5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLiga

Giorgi Mamardashvili salah satunya

Intinya Sih...

  • Liverpool memboyong pemain dengan biaya transfer mahal dari LaLiga Spanyol, seperti Fernando Torres, Giorgi Mamardashvili, Alberto Moreno, Xabi Alonso, dan Mohamed Sissoko.
  • Fernando Torres diboyong dari Atletico Madrid seharga 38 juta euro, Mamardashvili dari Valencia seharga 30 juta euro, Moreno dari Sevilla seharga 18 juta euro, Alonso dari Real Sociedad seharga 16 juta euro, dan Sissoko dari Valencia seharga 12 juta euro.
  • Para pemain tersebut memiliki kontribusi yang signifikan selama membela Liverpool dengan torehan gol dan assist yang menonjol serta berperan dalam meraih trofi Liga Champions.

Liverpool merupakan klub raksasa asal Inggris. Klub dengan julukan The Reds ini mampu bersaing di level domestik maupun Eropa. Kesuksesan yang diraih Liverpool tentunya tidak terlepas dari beberapa faktor.

Pembelian pemain pada bursa transfer menjadi salah satu faktor penting kesuksesan Liverpool. Mereka tidak hanya melirik pemain yang merumput di English Premier League (EPL), tetapi juga beberapa liga top lain. LaLiga Spanyol salah satunya. Liverpool sempat memboyong pemain dari klub Spanyol. Bahkan, beberapa di antaranya didatangkan dengan biaya transfer yang mahal.

Berikut lima pemain termahal Liverpool dari klub LaLiga.

1. Fernando Torres dibeli Liverpool dari Atletico Madrid seharga 38 juta euro (Rp653 miliar)

5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLigapotret Fernando Torres (twitter.com/LFC)

Para pencinta Liverpool pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Fernando Torres. Pemain asal Spanyol itu tampil tajam selama berkostum The Reds. Bersama Liverpool, Torres mampu menorehkan 81 gol dan 19 assist dari 142 pertandingan di semua ajang.

Torres bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2007. Ia diboyong dari Atletico Madrid dengan biaya transfer 38 juta euro atau Rp653 miliar. Torres menghabiskan 3,5 musim bersama Liverpool. Pada Januari 2011, dirinya memutuskan untuk hengkang dan bergabung dengan klub Inggris lainnya, Chelsea.

2. Giorgi Mamardashvili bergabung dengan biaya transfer senilai 30 juta euro (Rp515 miliar)

5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLigapotret Giorgi Mamardashvili (instagram.com/gmamardashvili25)

Giorgi Mamardashvili menjadi rekrutan teranyar Liverpool pada musim panas 2024. Kiper asal Georgia ini diboyong dari Valencia dengan biaya transfer 30 juta euro atau Rp515 miliar. Namun, Mamardashvili dipinjamkan terlebih dahulu kepada klub lamanya dan baru akan bergabung bersama The Reds pada musim panas 2025.

Kedatangan Mamardashvili tentu diharapkan dapat menjadi suksesor Alisson Becker yang saat ini telah menginjak usia 31 tahun. Mamardashvili memiliki catatan impresif bersama Valencia. Pemain berusia 23 tahun ini telah membukukan 104 penampilan dengan torehan 31 clean sheet.

Baca Juga: 3 Pemain Liverpool yang Paling Sering Cetak Gol ke Gawang MU

3. Alberto Moreno didatangkan dari Sevilla seharga 18 juta euro (Rp309 miliar)

5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLigapotret Alberto Moreno (liverpoolfc.com)

Alberto Moreno merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ia berkostum Liverpool selama 5 musim, yakni pada 2014—2019. Pemain berusia 32 tahun tersebut didatangkan The Reds dari Sevilla dengan mahar 18 juta euro atau Rp309 miliar.

Selama membela Liverpool, Moreno mencatatkan 141 penampilan dengan kontribusi 3 gol dan 11 assist. Dirinya juga berhasil mengantarkan Liverpool meraih trofi Liga Champions Eropa 2018/2019. Setelah kontraknya habis pada musim panas 2019, Moreno kembali ke Spanyol dengan bergabung ke Villarreal.

4. Liverpool menebus Xabi Alonso dari Real Sociedad dengan harga 16 juta euro (Rp275 miliar)

5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLigapotret Xabi Alonso (liverpoolfc.com)

Xabi Alonso bergabung dengan Liverpool pada musim panas 2004. Saat itu Liverpool memboyong Alonso dari Real Sociedad dengan biaya transfer 16 juta euro atau Rp275 miliar. Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini menghabiskan 5 musim bersama The Reds.

Alonso menjadi pemain yang tidak tergantikan di lini tengah Liverpool. Jika ditotal, dirinya telah membukukan 210 penampilan di semua ajang dengan mengemas 18 gol dan 19 assist. Xabi Alonso juga menjadi pemain penting di balik keberhasilan Liverpool memenangkan Liga Champions 2004/2005.

5. Mohamed Sissoko bergabung ke Liverpool dengan biaya 12 juta euro (Rp206 miliar)

5 Pemain Termahal Liverpool dari Klub LaLigapotret Mohamed Sissoko (liverpoolfc.com)

Saat masih aktif bermain, Mohamed Sissoko merupakan pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Performa apik yang ditunjukkan Sissoko bersama Valencia mampu menarik minat Liverpool. The Reds kemudian menebus pemain asal Mali ini dengan mahar 12 juta euro atau Rp206 miliar.

Sissoko berkostum Liverpool selama 3 musim dari 2005 hingga 2008. Selama itu, dirinya mencatatkan 87 penampilan di semua ajang dengan torehan 2 gol dan 1 assist. Sissoko juga sukses mengantarkan Liverpool meraih berbagai trofi, termasuk Piala FA 2005/2006.

Para pemain di atas didatangkan Liverpool dengan biaya transfer mahal. Dari daftar tersebut, Giorgi Mamardashvili menjadi rekrutan teranyar The Reds. Menarik untuk menantikan kiprah Mamardashvili bersama klub barunya pada musim depan.

Baca Juga: 3 Pemain Latin Liverpool yang Pernah Mencetak Gol di Old Trafford

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya