5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang Masa

Dani Olmo langsung pecahkan rekor!

Pergerakan Barcelona dalam bursa transfer musim panas 2024 memang belum banyak. Namun, mereka baru saja meresmikan pemain baru, yaitu Dani Olmo. Pemain berkebangsaan Spanyol ini ditebus mahal dari RB Leipzig.

Nilai transfer sang pemain langsung memecahkan rekor pemain Spanyol termahal yang pernah direkrut Barcelona. Ia menjadi pemain kedua yang telah diresmikan sebagai pemain anyar Barcelona. Termasuk Dani Olmo, berikut lima pemain Spanyol termahal yang didatangkan Barcelona sepanjang masa. 

1. Paco Alcacer (Rp521 miliar) ditebus Barcelona usai tampil ciamik dengan Valencia

5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang MasaPaco Alcacer (fcbarcelona.com)

Tampil apik di Valencia, Paco Alcacer jadi incaran Barcelona. Pada musim panas 2016, pemain berposisi striker ini berhasil ditebus Barcelona. Nilai transfer sang pemain mencapai sekitar 29 juta euro (Rp521 miliar). 

Namun, performa yang ditunjukkan tak begitu optimal. Ia hanya menorehkan 50 pertandingan dengan sumbangsih 15 gol dan 8 assist. Ia hanya jadi pelapis Luis Suarez di lini depan. 

2. Cesc Fabregas (Rp590 miliar) menyeberang ke Spanyol membela Barcelona

5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang MasaCesc Fabregas (fcbarcelona.com)

Cesc Fabregas merupakan pemain jebolan akademi Arsenal. Bahkan, ia sukses jadi pemain penting di dalam skuad. Ia menorehkan 303 pertandingan dengan mencetak 57 gol dan 95 assist

Performa apiknya ini membuat Barcelona kepincut. Sang pemain kemudian ditebus pada musim panas 2011. Untuk mendapatkannya, Barcelona rela merogoh kocek sebesar 33 juta euro (Rp590 miliar). Ia sukses menunjukkan kualitas performanya selama membela Barcelona. 

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Terakhir yang Dibeli Barcelona dari Tim Non-LaLiga

3. David Villa (Rp695 miliar) jadi salah satu striker terbaik yang membela Barcelona

5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang MasaDavid Villa (fcbarcelona.com)

David Villa bisa dikatakan sebagai salah satu striker terbaik yang pernah membela Barcelona. Dirinya mulai bergabung pada musim panas 2010. Pada musim tersebut, ia ditebus dari Valencia dengan mahar 39 juta euro atau Rp695 miliar. 

David Villa bertahan selama 3 musim lamanya di Camp Nou. Ia mampu mencatatkan 119 pertandingan dengan mencetak 48 gol dan 24 assist. Berbagai prestasi berhasil ia dapatkan selama membela Barcelona termasuk menjuarai Liga Champions 2011. 

4. Ferran Torres (Rp955 miliar) memilih pindah ke Barcelona dari Manchester City

5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang MasaFerran Torres (fcbarcelona.com)

Sulitnya menembus skuad utama Manchester City membuat Ferran Torres memilih pindah. Pada musim dingin 2022, ia memutuskan kembali ke Spanyol untuk memperkuat Barcelona. Ia ditebus dengan biaya 54 juta euro (Rp955 miliar). 

Ferran Torres mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak di Barcelona. Ia telah mencatatkan 113 pertandingan dengan mencetak 25 gol dan 13 assist. Ia masih memiliki kontrak hingga Juni 2027 mendatang. 

5. Dani Olmo (Rp955 miliar) jadi pemain terbaru yang bergabung dengan Barcelona

5 Pemain Spanyol Termahal yang Didatangkan Barcelona Sepanjang MasaDani Olmo (fcbarcelona.com)

Terakhir, pemain Spanyol terbaru yang bergabung dengan Barcelona adalah Dani Olmo. Usai sukses mengantarkan timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa 2024, namanya makin bersinar. Ia jadi incaran sejumlah klub-klub besar. 

Pada musim panas 2024, Barcelona berhasil mendapatkan pemain berusia 26 tahun ini dari RB Leipzig. Berposisi gelandang serang, ia ditebus dengan biaya 54 juta euro (Rp955 miliar). Nilai transfernya menyamai rekor yang dipegang Ferran Torres. 

Kehadiran Dani Olmo tentu menambah kekuatan di sektor tengah Barcelona. Ia merupakan pemain berbakat yang telah teruji di timnas Spanyol dan RB Leipzig. Patut dinantikan kiprah Dani Olmo dengan Barcelona. 

Baca Juga: Dani Olmo Mudik ke Barcelona, Dipagari Klausul Mahal

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

jangan lupa istirahat dan selalu senyum setiap saat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya