5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!

Rekor Messi di El Clasico belum tergeser hingga sekarang

Real Madrid dan Barcelona merupakan dua klub paling menonjol di Spanyol. Rivalitas keduanya pun terbilang cukup panas. Maka dari itu, setiap pertandingan yang mempertemukan mereka punya sebutan khusus, yakni El Clasico. 

Dalam sejarahnya, El Clasico pernah terjadi di Copa del Rey, LaLiga, Supercopa, dan UEFA Champions League (UCL). Namun, tentu saja pertandingan El Clasico lebih sering terjadi di LaLiga.

Dari musim 1928/1929 sampai dengan musim 2021/2022, LaLiga terhitung sudah 184 kali menyajikan laga El Clasico. Setelah sebanyak itu, menarik pula untuk melihat para pencetak gol ulungnya. Siapa saja?

1. Lionel Messi untuk Barcelona (18 gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!Lionel Messi jadi pahlawan kemenangan Barcelona (2-3) setelah mencetak gol pada menit tambahan waktu ke gawang Real Madrid dalam laga El Clasico pada 23 April 2017. (twitter.com/goal)

Belum ada nama baru, Lionel Messi masih jadi raja di takhta teratas top skor dalam sejarah El Clasico. Secara keseluruhan, Messi membukukan 26 gol dari 45 penampilan untuk Barcelona.

Begitu pula dalam sejarah El Clasico di LaLiga, pemain asal Argentina satu ini masih menguasai papan top skor. La Pulga tercatat mampu menciptakan 18 gol dalam 29 penampilan. Lionel Messi membela Blaugrana selama 16 tahun dari 2005 sampai dengan 2021. Paris Saint-Germain resmi membajak sang pemain secara gratis pada Agustus 2021.

2. Alfredo di Stefano untuk Real Madrid (14 gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!Alfredo di Stefano (twitter.com/realmadriden)

Alfredo di Stefano merupakan legenda Spanyol yang aktif bermain dari tahun 1945 sampai gantung sepatu pada 1966. Fakta menariknya, mantan striker satu ini juga lahir di Argentina.

Alfredo di Stefano punya kiprah besar di Real Madrid. Ia merupakan salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub dengan koleksi 269 gol. Terhitung 18 gol di antaranya dicetak di El Clasico. Sementara itu, Alfredo di Stefano mencetak 216 gol miliknya untuk Real Madrid di LaLiga. Dalam laga El Clasico di LaLiga, ia total mencetak 14 gol dalam 20 penampilan.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik Jelang El Clasico di LaLiga, Era Lewy vs. Benzema!

3. Cesar Rodriguez untuk Barcelona (12 gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!Cesar Rodriguez (fcbarcelona.com)

Barcelona juga punya legenda pencetak gol ulung. Dia adalah Cesar Rodriguez, pencetak gol terbanyak kedua setelah Lionel Messi dalam sejarah klub. Ia mengoleksi 226 gol dalam 344 penampilan.

Cesar Rodriguez pun sering mencetak gol dalam laga El Clasico. Dari 28 penampilan, sang legenda berhasil membukukan 14 gol untuk Barcelona. Sebanyak 12 gol di antaranya dicetak di LaLiga dalam 24 penampilan.

Cesar Rodriguez aktif di dunia sepak bola sekitar tahun 1940-an. Selain Barcelona, ia pernah membela lima klub lainnya dan pensiun pada 1960. Rodriguez kemudian meninggal dunia pada 1995.

4. Raul untuk Real Madrid (11 gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!potret Raul Gonzalez (twitter.com/ChampionsLeague)

Legenda lainnya yang paling dihormati oleh Real Madrid ialah Raul Gonzalez Blanco. Mantan pesepak bola yang lebih akrab disapa Raul tersebut menduduki top skor ketiga dalam sejarah klub dengan torehan 323 gol.

Raul lahir dari tim akademi dan berhasil menembus tim utama Real Madrid pada 1994. El Real merupakan satu-satunya klub Spanyol yang pernah dibelanya. Raul mengabdi selama 16 tahun dan hengkang ke Schalke pada 2010.

Rela Madrid pernah memakai jasa Raul dalam laga El Clasico sebanyak 37 kali di semua kompetisi. Sang pemain berhasil menyumbang 15 gol. Sementara itu, 11 gol di antaranya dicetak dalam 31 penampilan di LaLiga. 

5. Paco Gento untuk Real Madrid (10 gol) 

5 Top Skor dalam Sejarah El Clasico di LaLiga, Messi Masih Rajanya!Paco Gento (twitter.com/aarbeloa17)

Paco Gento dinyatakan meninggal dunia pada 18 Januari 2022 lalu. Paco Gento merupakan salah satu legenda paling setia kepada Real Madrid. Ia bergabung pada 1953 dan membela klub sampai pensiun pada 1971.

Berbagai kenangan Paco Gento pun terukir manis bersama Real Madrid, termasuk warisan gol. Ia mengantongi 161 gol dari 538 penampilan di berbagai kompetisi domestik maupun Eropa. 

Sejarah juga mencatat kontribusi nyata Paco Gento pada laga El Clasico. Total 14 gol dicetaknya dalam 45 penampilan di sejumlah kompetisi. Di El Clasico LaLiga sendiri, sang pemain mencetak 10 gol dalam 32 penampilan. 

 

LaLiga musim 2022/2023 pastinya akan kembali menyuguhkan laga kadang dan tandang El Clasico. Real Madrid akan jadi tuan rumah pertama pada 16 Oktober 2022. Kemudian, Barcelona baru akan main di kandang pada 19 Maret 2023 mendatang. Siap nonton?

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Jelang Duel Real Madrid vs Barcelona di El Clasico

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya