5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merino

Nomor 23 digunakan pemain di berbagai posisi

Intinya Sih...

  • Mikel Merino diboyong Arsenal dengan harga 32 juta euro atau Rp545 miliar.
  • Albert Sambi Lokonga, David Luiz, Danny Welbeck, Nicklas Bendtner, dan Andrey Arshavin pernah memakai nomor punggung 23 untuk Arsenal sebelumnya.
  • Lokonga dipinjamkan ke klub LaLiga Spanyol Sevilla FC setelah kesulitan mendapatkan kesempatan bermain di Arsenal.

Mikel Merino merupakan rekrutan anyar Arsenal pada musim panas 2024. Demi memboyong pemain berusia 28 tahun itu, Arsenal rela mengeluarkan 32 juta euro atau Rp545 miliar. Merino diikat kontrak dengan durasi 4 tahun hingga 2028.

Kehadiran Merino tentu menjadi tambahan amunisi bagi skuad asuhan Mikel Arteta. Bersama Arsenal, Merino sendiri akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 23. Nomor punggung tersebut pernah dipakai sejumlah pemain top Arsenal.

Berikut lima pemain Arsenal terakhir yang mengenakan nomor punggung 23 sebelum Mikel Merino.

1. Albert Sambi Lokonga kesulitan mendapatkan menit bermain di Arsenal

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merinopotret Albert Sambi Lokonga (arsenal.com)

Sebelum diambil alih Mikel Merino, nomor punggung 23 Arsenal dipakai Albert Sambi Lokonga. Pemain asal Belgia itu didatangkan Arsenal pada musim panas 2021. Sejak musim debutnya, Lokonga langsung mengenakan nomor punggung 23.

Persaingan ketat di lini tengah The Gunners membuat Lokonga kesulitan mendapatkan kesempatan bermain. Dirinya sempat dipinjamkan Arsenal kepada Crystal Palace dan Luton Town. Pada musim panas 2024 ini, Lokonga kembali menjalani masa peminjaman. Saat ini, pemain berusia 24 tahun tersebut bermain untuk klub LaLiga Spanyol, Sevilla FC.

2. David Luiz hanya bermain untuk Arsenal selama 2 musim

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merinopotret David Luiz (instagram.com/davidluiz23)

Arsenal mendatangkan David Luiz pada musim panas 2019. Ia diboyong dari Chelsea dengan biaya transfer 8,7 juta euro atau Rp148 miliar. Kehadiran Luiz tentu diharapkan mampu menambah kekuatan di lini pertahanan The Gunners.

Karier Luiz bersama Arsenal berlangsung singkat. Pemain asal Brasil ini hanya membela Arsenal selama 2 musim. Pada periode tersebut, Luiz menggunakan nomor punggung 23. Setelah meninggalkan Arsenal, Luiz memutuskan kembali ke Brasil dengan bergabung ke Flamengo.

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Mikel Merino sebelum Arsenal

3. Danny Welbeck kerap mengalami masalah cedera

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merinopotret Danny Welbeck (arsenal.com)

Penampilan apik Danny Welbeck bersama Manchester United mampu menarik perhatian Arsenal. Welbeck kemudian bergabung dengan Arsenal pada musim panas 2014. Pemain asal Inggris itu diboyong dengan mahar 20 juta euro atau Rp340 miliar.

Selama bermain untuk Arsenal, Welbeck hanya menggunakan nomor punggung 23. Karier Welbeck bersama The Gunners tidak berjalan mulus. Hal ini disebabkan masalah cedera yang kerap ia alami. Bersama Arsenal, pemain berusia 33 tahun ini mencatatkan 126 penampilan dengan mengemas 32 gol dan 13 assist.

4. Nicklas Bendtner tidak mampu menunjukkan performa konsisten

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merinopotret Nicklas Bendtner (arsenal.com)

Nicklas Bendtner merupakan produk akademi Arsenal. Setelah promosi ke tim utama The Gunners, penyerang asal Denmark ini kerap berganti nomor punggung. Bendtner mengenakan nomor punggung 23 pada musim terakhirnya memperkuat Arsenal, yakni pada 2012/2013.

Bendtner tidak mampu menunjukkan penampilan konsisten bersama Arsenal. Dirinya sempat menjalani masa peminjaman ke klub lain, yakni Birmingham City, Sunderland, dan Juventus. Bersama Arsenal, Bendtner membukukan 47 gol dan 22 assist dari 171 penampilan di semua ajang.

5. Andrey Arshavin lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan

5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 23 sebelum Mikel Merinopotret Andrey Arshavin (arsenal.com)

Andrey Arshavin direkrut Arsenal dari Zenit Saint Petersburg pada Januari 2009. Pemain asal Rusia ini diboyong ke Emirates Stadium dengan biaya transfer 16,5 juta euro atau Rp281 miliar. Arshavin hanya menggunakan nomor punggung 23 selama bermain untuk The Gunners.

Bersama Arsenal, Arshavin lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan. Karier sang pemain sempat terganggu karena masalah cedera. Arshavin tampil dalam 144 pertandingan dengan mencetak 31 gol dan 45 assist selama membela Arsenal.

Para pemain di atas menjadi pemilik nomor punggung 23 Arsenal sebelum Mikel Merino. Kehadiran Merino tentu diharapkan mampu memberikan kontribusi positif bagi Arsenal. Menarik untuk menantikan kiprah sang pemain bersama The Gunners.

Baca Juga: 3 Kelebihan Mikel Merino yang Bikin Permainan Arsenal Makin Dahsyat!

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya