Persipura Jayapura Vs PS TIRA, Menghentikan Laju Tim Kuda Hitam

Kedua tim sama-sama belum pernah kalah...

Sabtu 7 April 2018, Stadion Mandala Jayapura, 13:30 WIB (Live Streaming Vidio.com)

Persipura akan melakoni laga kandang melawan sang tim penuh kejutan, PS TIRA. Meski sama-sama sedang dalam kondisi positif dan mentalitas tinggi, tim tuan rumah agaknya tak ingin memandang sebelah mata tamu mereka.

PS TIRA datang membawa bekal satu hasil imbang dan satu kemenangan dalam dua pekan terakhir.

Berkaca dari empat pertemuan terakhir mereka sejak tahun 2016, Boaz Solossadan kawan-kawan layak jumawa sebab berhasil menang tiga kali serta sekali kalah. Namun bisa saja hal mengejutkan malah terjadi di laga ini.

Apalagi performa tim yang saat ini bermarkas di kota Bantul tersebut sudah banyak berubah sejak dilatih Rudy Eka Priyambada.

1. Lini serang nan mematikan kembali menjadi andalan Persipura

Persipura Jayapura Vs PS TIRA, Menghentikan Laju Tim Kuda HitamInstagram.com/persipurapapua1963

Pelatih Persipura, Peter Butler, mengaku yakin bisa memperoleh hasil positif di depan pendukung setia Persipura. "Saya tidak fokus terbagi ke PS Tira. Fokus saya ke tim saya, dan saya rasa kami harus membentuk tim yang selalu menang. Saya selalu optimis," kata coach Peter dalam konferensi pers pra-pertandingan seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id.

Tim Mutara Hitam kembali akan mengandalkan trio Boaz Solossa, Marcel Sacramento dan Gunansar Mandowen di lini depan. Lini tengah berisi Ian Louis Kabes, Hilton Moreira dan Muhammad Tahir mengemban tugas menyeimbangkan permainan saat bertahan dan menyerang, tugas yang mereka lakukan dengan brilian pada pekan lalu.

2. Di sisi lain, baik Persipura maupun PS TIRA musim ini sama-sama mengandalkan pemain muda

Persipura Jayapura Vs PS TIRA, Menghentikan Laju Tim Kuda HitamInstagram.com/persipurapapua1963

Tercatat hanya hanya dua pemain inti dari tuan rumah yang harus absen pekan ini. Bek kanan Yustinus Pae harus menjalani skorsing satu laga setelah menerima kartu merah, dalam partai kontra Barito Putera pekan lalu. Sementara bek tengah Ricardo Salampessy harus menjalani proses pemulihan cedera.

Sebuah hal menarik jika menilik fakta bahwa kedua tim saat ini banyak mengandalkan pemain muda. Fakta tersebut jadi bahan pertimbangan tersendiri bagi pelatih PS TIRA, Rudy Eka Priyambada.

"Persipura banyak diisi pemain muda, dan punya ciri khas tersendiri. Tapi, kami harus siap dengan kondisi apapun saat bermain di kandang lawan," tutur coach Rudy dalam kesempatan yang sama.

3. Lini belakang PS TIRA dipastikan akan bekerja keras di laga ini

Persipura Jayapura Vs PS TIRA, Menghentikan Laju Tim Kuda HitamInstagram.com/pstni_official

Duet palang pintu The Young Warriors, Kim Sang-min dan Safri Al Irfandi, punya tugas berat yaitu meredam serangan-serangan tuan rumah. Manahari Lestusen dituntut bisa mengulangi performa apiknya pekan lalu saat melawan Madura United di mana pemain berusia 24 tahun itu sukses mematikan Greg Nwokolo dan Zah Rahan.

Gustavo Lopez di lini tengah diharap mampu mengalirkan umpan-umpan ke para penyerang. Winger Mariano Berriex patut diwaspadai. Sebab aksi-aksinya di sisi kanan lapangan bisa banyak merepotkan pertahanan. Sesuatu yang dilakukannya dengan cemerlang di pekan pertama.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim seperti dilansir oleh Liga-Indonesia.id :

Persipura (4-3-3)
(Kiper) Dede Sulaiman; (Belakang) Boas Atururi, Yohanis Tjoe, Abdoulaye Maiga, David Rumakiek; (Tengah) Ian Louis Kabes, Hilton Moreira, Muhammad Tahir; (Depan) Boaz Solossa, Marcel Sacramento, Gunansar Mandowen

PS TIRA (4-3-3)
(Kiper) Syahrul Fadillah; (Belakang) Ryan Wiradinata, Kim Sang-min, Safri Al Irfandi, Abduh Lestaluhu; (Tengah) Gustavo Lopez, Firmansyah, Manahati Lestusen; (Depan) Wawan Febriyanto, Aleksandar Rakic, Mariano Berriex.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya