5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!

Ada yang sudah pernah melatih Chelsea!

Chelsea selalu aktif ketika bursa transfer pemain sudah dibuka. Mereka kerap melepas para pemainnya dan mendatangkan penggawa baru ke dalam skuad. Ada yang dibeli mahal, ada juga yang didatangkan dengan biaya murah.

Salah satunya adalah pemain berposisi gelandang. Chelsea kerap dihuni oleh gelandang berkualitas. Mereka menorehkan penampilan apik dalam jangka  waktu yang lama. Meski begitu, ada gelandang yang justru dilepas secara gratis oleh Chelsea. Berikut lima gelandang top yang pernah dilepas Chelsea secara gratis.

1. Joe Cole 

5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!Joe Cole (premierleague.com)

Joe Cole pertama kali datang ke Chelsea pada musim panas 2003. Pemain lulusan akademi West Ham United ini ditebus dengan biaya 10 juta euro atau Rp172 miliar. Ia menorehkan performa impresif kala berseragam Chelsea.

Joe Cole menghabiskan waktu selama tujuh musim membela Chelsea. Dalam periode tersebut, ia mencatatkan 281 pertandingan dengan mencetak 40 gol dan 43 assist. Musim terakhirnya membela Chelsea terjadi pada musim 2009/2010. Pasalnya, ia dilepas secara gratis ke Liverpool pada musim panas 2010.

2. Michael Ballack 

5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!Michael Ballack (chelseafc.com)

Chelsea mendatangkan Michael Ballack pada musim panas 2006. Pemain berkebangsaan Jerman ini berhasil diboyong dari Bayern Munich secara gratis. Meski begitu, ia mampu memberikan penampilan apik kala membela Chelsea. 

Michael Ballack menjadi salah satu pemain penting di lini tengah. Posisinya sebagai gelandang tengah tak pernah tergeser pemain lain. Ia mencatatkan 167 pertandingan dengan mencetak 25 gol dan 22 assist. Kiprahnya di Chelsea berakhir pada musim panas 2010. Ia dilepas secara gratis ke Bayer Leverkusen.

Baca Juga: Bursa Transfer Chelsea 2023/2024 Terbaru dan Terlengkap

3. Mikel John Obi

5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!Mikel John Obi (twitter.com/chelseafc)

Mikel John Obi merupakan salah satu pemain yang cukup lama mengabdi di Chelsea. Ia mulai bergabung pada musim panas 2006. Pada musim tersebut, ia didatangkan dari klub Norwegia, Lyn, dengan mahar 21 juta euro atau Rp347 miliar.

Berposisi gelandang bertahan, ia selalu tampil konsisten setiap musimnya. Mikel John Obi sukses membukukan 372 pertandingan dengan mencetak 6 gol dan 13 assist. Pengabdiannya di Chelsea berakhir pada musim dingin 2017 lantaran kontraknya telah habis. Ia kemudian melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub China, TJ Teda, secara gratis.

4. Frank Lampard

5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!Frank Lampard (uefa.com)

Frank Lampard menjadi pemain yang tak akan dilupakan penggemar Chelsea. Kontribusinya untuk Chelsea terbilang besar. Pemain asal Inggris tercatat mulai bergabung pada musim panas 2001. Ia ditebus dari West Ham United dengan mahar 16 juta euro atau Rp278 miliar. 

Frank Lampard menjadi salah satu saksi kebangkitan Chelsea. Ia sukses jadi andalan di lini tengah dengan membukukan 648 pertandingan dengan mencetak 211 gol dan 145 assist. Ia mengabdi selama 13 musim lamanya di Chelsea. Pada musim panas 2014, ia memilih mengakhiri kariernya di Chelsea dan bergabung ke klub Amerika Serikat, New York City, secara gratis.

5. N'Golo Kante 

5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!N'Golo Kante (premierleague.com)

N'Golo Kante menjadi pemain baru yang dilepas Chelsea secara gratis. Ia memutuskan tidak memperpanjang kontraknya di Chelsea dan berstatus free agent pada musim panas 2023. Ia kemudian melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub Arab Saudi, Al-Ittihad, secara gratis.

Saat berseragam Chelsea, pemain berposisi gelandang bertahan ini memiliki catatan impresif. Ia membukukan 269 pertandingan dengan mencetak 13 gol dan 16 assist. Sayangnya, musim terakhirnya di Chelsea, ia lebih sering menepi lantaran terkena cedera.

Meski begitu, skuad yang dimiliki Chelsea saat ini juga dihuni oleh gelandang-gelandang berkualitas. Mereka harus tampil apik agar membawa The Blues kembali naik ke papan atas. Pada musim panas 2023, mereka masih ingin mendatangkan pemain anyar.

Baca Juga: Karim Benzema: Senang Bisa Bermain Bersama N'Golo Kante Lagi

Ainur Rizki Photo Verified Writer Ainur Rizki

Orang yang suka ngopi dan sepak bola aja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya