5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggris

Ada nama Iliman Ndiaye

Olympique Marseille merupakan salah satu klub tersukses di Ligue 1. Klub berjuluk Les Phoceens itu mampu memenangkan trofi Ligue 1 sebanyak sembilan kali. Kunci keberhasilan Olympique Marseille tentu tidak terlepas dari kualitas pemain yang dimiliki.

Mereka mendatangkan pemain dari berbagai kompetisi, tidak terkecuali klub-klub Inggris. Dalam beberapa musim terakhir, Olympique Marseille sering berburu pemain top dari klub Inggris. Terbaru, ada Iliman Ndiaye yang berhasil didatangkan dari Sheffield United. Berikut ini adalah lima rekrutan termahal Olympique Marseille dari klub Inggris. Siapa saja?

1. Dimitri Payet

5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggrispotret Dimitri Payet (twitter.com/OM_English)

Membela West Ham United selama 2 tahun, Dimitri Payet bertransformasi menjadi salah satu gelandang serang terbaik di Premier League. Pemain asal Prancis itu menjadi pemain andalan di lini tengah The Hammers. Payet mampu mencetak 15 gol dan 23 assist dari 60 penampilan.

Performa apiknya ini menarik minat mantan klubnya, Olympique Marseille. Pada musim panas 2017, Marseille berhasil mendatangkan kembali Dimitri Payet. Sang pemain ditebus dengan harga 29,3 juta euro atau sekitar Rp489 miliar.

Meski gagal mempersembahkan gelar juara, Payet tampil cemerlang kala membela Les Phoceens. Ia telah bermain dalam 326 pertandingan dengan menorehkan 78 gol dan 95 assist. Pada musim panas 2023, pemain 36 tahun itu resmi berpisah dengan Olympique Marseille.

2. Iliman Ndiaye

5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggrispotret Iliman Ndiaye (instagram.com/olympiquedemarseille)

Olympique Marseille cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Salah satu pemain yang berhasil didatangkan adalah Iliman Ndiaye. Dia direkrut dari Sheffield United dengan biaya transfer 17 juta euro atau sekitar Rp284 miliar.

Pemain 23 tahun itu diproyeksikan untuk menjadi ujung tombak Les Phoceens. Pada 2022/2023, Ndiaye sukses mencetak 15 gol dan 12 assist bagi Sheffield United. Sang pemain menyepakati kontrak berdurasi 5 musim bersama Marseille yang akan berlaku hingga 2028 mendatang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Hanya Semusim Membela Marseille, Sanchez Terbaru

3. Ismaila Sarr

5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggrispotret Ismaila Sarr (twitter.com/OM_Officiel)

Selain Iliman Ndiaye, Olympique Marseille juga merekrut Ismaila Sarr pada musim panas 2023. Untuk menebus sang pemain, Marseille harus membayar 13 juta euro atau Rp217 miliar ke Watford. Sarr dikontrak selama 5 musim yang berlaku hingga Juni 2028 mendatang.

Ismaila Sarr biasa bermain di posisi sayap kanan. Saat memperkuat Watford, Pemain berpaspor Senegal itu telah mencatatkan 131 penampilan dengan mengemas 34 gol dan 24 assist. Olympique Marseille bukanlah klub Prancis pertama yang diperkuat Ismaila Sarr. Pemain 25 tahun itu pernah bermain untuk FC Metz dan Rennes.

4.  Matteo Guendouzi

5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggrispotret Matteo Guendouzi (twitter.com/OM_English)

Matteo Guendouzi telah memperkuat Olympique Marseille sejak awal musim 2021/2022. Ia didatangkan dari Arsenal dengan status pinjaman selama semusim. Guendouzi bergabung ke Marseille setelah tidak masuk skema Mikel Arteta di Arsenal.

Guendouzi menjelma sosok penting di lini tengah Marseille. Pada 2021/2022, dirinya sukses membukukan 5 gol dan 14 assist bagi Les Phoceens. Performa gemilang yang ditunjukkan Guendouzi mampu meyakinkan Marseille untuk memermanenkannya pada musim panas 2022. Nilai transfernya saat itu menyentuh angka 11 juta euro atau Rp184 miliar.

5. Florian Thauvin

5 Pemain Termahal yang Dibeli Olympique Marseille dari Klub Inggrispotret Florian Thauvin (instagram.com/flotov)

Florian Thauvin telah lama bergabung dengan Olympique Marseille. Ia memulai kariernya bersama Les Phoceens pada musim panas 2013. Setelah 2 musim membela Marseille, Thauvin mencari tantangan baru dengan hijrah ke Premier League untuk memperkuat Newcastle  United.

Thauvin tidak mampu bersinar di Premier League. Dirinya kemudian kembali ke Marseille pada Januari 2016 dengan status pinjaman. Thauvin mampu kembali menemukan performa terbaiknya bersama Marseille. Sang pemain akhirnya dilepas secara permanen ke Olympique Marseille pada musim panas 2017 seharga 11 juta euro atau sekitar Rp184 miliar.

Saat ini, Olympique Marseille memiliki beberapa pemain alumni Premier League. Kualitas mereka tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Kehadiran mereka diharapkan mampu membawa Marseille bersaing di kancah domestik maupun Eropa.

Baca Juga: 10 Potret Menawan Florian Thauvin, Pemain Andalan Olympique Marseille

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya