7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024

Brighton menghasilkan pemain berkualitas

Brighton & Hove Albion menunjukkan sensasi tak terduga dalam beberapa musim terakhir. Meski bukan klub besar, mereka sukses tampil di luar ekspektasi dengan menjadi sandungan bagi klub papan atas lainnya. Performa impresif mereka memancing klub-klub lain atas penampilan para pemainnya.

Brighton menghasilkan keuntungan besar dengan menjual para pemainnya ke klub besar, khususnya klub Big Six English Premier League (EPL). Pada 2023/2024 saja, ada tujuh eks pemain Brighton yang membela klub Big Six. Mereka bahkan mampu menjadi andalan klubnya masing-masing.

Siapa saja eks Brighton yang membela Big Six EPL pada 2023/2024?

1. Ben White menjadi bek kanan utama Arsenal

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Ben White (twitter.com/ben6white)

Ben White merupakan salah satu pemain penting di lini belakang Arsenal. Sejak dibeli dari Brighton & Hove Albion pada musim panas 2021, White nyaris tampil reguler di jantung pertahanan The Gunners. Meski posisinya diubah menjadi bek kanan, White tetap tampil menjanjikan. Pada 2023/2024, bek berpaspor Inggris ini sudah diturunkan dalam 13 pertandingan di semua ajang.

2. Leandro Trossard kerap jadi pembeda di lini serang Arsenal

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Leandro Trossard (instagram.com/leandrotrossard)

Leandro Trossard menyusul jejak Ben White ke Arsenal. Bergabung dengan The Gunners pada musim dingin 2023, Trossard menambah warna baru di lini serang. Ia acap kali menjadi pembeda dalam beberapa laga penting yang dijalani Arsenal. Trossard tampil bergantian dengan Gabriel Martinelli di sisi kiri sektor penyerangan tim. Kontribusinya cukup menjanjikan. Ia sudah mencetak 4 gol dan 1 assist dari 8 laga awal 2023/2024.

3. Robert Sanchez diplot sebagai kiper utama Chelsea sejak 2023/2024

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Robert Sanchez (instagram.com/chelseafc)

Brighton & Hove Albion melepas dua pemainnya ke Chelsea pada bursa transfer musim panas 2023. Pemain pertama adalah Robert Sanchez. Ia meninggalkan Brighton karena terlibat konflik dengan sang manajer, Roberto De Zerbi. Ia lalu hijrah ke Chelsea. Berlabuh ke Chelsea merupakan pilihan tepat baginya. Sanchez ditunjuk sebagai kiper utama usai kepergian Kepa Arrizabalaga ke Real Madrid. Ia sudah bermain dalam sebelas pertandingan di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain Brighton dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023/2024

4. Drama intens mewarnai kepindahan Moises Caicedo ke Chelsea

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Moises Caicedo (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah Robert Sanchez, Moises Caicedo juga ikut menyeberang ke Stamford Bridge. Proses kepindahannya itu diwarnai sejumlah drama, seperti persaingan antara Chelsea dan Liverpool serta biaya transfer yang selangit. Terlepas dari drama yang terjadi, Caicedo memperkuat kedalaman lini tengah Chelsea yang menjalani regenerasi. Ia langsung menjadi andalan dengan koleksi sembilan penampilan pada awal musim ini.

5. Marc Cucurella belum tampil menjanjikan di sisi kiri pertahanan Chelsea

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Marc Cucurella (twitter.com/cucurella3)

Sebelum kedatangan Sanchez dan Caicedo, Chelsea sebenarnya sudah memiliki pemain Brighton & Hove Albion di dalam skuadnya. Pemain yang dimaksud itu adalah Marc Cucurella. Ia menjalani musim keduanya bersama The Blues. Sayangnya, performa jebolan akademi La Masia itu belum sesuai ekspektasi. Cucurella kerap tampil inkonsisten sehingga kalah bersaing dengan Ben Chilwell di posisi bek kiri. Ia baru diturunkan dalam lima laga pada 2023/2024.

6. Alexis Mac Allister perkuat lini tengah Liverpool usai kepergian sederet gelandang senior

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Alexis Mac Allister (liverpoolfc.com)

Liverpool juga tak mau ketinggalan dengan kualitas pemain yang dimiliki Brighton & Hove Albion. Pada bursa transfer musim panas 2023, The Reds menggaet gelandang andalannya, Alexis Mac Allister, ke Anfield. Kedatangan sang juara Piala Dunia 2022 itu merupakan bagian dari program regenerasi lini tengah yang dijalankan Liverpool. Hasilnya pun berbuah manis. Mac Allister langsung bersinar dengan catatan sebelas penampilan bersama The Reds pada awal debutnya.

7. Yves Bissouma hijrah ke Tottenham Hotspur pada musim panas 2022

7 Eks Brighton yang Membela Big Six EPL pada 2023/2024Yves Bissouma (twitter.com/SpursOfficial)

Pemain Brighton terakhir yang tengah membela klub Big Six EPL adalah Yves Bissouma. Ia merupakan pemain kunci di lini tengah Tottenham Hotspur pada 2023/2024. Ia tampil impresif sebagai gelandang jangkar The Lilywhites. Bissouma bahkan sudah tampil sebanyak delapan kali. Performa apiknya ini menjadi balas dendam terbaik yang ditunjukkan Bissouma. Pasalnya, ia sempat kesulitan untuk bersinar pada musim debutnya karena gaya taktik sang manajer, Antonio Conte.

Brighton & Hove Albion menunjukkan tajinya sebagai salah satu tim kuda hitam dalam beberapa musim terakhir. Ketujuh pemain di atas telah membuktikan kemampuan The Seagulls dengan menjadi incaran klub lain. Siapakah pemain lain yang bakal menyusul mereka ke klub Big Six EPL?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Perpanjang Kontrak di Brighton & Hove Albion

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya