengguna nomor punggung 22 Bayer Leverkusen berikutnya juga merupakan seorang kiper. Dia adalah David Yelldell. Ia bergabung debgan Bayer Leverkusen pada musim panas 2011. Yelldell langsung memakai nomor punggung 22 hingga akhir masa baktinya di sana.

Sama seperti Fernandez, nasib kiper Amerika Serikat ini juga tak berjalan dengan mulus. Yelldell hanya menjadi penghangat bangku cadangan di skuad Bayer Leverkusen. Total, ia tampil sebanyak dua kali saja hingga akhir musim 2015/2016. Yelldell lalu hijrah secara bebas transfer karena kontribusinya yang minim.

Baca Juga: 6 Pemain Jerman yang Berseragam Bayer Leverkusen pada 2023/2024

3. Joel Abu Hanna kekurangan menit bermain di tim utama Bayer Leverkusen

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor BonifaceJoel Abu Hanna (kanan) (twitter.com/bayer04_en)

Kepergian David Yelldell tak membuat nomor punggung 22 Bayer Leverkusen lowong. Pasalnya, nomor tersebut langsung diambil alih oleh pemain akademi, Joel Abu Hanna, pada awal musim 2016/2017. Saat itu, Hanna sukses promosi ke tim utama Die Werkself untuk menambah opsi di lini belakang.

Sayangnya, karier Hanna tak berjalan dengan maksimal. Kehadirannya tak berkontribusi banyak di sektor pertahanan. Hanna tak mencatatkan penampilan sama sekali di ajang resmi. Itu sebabnya ia hanya bertahan selama semusim. Hanna lalu hengkang ke FC Kaiserslautern pada musim berikutnya.

4. Vladlen Yurchenko memakai nomor punggung 22 di Bayer Leverkusen selama 3 musim

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor BonifaceVladlen Yurchenko (twitter.com/bayer04fussball)

Vladlen Yurchenko sudah membela Bayer Leverkusen sejak musim 2014/2015. Ia awalnya mengenakan nomor punggung 35. Nomor tersebut digunakan olehnya selama 3 musim pertama. Pada musim 2017/2018, Yurchenko memutuskan untuk mengganti nomor punggungnya menjadi 22.

Ia hanya memakai nomor punggung 22 selama semusim. Hal itu bukan tanpa alasan. Yurchenko tak menjadi pilihan utama di lini tengah Bayer Leverkusen. Ia hanya mengantongi 18 penampilan di semua kompetisi. Karena minim kesempatan bermain, Yurchenko sepakat untuk pindah secara gratis pada musim panas 2018.

5. Daley Sinkgraven tampil reguler sebagai bek kiri utama Bayer Leverkusen

5 Pengguna Nomor Punggung 22 Bayer Leverkusen sebelum Victor BonifaceDaley Sinkgraven (twitter.com/bayer04_en)

Nomor punggung 22 Bayer Leverkusen sempat tak bertuan usai ditinggal oleh Vladlen Yurchenko. Memasuki musim 2019/2020, nomor tersebut akhirnya dimiliki lagi oleh pemain lain. Dia adalah Daley Sinkgraven, rekrutan anyar Die Werkself dari Ajax Amsterdam.

Sinkgraven memakai nomor punggung 22 hingga masa baktinya berakhir pada musim 2022/2023. Dalam kurun waktu tersebut, ia cukup diandalkan di sisi kiri pertahanan Bayer Leverkusen. Sinkgraven mengantongi 78 penampilan di semua kompetisi. Kini, ia bermain untuk klub LaLiga Spanyol, Las Palmas.

Sebagian besar di antara mereka gagal menjadi andalan Bayer Leverkusen. Namun, hal itu sepertinya tak berlanjut kepada Victor Boniface. Pada awal musim debutnya, ia mampu tampil impresif. Per 5 November 2023, ia sudah mengantongi 10 gol dan 6 assist dari 14 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: Mengulik Kedigdayaan Bayer Leverkusen di Bawah Kendali Xabi Alonso

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya