Apa itu Squat Thrust? Ini Manfaat dan Cara Melakukannya

Bisa ditambah dumbbell

Ada banyak latihan gerakan fisik yang punya banyak manfaat bagi kebugaran tubuh tanpa harus keluar rumah. Salah satunya adalah squat thrust.

Squat thrust adalah gerakan fisik sederhana yang memiliki banyak manfaat untuk kebugaran tubuh dan bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan alat sekalipun. Ada beberapa manfaat jika rutin melakukan squat thrust dengan cara yang benar.

Mulai dari membakar lemak sampai menguatkan paha belakang. Selain itu, ketahui pula cara melakukan squat thrust dan beberapa variasi gerakannya agar olahragamu makin optimal.

1. Pengertian squat thrust

Apa itu Squat Thrust? Ini Manfaat dan Cara MelakukannyaIlustrasi gerakan push up dengan dumbbell (me.popsugar.com)

Squat thrust adalah gerakan latihan tubuh bagian bawah dengan cara jongkok. Squat thrust diklaim merupakan latihan yang efektif, bisa dimodifikasi dan divariasikan, serta simpel karena tidak membutuhkan peralatan.

Pada dasarnya, squat thrust berfungsi menambah kekuatan dan daya tahan otot, serta melatih agar bisa beraktivitas dengan detak jantung yang lebih tinggi.

Meski latihan ini tidak membakar lebih banyak kalori, tapi squat thrust bisa meningkatkan konsumsi oksigen pasca latihan berlebih. Hal ini mampu membantu seseorang membakar kalori meski sudah berhenti berolahraga.

2. Manfaat squat thrust

Apa itu Squat Thrust? Ini Manfaat dan Cara Melakukannyailustrasi push-up (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seperti gerakan olahraga pada umumnya, squat thrust juga memiliki beberapa manfaat bagi tubuh seseorang jika dilakukan secara rutin dan benar. Beberapa manfaat squat thrust adalah sebagai berikut:

1. Membakar lemak dan mengencangkan tubuh

Squat thrust bermanfaat untuk membakar lemak dan mengencangkan tubuh dengan gerakan-gerakan yang berfokus pada perut, paha belakang, paha depan, trisep, dada, dan bahu.

Jika rutin dan benar melakukan squat thrust, maka hasilnya akan terlihat pada bagian paha belakang, paha depan, dan pinggul.

2. Terhindar dari cedera saat berolahraga

Squat thrust bermanfaat mengurangi risiko cedera saat berolahraga. Latihan ini juga akan memasukkan elemen kardio ke dalamnya.

3. Meningkatkan mobilitas pinggul

Gerakan squat thrust juga bisa melatih pinggul agar lebih fleksibel. Latihan ini bisa mencegah rasa sakit dan nyari, termasuk nyeri punggung bawah dan masalah lutut.

4. Menjaga kekuatan paha belakang

Squat thrust dapat melatih kekuatan paha bagian belakang karena bisa memberikan stabilitas lutut. Latihan ini bisa melatih kedua otot untuk membantu menyeimbangkan tubuh secara baik.

3. Cara melakukan squat thrust

Apa itu Squat Thrust? Ini Manfaat dan Cara MelakukannyaIlustrasi gerakan squat thrust (gympion.com)

Squat thrust adalah gerakan latihan yang tidak membutuhkan peralatan khusus. Gerakan ini juga bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan orang lain. Berikut cara melakukan squat thrust:

  1. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan lengan di samping.
  2. Turunkan kedua tangan ke lantai sejajar dengan bahu. Posisi tubuh setengah jongkok.
  3. Luruskan kaki seperti posisi kaki saat push up.
  4. Kemudian lompat dan langkahkan kedua kaki ke depan, sehingga kembali ke posisi sebelumnya (kaki setengah jongkok).
  5. Kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan tadi beberapa kali dengan cepat.

Baca Juga: 7 Manfaat Squat Jump yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

4. Variasi squat thrust

Apa itu Squat Thrust? Ini Manfaat dan Cara Melakukannyailustrasi gerakan pull-up (pexels.com/Ron Lach)

Squat thrust juga bisa dilakukan dengan beberapa tambahan variasi gerakan. Berikut beberapa variasi squat thrust yang bisa kamu coba:

  1. Tambahkan gerakan high jump, yaitu dilakukan setelah selesai satu gerakan squat thrust dan kembali ke posisi berdiri. Kemudian tambahkan gerakan melompat dengan kedua tangan ke atas.
  2. Tambahkan pull up, yaitu sama seperti variasi gerakan high jump yang ditambahkan setelah kembali ke posisi berdiri.
  3. Tambahkan dumbbell, yaitu diarahkan ke dada saat posisi berdiri setelah melakukan satu gerakan squat thrust.

Squat thrust adalah latihan gerakan otot hampir seluruh tubuh yang bisa melatih otot tangan, perut, jantung, dan otot inti. Lakukan gerakan ini secara rutin dan jika perlu, tambahkan variasi gerakan agar lebih terasa manfaatnya.

Baca Juga: 7 Variasi Squat untuk Mengencangkan Pantat, Raih Bodygoals

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya