4 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Didatangkan Tottenham Hotspur

Micky van de Ven jadi yang teranyar

Sebagai salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia, English Premier League (EPL) dihuni pemain-pemain terbaik dari berbagai penjuru dunia. Untuk dapat bersaing di papan atas klasemen, para klub raksasa EPL banyak menggunakan jasa pemain asing. Salah satu klub EPL dengan jumlah pemain asing terbanyak adalah Tottenham Hotspur.

Pada bursa transfer musim panas 2023, mayoritas pemain yang didatangkan Tottenham Hotspur adalah pemain asing. Salah satunya Micky van de Ven. Ia menjadi pemain Belanda termahal yang pernah direkrut The Lilywhites.

Termasuk Micky van de Ven, inilah empat pemain Belanda termahal yang pernah didatangkan Tottenham Hotspur.

1. Micky van de Ven, bek muda yang bersinar bersama VfL Wolfsburg

4 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Didatangkan Tottenham Hotspurpotret Micky van de Ven (instagram.com/mickyvdven)

Untuk memperkokoh lini pertahanan, Tottenham Hotspur merekrut Micky van de Ven dari VfL Wolfsburg. Pemain 22 tahun itu ditebus dengan biaya 40 juta euro atau Rp666 miliar. Nilai transfer tersebut menjadikannya sebagai pemain Belanda termahal Tottenham.

Van de Ven mampu tampil apik saat berseragam Wolfsburg. Dirinya menjadi pilihan utama dengan mencatatkan 41 penampilan di semua kompetisi. Dalam seluruh laga tersebut, Van de Ven berhasil mencetak 1 gol dan 3 assist.

2. Steven Bergwijn kembali ke Belanda setelah gagal bersaing di Tottenham

4 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Didatangkan Tottenham Hotspurpotret Steven Bergwijn (tottenhamhotspur.com)

Steven Bergwijn merupakan pemain jebolan akademi PSV Eindhoven. Ia berhasil promosi ke skuad utama PSV pada musim panas 2015. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini mampu menunjukkan penampilan apik di lini depan dengan menorehkan 31 gol dan 41 assist dari 149 penampilan di semua ajang.

Performa apik Bergwijn bersama PSV Eindhoven membuat dirinya direkrut Tottenham pada musim dingin 2020. Untuk mendapatkan jasa sang pemain, Spurs rela mengeluarkan biaya 30 juta euro atau Rp499 miliar. Sayangnya, pemain 25 tahun itu gagal menjadi pilihan utama di skuad The Lilywhites. Pada musim panas 2022, Bergwijn meninggalkan Spurs dan kembali ke Eredivisie Belanda dengan bergabung bersama Ajax Amsterdam.

Baca Juga: Kalah Lawan Tottenham, Ten Hag Marah MU Gak Dapat Penalti

3. Vincent Janssen datang ke Spurs setelah menjadi top skor Eredivisie 2015/2016

4 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Didatangkan Tottenham Hotspurpotret Vincent Janssen (tottenhamhotspur.com)

Vincent Janssen sempat menjadi incaran klub-klub top Eropa berkat penampilan apiknya bersama AZ Alkmaar. Saat itu Janssen berhasil menorehkan 32 gol dari 49 pertandingan di semua ajang. Dirinya juga berhasil menyabet gelar top skor Eredivisie pada 2015/2016 dengan koleksi 27 gol.

Tottenham Hotspur menjadi klub yang berhasil mendapatkan tanda tangan Janssen. Pemain 29 tahun itu diboyong dengan mahar 22 juta euro atau sekitar Rp366 miliar. Namun, Janssen kesulitan untuk beradaptasi dengan permainan Spurs.

Penyerang berkaki dominan kiri itu hanya mampu mencetak 6 gol dari 42 penampilan. Tidak puas dengan performanya, Spurs akhirnya melepas Janssen ke Monterrey pada 2019. Sang pemain hanya dijual seharga 9 juta euro atau Rp149 miliar.

4. Rafael van der Vaart berhasil jadi andalan di lini tengah The Lilywhites

4 Pemain Belanda Termahal yang Pernah Didatangkan Tottenham Hotspurpotret Rafael van der Vaart (tottenhamhotspur.com)

Tottenham Hotspur merekrut Rafael van der Vaart dari Real Madrid pada musim panas 2010/2011. Dirinya ditebus dengan biaya 10,5 juta euro atau setara dengan Rp174 miliar. Tidak butuh waktu lama, Van der Vaart langsung jadi andalan di lini tengah The Lilywhites.

Ia berhasil tampil cemerlang bersama Spurs. Pada musim pertamanya, Van der Vaart mampu menjadi pemain tertajam Spurs di Premier League. Saat itu ia sukses mencetak 13 gol dari 28 pertandingan di Premier League.

Van der Vaart menghabiskan 2 musim memperkuat Tottenham Hotspur. Dalam kurun waktu tersebut, ia telah membukukan 28 gol dan 18 assist dalam 77 pertandingan. Pada musim panas 2012, Van der Vaart resmi meninggalkan Spurs dan melanjutkan kariernya bersama klub Bundesliga Jerman, Hamburg SV.

Nama-nama di atas merupakan pemain Belanda termahal yang pernah didatangkan Tottenham Hotspur. Dengan kualitas kompetisi dan pembinaan usia muda yang sangat baik, Belanda menjadi salah satu negara pencetak para pesepak bola hebat. Maka dari itu, tidak heran jika Tottenham Hotspur rela mengeluarkan biaya besar untuk merekrut pemain asal Belanda.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina Termahal yang Pernah Direkrut Tottenham Hotspur

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Twitter: @AdityaGPermana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya