5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felix

Tidak banyak yang bertahan lama

Chelsea merupakan salah satu klub yang disegani di kancah English Premier League (EPL). Klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini telah mengoleksi lima gelar juara EPL. Namun, dalam 2 musim terakhir, mereka tidak mampu menunjukkan performa maksimal.

Pada 2024/2025 ini, The Blues berusaha untuk berbenah. Mereka mendatangkan beberapa pemain baru untuk menambah kekuatan tim. Salah satu pemain yang berhasil diboyong Chelsea adalah Joao Felix.

Pemain asal Portugal ini didatangkan dari raksasa Spanyol, FC Barcelona. Bersama Chelsea, Felix akan mengenakan jersey dengan nomor punggung 14. Nomor tersebut sebelumnya pernah digunakan oleh pemain Chelsea lainnya.

Berikut lima pemain terakhir yang menggunakan nomor punggung 14 sebelum Joao Felix

1. Trevoh Chalobah saat ini dipinjamkan ke Crystal Palace

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felixpotret Trevoh Chalobah (instagram.com/yungchalobah)

Trevoh Chalobah merupakan pengguna nomor 14 terakhir di Chelsea. Ia mulai menggunakan nomor tersebut sejak 2021/2022. Sebelumnya, pemain berkebangsaan Inggris tersebut pernah menggunakan jersey dengan nomor punggung 50.

Chalobah adalah salah satu pemain jebolan akademi Chelsea. Dirinya telah mencatatkan 80 penampilan bersama The Blues dengan kontribusi 5 gol dan 1 assist. Pada musim panas 2024, Chalobah dipinjamkan ke Crystal Palace. Pemain 25 tahun ini akan menjalani masa peminjaman selama semusim.

2. Fikayo Tomori sering dipinjamkan ke klub lain

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felixpotret Fikayo Tomori (chelseafc.com)

Fikayo Tomori berhasil menembus skuad utama Chelsea pada 2016. Minimnya kesempatan bermain membuat dirinya kerap dipinjamkan ke klub lain, seperti Brighton & Hove Albion, Hull City, Derby County, dan AC Milan. Hal tersebut menjadi alasan Tomori kerap berganti nomor punggung selama bermain untuk Chelsea.

Tomori mengenakan nomor punggung 14 saat musim terakhirnya berkostum The Blues, yakni pada 2020/2021. Pemain 26 tahun itu kemudian melanjutkan kariernya di Italia bersama AC Milan dengan status pinjaman. Berkat performa apik yang ia tunjukkan, Tomori dipermanenkan Rossoneri pada musim panas 2021 dengan biaya transfer 34,4 juta euro atau Rp587 miliar.

Baca Juga: Arus Gila Chelsea Pinjamkan Pemainnya

3. Tiemoue Bakayoko tidak mampu tampil maksimal bersama Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felixpotret Tiemoue Bakayoko (chelseafc.com)

Tiemoue Bakayoko bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2017. Ia didatangkan dari AS Monaco dengan biaya transfer 40 juta euro atau Rp683 miliar. Selama berkostum The Blues, pemain 30 tahun ini hanya menggunakan nomor punggung 14.

Bakayoko tidak mampu tampil maksimal bersama Chelsea. Pemain asal Prancis ini cukup sering dipinjamkan Chelsea ke klub lain, seperti AC Milan, AS Monaco, dan Napoli. Ia memutuskan hengkang ke FC Lorient setelah kontraknya bersama Chelsea habis pada musim panas 2023.

4. Ruben Loftus-Cheek sempat menjadi andalan di lini tengah The Blues

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felixpotret Ruben Loftus-Cheek (chelseafc.com)

Ruben Loftus-Cheek merupakan hasil binaan akademi Chelsea. Ia sempat menjadi pemain kunci di lini tengah The Blues. Selama membela Chelsea, Loftus-Cheek menggunakan tiga nomor berbeda, yakni 36,14, dan 12.

Pemain 28 tahun tersebut membukukan 155 penampilan bersama Chelsea dengan torehan 13 gol dan 17 assist. Ia juga mampu mengantarkan Chelsea meraih berbagai gelar juara termasuk 2 trofi EPL dan 1 trofi Liga Europa. Loftus-Cheek meninggalkan Stamford Bridge pada musim panas 2023. Sang pemain melanjutkan kariernya di Italia dengan bergabung bersama AC Milan.

5. Bertrand Traore kesulitan mendapatkan menit bermain bersama Chelsea

5 Pengguna Nomor Punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felixpotret Bertrand Traore (chelseafc.com)

Bertrand Traore mendapatkan kesempatan promosi di tim utama Chelsea pada 2015/2016. Periode tersebut menjadi satu-satunya musim bagi dirinya bermain di Chelsea. Traore yang saat itu menggunakan nomor punggung 14 mencatatkan 16 penampilan dengan kontribusi 4 gol dan 1 assist.

Persaingan ketat di lini depan The Blues membuat Traore kesulitan mendapatkan menit bermain. Dirinya sempat dipinjamkan Chelsea ke Vitesse dan Ajax Amsterdam. Pada musim panas 2017, pemain Burkina Faso itu ditebus Olympique Lyon dengan biaya transfer 10 juta euro atau Rp170 miliar.

Para pemain di atas menjadi pemilik nomor punggung 14 Chelsea sebelum Joao Felix. Kehadiran tentu diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi The Blues. Sejauh ini, pemain 24 tahun tersebut telah mencatatkan 3 penampilan dengan kontribusi 1 gol.

Baca Juga: 5 Pemain Bournemouth dari Chelsea sebelum Kepa

Aditya Gilang Permana Photo Verified Writer Aditya Gilang Permana

Chaos

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya