6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024

Micky van de Ven apik di Tottenham

English Premier League (EPL) masih menjadi salah satu destinasi favorit para pemain sepak bola. Belanda, salah satu negara kuat di Eropa, memiliki banyak pemain yang tengah berkarier di sana. Pemain-pemain Belanda bahkan menjadi tumpuan bagi klubnya masing-masing.

Pada 2023/2024, EPL menjadi ajang bagi sejumlah bek tengah milik Negeri Kincir Angin. Itu termasuk bek berpengalaman seperti Virgil van Dijk di Liverpool. Ada juga Micky van de Ven yang tengah bersinar bersama Tottenham Hotspur.

1. Sven Botman tampil kokoh bersama Newcastle United

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Sven Botman (twitter.com/NUFC)

Sven Botman masih dipercaya menjadi andalan di jantung pertahanan Newcastle United. Memasuki musim keduanya bersama The Magpies, kualitas Botman kian matang. Ia menunjukkan ketangguhannya pada usia yang masih 22 tahun. Tak ayal, Botman selalu diturunkan.

Ia berkontribusi besar di balik pencapaian timnya itu melaju ke Liga Champions Eropa. Botman juga sudah tampil dalam tujuh laga di semua ajang musim ini. Ia bisa menjadi bek utama Newcastle United dalam beberapa musim mendatang.

2. Nathan Ake menjadi bagian krusial di Manchester City

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Nathan Ake (instagram.com/nathanake)

Lini belakang Manchester City tak mengalami banyak perubahan pada 2023/2024. Kepergian Aymeric Laporte berhasil ditutupi dengan rekrutan anyar asal Kroasia, Josko Gvardiol. Sementara itu, bek The Citizens lainnya, termasuk Nathan Ake, masih dipercaya untuk mengisi jantung pertahanan tim.

Terlepas dari riwayat cederanya, Ake tetap mampu menunjukkan aksi terbaiknya. Pemain berusia 28 tahun tersebut juga bisa beroperasi sebagai bek sayap. Oleh sebab itu, peran Ake cukup krusial. Ia bahkan sudah bermain dalam delapan laga awal Manchester City pada 2023/2024.

3. Jan Paul van Hecke makin berkembang bersama Brighton & Hove Albion

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Jan Paul van Hecke (brightonandhovealbion.com)

Brighton & Hove Albion dipenuhi bakat-bakat muda potensial. Selain lini serangnya yang berwarna, The Seagulls juga punya pemain bertahan yang bisa jadi aset berharga. Salah satu pemain muda Brighton tersebut adalah Jan Paul van Hecke. Ia menjadi salah satu bek pilihan sang pelatih, Roberto De Zerbi.

Van Hecke mengalami peningkatan pesat. Pada musim lalu, ia hanya diturunkan sebanyak 13 kali. Hal berbeda terjadi pada 2023/2024 ini. Belum memasuki pertengahan musim, Van Hecke sudah tampil penuh sebanyak lima kali. Kesempatannya untuk berkembang sangat terbuka.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jarell Quansah, Calon Pengganti Virgil van Dijk

4. Virgil van Dijk ditunjuk sebagai kapten Liverpool pada awal musim 2023/2024

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Virgil van Dijk masih menjadi aktor penting di lini belakang Liverpool. Perannya sangat penting, tak hanya sebagai bek, tetapi juga kapten tim. Musim 2023/2024 menjadi awal yang baru baginya. Kepercayaan mengemban ban kapten itu datang karena Van Dijk tergolong sosok senior di skuad Liverpool.

Kualitas Van Dijk sebagai salah satu bek hebat di English Premier League tak perlu diragukan lagi. Meski performanya sempat menurun dalam beberapa musim terakhir, Van Dijk masih mampu bertahan. Kini, ia memiliki misi penting untuk membawa Liverpool kembali merusak dominasi Manchester City di EPL.

5. Jurrien Timber harus menepi lama akibat mengalami cedera ACL

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Jurrien Timber (twitter.com/Arsenal)

Musim 2023/2024 merupakan musim yang istimewa bagi beberapa bek Belanda. Pasalnya, mereka pindah ke klub EPL, termasuk Jurrien Timber. Ia merapat ke Arsenal usai ditebus dari Ajax Amsterdam seharga 40 juta euro atau sekitar Rp656 miliar. The Gunners sendiri mengikatnya dengan kontrak selama 5 musim.

Timber sejatinya direkrut untuk menambah kekuatan di lini belakang Arsenal. Sayangnya, awal kariernya di klub London Utara tak berjalan dengan maksimal. Timber harus menepi lama akibat mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Ia menderita cedera tersebut pada pekan perdana EPL kontra Nottingham Forest.

6. Micky van de Ven memberikan perubahan besar di lini belakang Tottenham Hotspur

6 Bek Tengah Belanda yang Berkarier di EPL 2023/2024Micky van de Ven (twitter.com/SpursOfficial)

Selain Timber, bek Belanda lainnya yang berstatus sebagai pendatang di EPL adalah Micky van de Ven. Ia memutuskan untuk hijrah ke Tottenham Hotspur. Van de Ven digaet dari VfL Wolfsburg seharga 40 juta euro atau sekitar Rp656 miliar. Kehadirannya menjadi angin segar bagi The Lilywhites.

Van de Ven langsung mendapatkan kepercayaan sebagai pilihan utama di lini belakang. Momentum tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik. Van de Ven mampu mengantongi delapan penampilan sejauh ini. Duetnya dengan Cristian Romero mampu memerkokoh barisan pertahanan Tottenham Hotspur.

Belanda dipenuhi segudang opsi berkualitas  di lini belakang. Keenam pemain di atas tentunya menjadi aset berharga tersendiri bagi Belanda dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga: 9 Fakta Micky van de Ven, Bek Muda Potensial asal Belanda

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya