5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellingham

Cukup sering mendatangkan pemain mahal

Sebagai salah satu klub raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid memiliki daya tarik tersendiri. Hal tersebut membuat banyak pesepak bola tertarik untuk memperkuat Los Blancos. Klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini juga memiliki kekuatan finansial yang sangat baik.

Dalam beberapa musim terakhir, Real Madrid cukup sering mendatangkan pemain dengan harga fantastis. Rekrutan tersebut berasal dari berbagai klub di Eropa, termasuk klub yang berkompetisi di Bundesliga Jerman. Berikut lima pembelian termahal Real Madrid dari klub Bundesliga.

1. Jude Bellingham dibeli dari Borussia Dortmund seharga 103 juta euro

5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellinghampotret Jude Bellingham (realmadrid.com)

Jude Bellingham merupakan rekrutan termahal yang pernah diboyong Real Madrid dari Bundesliga. Bagaimana tidak, ia dibeli dengan biaya 103 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun dari Borussia Dortmund. Transfer ini terealisasi pada musim panas 2023.

Bellingham diproyeksikan sebagai jenderal lini tengah Los Blancos. Pemain berkebangsaan Inggris itu tampil gemilang kala memperkuat Borussia Dortmund dengan mencatatkan 24 gol dan 25 assist dari 132 penampilan. Bellingham menandatangani kontrak berdurasi 6 tahun bersama Real Madrid, yang akan berlaku hingga 2029 mendatang.

2. Luka Jovic diboyong dari Eintracht Frankfurt dengan 63 juta euro

5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellinghampotret Luka Jovic (realmadrid.com)

Penampilan apik Luka Jovic bersama Eintracht Frankfurt membuat dirinya jadi incaran klub-klub papan atas Eropa. Real Madrid menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangan pemain asal Serbia itu. Los Blancos bahkan rela mengeluarkan 63 juta euro atau Rp1 triliun untuk menebus Jovic.

Jovic yang saat itu baru berusia 21 tahun kesulitan beradaptasi dengan permainan Real Madrid. Ia hanya mencetak 3 gol dan 5 assist dari 51 penampilan di semua kompetisi. Jovic kemudian dipinjamkan ke Eintracht Frankfurt sebelum akhirnya dilepas secara gratis ke Fiorentina pada awal 2022/2023.

Baca Juga: 4 Pemain Inggris yang Juara LaLiga Spanyol, Bellingham Siap Menyusul

3. Toni Kroos ditebus dengan 25 juta euro dari Bayern Munich

5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellinghampotret Toni Kroos (uefa.com)

Selanjutnya ada nama Toni Kroos. Ia bergabung dengan Real Madrid pada musim panas 2014. Dalam proses kepindahannya itu, Toni Kroos dibeli dari Bayern Munich seharga 25 juta euro atau sekitar Rp418 miliar.

Kariernya di Spanyol bertahan cukup lama. Kroos masih menjadi andalan di lini tengah Real Madrid hingga saat ini. Selama membela Los Blancos, pemain berkebangsaan Jerman itu telah memainkan 417 laga dengan mencetak 27 gol dan 89 assist. Kroos juga telah memenangkan berbagai gelar juara bersama Real Madrid termasuk empat trofi Liga Champions Eropa.

4. Mesut Oezil jadi milik Real Madrid setelah membayar 18 juta euro kepada Werder Bremen

5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellinghampotret Mesut Oezil (realmadrid.com)

Real Madrid memutuskan untuk merekrut Mesut Oezil pada musim panas 2010. Penampilan gemilang Oezil bersama Werder Bremen membuat Los Blancos rela menebusnya dengan harga mahal. Saat itu, Real Madrid mengeluarkan 18 juta euro atau Rp300 miliar untuk memboyongnya ke Santiago Bernabeu.

Oezil menjadi pembelian sukses bagi Real Madrid. Dirinya berhasil mencetak 27 gol dan 81 assist dari 159 pertandingan di semua kompetisi. Pemain berkebangsaan Jerman itu kemudian meninggalkan Real Madrid ke Arsenal pada musim panas 2013. Ia dijual dengan harga tinggi, yakni 47 juta euro atau sekitar Rp785 miliar.

5. Rafael van der Vaart apik di Hamburg SV sehingga ditawar Real Madrid dengan 15 juta euro

5 Pembelian Termahal Real Madrid dari Klub Bundesliga, Ada Bellinghampotret Rafael van der Vaart (uefa.com)

Rafael van der Vaart sukses bersinar bersama Hamburg SV. Hal tersebut mampu menarik minat Real Madrid. Pemain asal Belanda itu kemudian didatangkan Los Blancos pada musim panas 2008 dengan biaya 15 juta euro atau Rp250 miliar.

Ia berseragam Real Madrid selama 2 musim. Namun, kiprah Rafael van der Vaart masih jauh dari harapan. Ia gagal bersaing di lini tengah Los Blancos. Van der Vaart lantas hengkang ke Tottenham Hotspur pada awal 2010/2011.

Nama-nama di atas menjadi rekrutan termahal Real Madrid dari klub Bundesliga. Tidak semua pemain yang didatangkan Real Madrid dari klub Bundesliga mampu tampil apik. Jude Bellingham tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi Los Blancos mengingat ia didatangkan dengan biaya transfer yang cukup tinggi.

Baca Juga: Debut Indah Jude Bellingham Bersama Real Madrid di LaLiga

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya