Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!

Pemain Manchester City tampil impresif dalam laga pertama

English Premier League (EPL) 2023/2024 telah dimulai sejak 12 Agustus 2023. Duel Burnley kontra Manchester City jadi pertandingan pembuka dan ditutup dengan laga antara Manchester United melawan Wolverhampton. Pada pekan pertama ini, berbagai keseruan terjadi di dalamnya.

Keberhasilan Newcastle United, Brighton, dan Manchester City yang menang besar atas lawannya jadi sorotan. Tak hanya itu, fakta menarik lainnya sebenarnya tak kalah seru. Pekan pembuka EPL juga dipenuhi oleh sederet rekor serba pertama. Penasaran apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Haaland jadi pemain pertama yang mencatatkan namanya di papan skor

Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!Erling Haaland (twitter.com/ManCity)

Kemenangan Manchester City kontra Burnley dengan skor 3-0 di laga pembuka EPL tak terlepas dari performa impresif Erling Haaland. Hanya butuh waktu 4 menit baginya untuk mencetak gol perdana. Ia memanfaatkan umpan sundulan dari Rodri dengan sepakan terarah ke gawang The Clarets.

Dalam laga ini, Haaland sukses mencetak brace. Sebiji gol lainnya ia cetak pada menit ke-36 usai memanfaatkan assist dari Julian Alvarez. Catatan ini merupakan start bagus bagi Haaland. Ia berpotensi mengulangi kesuksesannya meraih gelar Golden Boot.

Raihan brace Haaland dalam laga ini bak pertanda deja vu. Pasalnya, Haaland juga mengemas dua gol dalam laga debutnya di EPL pada musim lalu. Bertandang ke kandang West Ham United, Haaland mengemas brace sekaligus memastikan kemenangan untuk Manchester City dengan skor 2-0.

2. Rodri berikan assist perdana ke Haaland pada musim ini

Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!Rodri (twitter.com/ManCity)

Selain Haaland, Rodri juga bersinar saat timnya menekuk Burnley dalam laga pembuka. Rodri turut andil dalam gol perdana Haaland yang dicetak pada menit ke-4. Umpan sundulannya di dalam kotak penalti Burnley berhasil disambut oleh Haaland dengan sepakan mematikan.

Tak hanya assist, Rodri juga mencetak gol penutup Manchester City pada menit ke-76. Raihan 1 gol dan 1 assist ini membuktikan performa impresif dari Rodri. Ia juga tampil solid sebagai gelandang jangkar The Citizens. Rodri membuat 5 tekel dan rata-rata umpan sukses menyentuh angka 97,3 persen dalam laga ini.

Baca Juga: Rodri dan Kvaratskhelia Raih Penghargaan di Liga Champions 2022/23

3. Ederson Moraes catatkan clean sheet perdana

Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Manchester City benar-benar tampil sempurna dalam laga pembuka kontra Burnley. Meski berstatus tim tamu, The Citizens tak menemui kendala berarti. Pertahanan mereka bahkan sangat sulit untuk ditembus. Tak ada gol yang tercipta memastikan Ederson meraih clean sheet perdana pada musim ini.

Dalam laga ini, Ederson tak terlalu bekerja keras. Pasalnya, Burnley kesulitan memasuki area kotak penalti The Citizens. Mereka hanya melepaskan 7 tembakan dan hanya 1 yang mengarah ke gawang. Kinerja apik dari bek Manchester City sangat terlihat dalam pertandingan ini.

4. Olla Aina mendapatkan kartu kuning dalam laga debutnya di EPL

Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!Olla Aina (instagram.com/officialnffc)

Meski laga pembuka EPL mempertemukan Burnley dan Manchester City, kartu kuning yang keluar justru hadir di pertandingan lain. Laga kedua, Arsenal dan Nottingham Forest menyuguhkan pertandingan yang intens antara kedua tim. Total, ada 24 pelanggaran yang terjadi dalam laga ini.

Olla Aina, bek kanan Nottingham Forest, mendapatkan kartu kuning pertama pada menit ke-28. Itu terjadi usai dirinya melakukan pelanggaran keras terhadap Bukayo Saka. Tak hanya dirinya, ada tiga pemain lain yang juga mendapatkan kartu kuning. Masing-masing di antaranya adalah dua penggawa Arsenal (Jurrien Timber dan Ben White) serta Orel Mangala.

5. Debut Anass Zaroury berbuah kartu merah

Catatan Serba Pertama di Premier League 2023/2024, Seru dan Panas!Anass Zaroury (twitter.com/BurnleyOfficial)

Laga antara Burnley dan Manchester City sebenarnya berlangsung keras. Ada 19 pelanggaran yang terjadi, dengan 12 di antaranya dilakukan oleh pemain Burnley. Meski tak berbuah kartu kuning, laga ini justru langsung menghasilkan kartu merah perdana. 

Anass Zaroury merupakan pemain yang diberi hukuman kartu merah dalam laga ini. Menjalani debut di EPL dari bangku cadangan sejak menit ke-61, Zaroury justru melakukan kesalahan fatal. Tekel kerasnya terhadap Kyle Walker langsung diganjar dengan kartu merah pada masa tambahan waktu.

Zaroury mengikuti jejak beberapa pemain sebelumnya yang mendapatkan kartu merah dalam laga debutnya di EPL. Dilansir 90min, Zaroury menjadi pemain ke-23 dalam sejarah EPL yang terkena kartu merah dalam laga debut. Ia pun gagal menyelamatkan Burnley yang takluk di kandang sendiri dengan skor 0-3.

Manchester City tampil meyakinkan pada pekan pembuka. Sederet rekor serba pertama di EPL pada musim ini berhasil dipecahkan oleh para pemainnya. Akankah laju The Citizens kembali tak terbendung?

Baca Juga: 10 Fakta Sander Berge, Gelandang Baru Burnley asal Norwegia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya