Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguran

Cedera yang berkepanjangan dan menurunnya performa jadi salah satu sebabnya

Pernah menjadi bintang bahkan top scorer di liga besar Eropa tidak menjamin karir pemain-pemain sepakbola ini akan selamanya lancar. Cedera yang berlarut-larut serta merosotnya performa mereka menjadi penyebab belum ada klub yang tertarik untuk merekrut mereka kembali. Ini dia beberapa pesepakbola top yang kini nasibnya berubah 180 derajat menjadi pengangguran.

1. Jackson Martinez

Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguransportbible.com

Jackson Martinez mencapai puncak kejayaannya bersama FC Porto pada musim 2012/13 hingga 2014/15. Saat itu, penyerang asal Kolombia ini menjadi pencetak gol terbanyak Liga Utama Portugal dan berhasil membantu FC Porto menjadi Juara pada musim 2012/13.

Ketajamannya di depan gawang lawan ini membuat Atletico Madrid tertarik untuk meminangnya pada tahun 2015 dengan nilai transfer mencapai 35 juta Euro. Petualangan Jackson Martinez di Atletico Madrid hanya berusia satu musim disebabkan minimnya kesempatan bermain yang diberikan oleh pelatih Atletico Madrid saat itu.

Klub asal Tiongkok, Guangzhou Evergrande kemudian melihat kesempatan ini dan meminangnya dengan nilai transfer 42 juta Euro pada tahun 2016 untuk kemudian menjadi rekor transfer termahal klub Asia pada saat itu. Namun sungguh disayangkan, cedera berkepanjangan membuat dirinya tidak dapat memberikan banyak kontribusi bagi klub ini. 

Akhirnya pada bulan Februari 2018, dirinya secara resmi dilepas dari Guangzhou Evergrande setelah selama 18 bulan dirinya tak dapat bermain akibat cedera yang dialaminya.

2. Alex Song

Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguranhttps://www.mirror.co.uk/sport/football/former-arsenal-midfielder-alex-song-8541409

Nama Alex Song mulai dikenal semenjak membela Arsenal pada musim 2006/07. Pada saat itu Alex Song menjadi dirigen lapangan tengah Arsenal bersama dengan Cesc Fabregas.

Performanya yang gemilang bersama dengan klub asal london ini membuat Barcelona tertarik untuk meminangnya pada tahun 2012 dengan nilai transfer 15 juta Euro. Di klub barunya ini Alex Song berhasil meraih juara liga utama Spanyol pada musim pertamanya.

Namun cedera parah mulai menimpanya pada musim-musim selanjutnya dan membuat performanya tidak maksimal. Setelah pada musim 2014/15 dan 2015/16 dipinjamkan ke West Ham United, Barcelona akhirnya memutuskan untuk melepaskan dirinya secara cuma-cuma ke Rubin Kazan pada tahun 2016.

Di klub asal Rusia ini, Alex Song pun tidak mampu mengembalikan performanya dan menyebabkan dirinya kembali dilepaskan secara resmi pada Januari 2018

3. Anderson

Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguranhttp://www.skysports.com/football/news/11667/8852538/manchester-united-midfielder-anderson-admits-he-is-frustrated-at-his-inconsistent-form

Anderson sebenarnya memulai karirnya dengan cukup gemilang, di mana dirinya dipinang oleh Manchester United pada usia 19 tahun. Talentanya yang besar membuatnya dirinya diharapkan mampu menjadi penerus maestro lini tengah klub tersebut. Bersama Manchester United, Anderson tercatat mampu meraih 4 gelar Liga Utama Inggris dan 1 gelar Liga Champions.

Namun cedera berkepanjangan mulai menimpa dirinya pada musim-musim selanjutnya. Performanya terus menurun dan akhirnya dirinya dilepas secara cuma-cuma ke klub asal Brasil, Internacional.

Bersama klub ini, Anderson berusaha untuk kembali ke performa terbaiknya. Namun setelah 2 musim mengabdi, Internacional merasa kontribusi Anderson terhadap klub tidak cukup baik. Akhirnya pada Januari 2018, Anderson secara resmi dilepaskan kembali.

4. Samir Nasri

Pernah Jadi Bintang, 4 Pesepakbola Ini Kini Menjadi Pengangguranhttp://www.skysports.com/football/news/11679/9194477/manchester-city-midfielder-samir-nasri-keen-to-make-frances-world-cup-squad

Samir Nasri memutuskan untuk mengakhiri kontraknya bersama Antalyaspor pada 31 Januari 2018. Padahal, Samir Nasri tercatat baru 6 bulan membela klub asal Turki tersebut.

Sebelum bergabung dengan Antalyaspor, Samir Nasri tercatat sebagai pemain Manchester City, dimana Samir Nasri mencapai puncak karirnya disini. Bersama klub raksasa asal Manchester ini, dirinya mampu menjadi juara Premier League, Community Shield, dan Piala Liga Inggris.

Kabar terakhir yang didapatkan, Samir Nasri terjerat hukuman 6 bulan larangan bermain dari UEFA akibat pelanggaran dirinya terhadap penggunaan obat-obatan terlarang. Hal ini tentu akan semakin mengurangi minat klub-klub Eropa untuk kembali menggunakan jasanya.

Itu dia beberapa pemain bintang yang kini belum punya kesempatan untuk merumput lagi. Nasib memang tak bisa ditebak, ya?

Yosua Sinaga Photo Writer Yosua Sinaga

Tukang Nulis, Tukang Foto, Tukang Becanda, tapi bukan Tukang Siomay. Love everything about sports and Business.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya