Hanya 3 Pemain Timnas Indonesia yang Punya Prestasi di Level Asia

Bahkan menjadi Ikon sepak bola Asia 2017

Sepak bola Indonesia adalah olahraga besar yang sangat disukai masyarakat Indonesia dari sabang sampai merauke. Sepak bola Indonesia sendiri terbilang bagus pada awalnya. Pada 1938 Indonesia dengan nama Hindia Belanda merupakan wakil Asia yang mengikuti Piala Dunia. Indonesia juga hampir lolos ke Piala Dunia 1986 meskipun pada laga partai final kualifikasi melawan Korea Selatan harus kalah dengan agregat 1-6.

Prestasi di tingkat Asia, Indonesia berhasil meraih medali perunggu di Asian Games 1958 setelah pada perebutan tempat ketiga berhasil mengalahkan India 4-1. Pada tingkat Asia Tenggara sendiri, Indonesia tidak pernah sekalipun juara dan harus puas dengan 5 kali runner-up. Prestasi sepak bola Indonesia sekarang ini terbilang minim prestasi.

Faktor penyebabnya adalah kurangnya fasilitas sepak bola yang memadai dan adanya kisruh di induk sepak bola Indonesia. Sepak bola Indonesia sekarang baru memulai lagi tahap perbaikan besar-besaran untuk meningkatkan prestasi sepak bola Indonesia. Bahkan saat ini muncul pemain-pemain harapan masa depan Indonesia seperti Evan Dimas, Egi Maulana Vikri, Sutan Ziko, dan banyak lagi potensi pemain berbakat Indonesia.  

Sebelum kemunculan pemain berbakat seperti Evan Dimas saat ini. Dulu pemain Indonesia telah melahirkan pemain berprestasi bagi Indonesia dan melambungkan namanya di kancah sepak bola Asia. Simak yuk siapa saja pemain tersebut, yang telah menorehkan prestasi bagi skuad garuda. 

1. Widodo Cahyono Putro - Gol terbaik Piala Asia 1996

Hanya 3 Pemain Timnas Indonesia yang Punya Prestasi di Level AsiaGoal.com

Widodo Cahyono Putro lahir 8 November 1970 di Cilacap, Jawa Tengah adalah striker hebat yang pernah dimiliki Timnas Indonesia. Widodo sendiri merupakan mantan pemain Warna Agung, Petrokimia Putra Gresik, dan Persija Jakartav dalam karier sepak bolanya.

Prestasi yang telah mengangkat namanya beserta timnas garuda ialah saat dia mencetak gol indah ke gawang kuwait dalam ajang Piala Asia 1996 yang digelar di Uni Emirat Arab. Bahkan gol indahnya tersebut dinobatkan sebagai gol terbaik Piala Asia 1996.

Saat ini widodo menjadi pelatih Bali United dan bahkan dalam pekan ke-28, Bali United saat ini menduduki posisi kedua dalam klasemen Liga 1 Indonesia.

2. Bambang Pamungkas - Ikon sepak bola Asia 2017

Hanya 3 Pemain Timnas Indonesia yang Punya Prestasi di Level AsiaGoal.com

Bambang Pamungkas lahir 10 Juni 1980 di Semarang, Jawa Tengah adalah stiker ganas yang dimiliki oleh Timnas Indonesia. Setidaknya dia telah mencetak 37 gol dengan 85 caps. Hal tersebut mengantarkan Bambang Pamungkas sebagai pencetak gol terbanyak bagi skuad merah-putih. 

Prestasi bambang dibilang sangat bagus dalam karir sepak bolanya. Prestasi besama klub, setidaknya dia telah memperoleh gelar juara bersama Persija dan Selangor FA. Prestasi bersama Timnas, dia telah mengantarkan Indonsia juara Piala Kemerdekaan.

Prestasi individunya pun sangat banyak. Terbukti berbagai prestasi telah dia dapatkan seperti Haornas Cup Most Valuable Player (1996), Top Scorer  Liga Indonesia (1999 dan 2001), Top scorer Tiger Cup (2000), Top Scorer Malaysia Premier League (2005), Player of the Year Malaysia Cup (2005), Top Scorer FA Cup Malaysia  (2005), dan Pemain Terbaik Copa Indonesia (2007).

Tak hanya itu saja prestasi Bambang Pamungkas. Bahkan Bepe dinobatkan sebagai pemain nomor kelima terbaik Asia versi ESPN. 50 pemain terbaik Asia versi FFT, dan yang terakhir pada tahun 2017 dinobatkan sebagai Ikon Sepak Bola Asia oleh AFC seperti yang dilansir dari laman Liputan6.

Hal ini tentu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia karena salah satu pemain Indonesia sangat mengharumkan nama bangsa dikancah Asia. Saat ini Bepe masih aktif bermain dan memperkuat Persija.

3. Ferdinand Sinaga - Topskor Asian Games 2014 dan topskor kedua sepanjang masa Asian Games

Hanya 3 Pemain Timnas Indonesia yang Punya Prestasi di Level AsiaLiputan6

Ferdinand Alfred Sinaga lahir 18 September 1988 di Bengkulu adalah striker maut yang dimiliki oleh Indonesia. Ferdinand saat ini membela klub PSM Makasar. Prestasi diklub, dia telah mengantarkan Persib juara Indonesia Super League dan juara Indonesia Premier League bersama Semen Padang serta menjadi pencetak gol terbanyak. Bersama Timnas dia telah meraih medali Perak pada Sea Games 2011 dan Runner-up AFF 2016.

Ferdinand sendiri merupakan pemain yang sangat bertalenta dan mempunyai insting ketajaman tinggi dalam mencetak gol. Hal ini terbukti saat dia menjadi Topskor Asian Games 2014. Pada saat itu dia telah mencetak  6 gol dan merupakan topskor kedua sepanjang masa perhelatan Asian Games. Topskor sepanjang masa dicetak oleh Odai Al-Saify pemain timnas Jordania dengan 7 gol pada saat Asian Games 2006.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya