5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad Utama

Mulai dari Caoimhin Kelleher hingga Stefan Bajcetic

Liverpool memiliki skuad bertabur bintang. Asuhan Juergen Klopp ini diperkuat sederet pemain yang kaya akan pengalaman.

Meski begitu, Liverpool tetap mengandalkan beberapa pemain yang berasal dari akademi. Dalam beberapa tahun terakhir, ada sejumlah pemain akademi Liverpool yang mampu promosi ke skuad utama.

Siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Caoimhin Kelleher 

5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaCaoimhin Kelleher (liverpoolfc.com)

Caoimhin Kelleher bergabung ke akademi Liverpool pada 2015. Pemain asal Irlandia ini merupakan pemain yang berposisi penjaga gawang. Tampil apik di akademi, Kelleher mampu promosi ke skuad utama pada musim panas 2019.

Hingga 2022/2023, Kelleher masih menjadi bagian Liverpool. Namun, ia hanya menjadi pelapis dari Allison Becker. Selama berseragam Liverpool, ia telah mencatatkan 20 pertandingan dengan meraih 10 clean sheet.

2. Curtis Jones 

5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaCurtis Jones (liverpoolfc.com)

Curtis Jones berhasil promosi ke tim utama Liverpool pada musim panas 2020. Ia merupakan pemain yang berposisi gelandang tengah. Jones mampu tampil baik saat diberikan kesempatan bermain.

Meski begitu, ia belum mampu menjadi pemain kunci di Liverpool. Selama berseragam Liverpool, Jones baru mencatatkan 85 pertandingan dengan mencetak 8 gol dan 10 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool dengan Nomor Punggung 17 sebelum Curtis Jones

3. Rhys Williams

5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaRhys Williams (liverpoolfc.com)

Rhys Williams dipromosikan ke tim utama Liverpool pada musim panas 2020. Namun, pemain berposisi bek tengah ini jarang mendapatkan kesempatan bermain. Ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Sejauh ini, Rhys Williams hanya mencatatkan 19 penampilan di tim utama Liverpool. Pada musim panas 2022, ia sempat dipinjamkan ke klub Inggris lainnya, Blackpool. Ia telah kembali ke Liverpool pada musim dingin 2023.

4. Harvey Elliot

5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaHarvey Elliot (liverpoolfc.com)

Harvey Elliot berhasil promosi ke tim utama Liverpool pada musim panas 2021. Pemain berposisi gelandang serang ini mampu meningkatkan kualitasnya saat berada di tim utama. Bahkan, pada 2022/2023, Elliot mampu tampil apik.

Secara statistik, pemain berusia 19 tahun ini telah mencatatkan 5 gol dan 1 assist dalam 36 pertandingan pada 2022/2023. Elliot akan menjadi aset masa depan Liverpool jika mampu mengembangkan kualitasnya.

5. Stefan Bajcetic

5 Jebolan Akademi Liverpool Terakhir yang Promosi ke Skuad UtamaStefan Bajcetic (liverpoolfc.com)

Stefan Bajcetik menjadi pemain terakhir yang berhasil naik kasta dari akademi ke tim utama Liverpool. Pemain berpaspor Spanyol ini promosi ke tim utama pada musim panas 2022. 

Berposisi gelandang bertahan, Bajcetic telah menorehkan 23 pertandingan dengan mencetak 16 pertandingan dengan mencetak 1 gol. Pemain berusia 18 tahun ini tentu akan menjadi aset masa depan Liverpool mengingat usianya yang masih muda.

Di bawah asuhan Juergen Klopp, mereka memiliki waktu untuk meningkatkan kualitas. Apalagi, mereka masih berusia muda.

Baca Juga: 9 Fakta Stefan Bajcetic, Pemain Muda Potensial Liverpool

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya