4 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2023/2024

Didominasi gelandang

Sejak dilatih Mikel Arteta, skuad Arsenal banyak diisi pemain-pemain muda. Pada 2023/2024 ini, pemain muda terus menjadi tumpuan utama The Gunners. Kualitas para pemain muda tersebut sukses membawa Arsenal bertengger di papan atas klasemen sementara English Premier League (EPL).

Meski didominasi pemain muda, Arsenal masih memiliki beberapa pemain senior di skuadnya. Kehadiran para pemain senior tersebut berguna untuk membimbing para pemain muda.

Berikut empat pemain tertua yang memperkuat Arsenal pada 2023/2024.

1.  Cedric Soares kalah bersaing di posisi bek kanan Arsenal

4 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2023/2024potret Cedric Soares (instagram.com/cedricsoares41)

Pemain paling tua di skuad Arsenal pada 2023/2024 adalah Cedric Soares. Pemain berusia 32 tahun itu pertama kali datang ke Emirates Stadium pada Januari 2020 dengan status pinjaman dari Southampton. Berkat performa apiknya, Soares kemudian dipermanenkan secara gratis oleh The Gunners pada musim panas 2020.

Cedric Soares sempat menjadi pemain andalan di sektor bek kanan. Namun, sejak kedatangan Ben White dan Takehiro Tomiyasu, Soares mulai tersingkirkan dari starting line-up Arsenal. Pemain asal Portugal itu kemudian dipinjamkan kepada Fulham pada Januari 2023.

Pada musim panas 2023, Soares bergabung kembali ke skuad Arsenal. Sejak kembali dari masa peminjamannya, Soares baru mencatatkan dua penampilan bersama The Gunners. Kontrak Soares bersama Arsenal sendiri akan berakhir pada Juni 2024 mendatang.

2.  Mohamed Elneny menjadi pemain terlama yang ada di skuad Arsenal saat ini

4 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2023/2024potret Mohamed Elneny (instagram.com/elnennym)

Mohamed Elneny merupakan salah satu pemain terlama di skuad Arsenal. Pemain 31 tahun itu telah bergabung bersama Arsenal sejak Januari 2016. Secara total, Elneny telah mencatatkan 156 penampilan dengan torehan 6 gol dan 10 assist  bersama The Gunners.

Saat dilatih Mikel Arteta, Elneny sempat dipinjamkan kepada Besiktas pada 2019/2020. Setelah kembali dari masa peminjamannya, Elneny hanya menjadi pelapis di lini tengah Arsenal. Pada Januari 2023, pemain asal Mesir itu menderita cedera lutut sehingga harus absen cukup lama. Setelah pulih dari cedera, Elneny baru mencatatkan satu penampilan bagi The Gunners.

Baca Juga: 4 Pemain Arsenal 2023 yang Pernah Berkiprah di Serie A, Ada Jorginho

3. Jorginho mulai tergantikan di lini tengah The Gunners

4 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2023/2024potret Jorginho (instagram.com/jorginhofrello)

Arsenal merekrut Jorginho pada musim dingin 2023. Ia diboyong dari Chelsea dengan biaya transfer 11,3 juta euro atau Rp189 miliar. Jorginho sempat menjadi andalan di lini tengah Arsenal. Akan tetapi, secara perlahan, peran Jorginho mulai tergantikan.

Selama berseragam Arsenal, Jorginho telah tampil dalam 24 pertandingan di semua ajang. Pemain 31 tahun itu terikat kontrak bersama Arsenal hingga akhir musim 2023/2024. Juventus dikabarkan meminati Jorginho jika sang pemain memilih hengkang dari Emirates Stadium.

4. Thomas Partey mampu tampil konsisten sejak didatangkan pada musim panas 2020

4 Pemain Tertua yang Memperkuat Arsenal pada 2023/2024potret Thomas Partey (instagram.com/thomaspartey5)

Pemain tertua keempat di skuad Arsenal adalah Thomas Partey. Ia merupakan gelandang bertahan asal Ghana yang berusia 30 tahun. Partey dikenal sebagai pemain yang memiliki daya jelajah tinggi serta visi bermain yang sangat baik.

Sejak bergabung pada musim panas 2020, Partey menjadi pilihan utama di lini tengah Arsenal. Dirinya telah membukukan 104 penampilan dengan kontribusi 5 gol dan 4 assist. Pada 2023/2024, Partey harus absen dalam beberapa pekan karena menderita cedera pangkal paha.

Mayoritas pemain senior Arsenal berposisi sebagai gelandang. Meski tidak jadi pilihan utama, keberadaan pemain tersebut cukup penting. Dengan pengalaman yang dimiliki,  mereka dapat membimbing para pemain muda The Gunners.

Baca Juga: Kiper Arsenal Berpotensi Jadi Pengkhianat, Pindah ke Chelsea

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya