5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier League

Matt O’Riley jadi yang terbaru

Celtic FC merupakan klub raksasa asal Skotlandia. Klub berjuluk The Bhoys ini cukup mendominasi di kompetisi domestik. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari kualitas pemain yang mereka miliki.

Celtic memang kerap melahirkan talenta-talenta sepak bola baru. Para pemain Celtic menjadi incaran klub-klub liga top Eropa, salah satunya klub English Premier League (EPL). Bahkan, beberapa klub EPL rela mendatangkan pemain Celtic dengan harga yang sangat tinggi.

Berikut lima penjualan termahal Celtic ke klub EPL.

1. Matt O’Riley (Rp505 miliar) menjadi penjualan termahal sepanjang masa Celtic

5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier Leaguepotret Matt O’Riley (instagram.com/mattoriley8)

Matt O’Riley menjadi rekrutan teranyar Leicester City pada musim panas 2024. Ia didatangkan dari Celtic dengan biaya transfer 29,5 juta euro atau Rp505 miliar. Angka tersebut menjadikan O’Riley sebagai penjualan termahal sepanjang masa bagi Celtic.

O’Riley merupakan pemain yang biasa bermain di posisi gelandang tengah. Selama membela Celtic, dirinya selalu menjadi pilihan utama di lini tengah. Pemain berusia 23 tahun ini telah tampil dalam 124 pertandingan dengan mencatatkan 27 gol dan 35 assist bersama The Bhoys.

2. Kieran Tierney (Rp462 miliar) harus bersaing ketat untuk mendapatkan tempat utama di skuad Arsenal

5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier Leaguepotret Kieran Tierney (instagram.com/kierantierney)

Kieran Tierney merupakan pemain jebolan akademi Celtic. Dirinya berhasil promosi ke tim utama pada 2015/2016. Bersama skuad utama Celtic, Tierney berhasil menunjukkan performa impresif. Dirinya telah mencatatkan 170 penampilan dengan torehan 8 gol dan 37 assist.

Performa apik yang ditunjukkan Tierney bersama Celtic mampu menarik minat Arsenal. The Gunners menebus Tierney pada musim panas 2019 dengan biaya transfer 27 juta euro atau Rp462 miliar. Persaingan ketat di lini pertahanan Arsenal membuat dirinya mendapatkan minim kesempatan bermain. Pada 2023/2024 lalu, pemain berusia 27 tahun tersebut sempat dipinjamkan ke Real Sociedad. Tierney sendiri masih menyisakan kontrak bersama Arsenal hingga Juni 2026 mendatang.

Baca Juga: 5 Rekrutan Arsenal pada Musim Panas 2024, Merata Tiap Lini!

3. Odsonne Edouard (Rp279 miliar) tampil tajam saat berkostum Celtic

5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier Leaguepotret Odsonne Edouard (instagram.com/cpfc)

Odsonne Edouard bergabung dengan Celtic pada 2017. Saat itu dirinya didatangkan dengan status pinjaman dari Paris Saint-Germain (PSG). Berkat penampilan apik yang ditunjukkan Edouard, Celtic memutuskan untuk mempermanenkannya dengan mahar 10,3 juta euro atau Rp176 miliar.

Selama memperkuat Celtic, pemain berkebangsaan Prancis itu mampu tampil tajam. Dirinya sukses membukukan 87 gol dan 38 assist dari 179 pertandingan di semua ajang. Catatan apik tersebut membuat Crystal Palace tertarik untuk merekrutnya. Pada musim panas 2021, Edouard resmi berkostum The Eagles dengan biaya transfer mencapai 16,3 juta euro atau Rp279 miliar.

4. Kristoffer Ajer (Rp269 miliar) menjadi andalan di lini pertahanan Brentford

5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier Leaguepotret Kristoffer Ajer (instagram.com/kristoffer.v.ajer)

Kristoffer Ajer merupakan pemain berkebangsaan Norwegia. Dirinya bergabung dengan Celtic pada musim panas 2016. Bersama The Bhoys, pemain berusia 26 tahun itu sukses mempersembahkan berbagai gelar juara termasuk 3 trofi Liga Skotlandia dan 3 trofi Piala Skotlandia.

Ajer merupakan pemain serba bisa. Selain bek tengah, dirinya juga dapat ditempatkan sebagai bek kanan dan gelandang bertahan. Pada musim panas 2021, Ajer diboyong Brentford dengan biaya transfer 15,7 juta euro atau Rp269 miliar. Hingga kini, dirinya masih menjadi andalan The Bees di lini pertahanan.

5. Virgil van Dijk (Rp269 miliar) menjadi salah satu bek papan atas EPL saat ini

5 Pemain Termahal yang Dijual Celtic FC ke Klub Premier Leaguepotret Virgil van Dijk (instagram.com/virgilvandijk)

Para pencinta sepak bola pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok Virgil van Dijk. Pemain berkebangsaan Belanda ini menjadi salah satu bek papan atas EPL saat ini. Sebelum berkarier di Inggris, Van Dijk pernah merumput di Skotlandia bersama Celtic.

Pemain berusia 33 tahun tersebut memperkuat Celtic selama 2 musim. Dirinya mampu tampil solid di lini pertahanan The Bhoys. Van Dijk kemudian bergabung dengan Southampton pada musim panas 2015. Untuk mendatangkan Van Dijk, Southampton harus mengeluarkan 15,7 juta euro atau Rp269 miliar.

Para pemain di atas memiliki harga yang cukup tinggi saat dijual Celtic. Dari daftar tersebut, Matt O’Riley menjadi pemain terbaru yang bergabung dengan klub EPL. Para pecinta sepak bola tetunya menantikan kiprah O’Riley bersama klub barunya.

Baca Juga: Salah dan Van Dijk Sebut Liverpool Harusnya Sikat MU 6-0

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya