3 Kiper Spanyol yang Berseragam Klub EPL pada 2023/2024, Siapa Saja?

Semuanya membela Big Six EPL

Spanyol memiliki sederet kiper hebat yang tampil di klub-klub top, khususnya kontestan English Premier League (EPL). Namun, pada bursa transfer musim panas 2023 lalu, ada sejumlah kiper Spanyol yang hengkang dari liga sepak bola tertinggi Inggris tersebut. Mereka adalah David De Gea, Vicente Guaita, dan Kepa Arrizabalaga.

Kepergian beberapa nama di atas tak membuat kiper Spanyol yang berkarier di EPL hilang. Pasalnya, masih ada sejumlah kiper asal Negeri Matador yang tengah membela klub EPL pada 2023/2024.

Siapa saja mereka? Berikut kiper Spanyol yang berseragam klub EPL pada 2023/2024!

1. Adrian hanya menjadi penghangat bangku cadangan Liverpool

3 Kiper Spanyol yang Berseragam Klub EPL pada 2023/2024, Siapa Saja?Adrian (twitter.com/AdriSanMiguel)

Adrian masih mengisi skuad Liverpool pada 2023/2024. Ini merupakan musim ke-4 Adrian bersama skuad The Reds. Ia tak mendapatkan banyak sorotan karena kontribusinya yang makin terbatas dan jarang diturunkan. Adrian hanya menambah stok kiper Liverpool.

Hingga pekan ke-12 English Premier League (EPL) 2023/2024 ini, mantan kiper West Ham United tersebut belum diturunkan sama sekali. Ia hanya menjadi pilihan ketiga di sektor kiper Liverpool setelah Alisson Becker dan Caomhin Kelleher. Tak ayal apabila Adrian lebih banyak menghiasi bangku cadangan Liverpool.

Meski begitu, Adrian tentu punya segudang pengalaman yang sangat dibutuhkan oleh tim. Kualitasnya bisa menjadi panutan bagi rekan-rekan setimnya di Liverpool. Kontraknya bakal berakhir pada Juni 2024 mendatang. Belum diketahui bakal ke mana Adrian berlabuh.

2. Robert Sanchez didapuk sebagai kiper nomor satu Chelsea

3 Kiper Spanyol yang Berseragam Klub EPL pada 2023/2024, Siapa Saja?Robert Sanchez (instagram.com/chelseafc)

Chelsea melakukan perombakan besar-besaran di tiap posisi pada musim panas 2023. Di sektor kiper, misalnya. Chelsea melepas kiper utamanya, Kepa Arrizabalaga, ke Real Madrid selama semusim. Kepergian Kepa sudah diantisipasi manajemen The Blues dengan merekrut kiper anyar, Robert Sanchez.

Sanchez sudah berpengalaman di Inggris sebab pernah menjadi kiper utama Brighton & Hove Albion. Itu sebabnya Sanchez tak kesulitan mendapatkan tempat inti di Chelsea. Ia dengan cepat menyegel status kiper nomor satu The Blues yang nyaris tak tergantikan pada awal musim 2023/2024.

Sanchez diandalkan penuh oleh Chelsea. Ia sudah bermain dalam 15 pertandingan dengan koleksi 5 clean sheet di semua kompetisi. Namun, performa Sanchez dinilai masih belum maksimal. Ia kerap membuat kesalahan dan blunder fatal yang merugikan timnya sendiri.

3. David Raya menggusur posisi Aaron Ramsdale di bawah mistar gawang Arsenal

3 Kiper Spanyol yang Berseragam Klub EPL pada 2023/2024, Siapa Saja?David Raya (instagram.com/d.raya1)

Kiper Spanyol terakhir yang tengah membela klub English Premier League adalah David Raya. Sama seperti Robert Sanchez, ia juga pindah ke klub baru pada bursa transfer musim panas 2023. Raya bergabung dengan Arsenal. Ia direkrut dengan status pinjaman dari Brentford selama semusim penuh.

Keputusannya untuk pindah ke Arsenal sempat diragukan. Pasalnya, The Gunners sudah memiliki kiper tangguh di dalam diri Aaron Ramsdale. Raya dinilai bakal kesulitan untuk menggusur rekan setimnya tersebut. Namun, ia sukses menunjukkan kualitas terbaiknya.

Raya tampil menjanjikan sehingga ditunjuk sebagai kiper utama oleh Sang Manajer, Mikel Arteta. Ia berhasil mengunci posisi krusial tersebut dengan aksi impresif. Dari 12 penampilan yang sudah ia jalani di semua kompetisi, Raya mampu mencatatkan 6 clean sheet.

Ketiga kiper Spanyol di atas sama-sama membela klub papan atas English Premier League. Sebagian besar dari mereka bahkan menjadi tulang punggung tim. Perannya nyaris tak tersentuh sehingga selalu diandalkan olehnya timnya masing-masing.

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya