Profil Wilda Siti Nurfadhilah, Bela Jakarta BIN di Proliga 2024

Punya segudang prestasi

Wilda Siti Nurfadhilah merupakan pemain voli Indonesia berprestasi asal Bandung. Namanya mulai mendapat sorotan dunia setelah menjadi atlet voli berhijab pertama di ajang SEA Games.

Wilda mendapat banyak pujian dari berbagai pihak karena menggalakkan kembali penggunaan hijab bagi atlet voli perempuan di Indonesia maupun dunia. Wilda juga menyimpan segudang prestasi bersama klub-klub yang pernah dibelanya, seperti juara Proliga dan beberapa penghargaan individu.

Kini, Wilda diketahui membela klub Jakarta BIN bersama dengan Megawati Hangestri. Seperti apa sosok dan perjalanan karier Wilda Siti Nurfadhilah sebagai atlet voli profesional? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Profil dan biodata Wilda Nurfadhilah

Profil Wilda Siti Nurfadhilah, Bela Jakarta BIN di Proliga 2024Wilda Nurfadhilah, atlet voli Indonesia yang memiliki segudang prestasi dan menjadi pevoli berhijab Indonesia pertama di SEA Games (instagram.com/wildanurfadhilahh)

Bernama lengkap Wilda Siti Nurfadhilah Sugandi, atlet voli kelahiran Bandung pada 7 Februari 1995 ini sudah mengenal olahraga voli sejak kecil. Wilda lahir dari ayah bernama Ugan Sugandi dan ibu Wiwi Lestiani. Wilda memiliki satu kakak perempuan dan satu adik laki-laki.

Atlet yang akrab disapa "Teh Kiwil" ini mulai mengenal voli saat berusia 9 tahun, tepatnya di kelas 5 SD. Namun, saat itu ia belum terlalu serius menggelutinya. Ibunya bisa dibilang berperan besar dalam kesuksesan Wilda saat ini karena sudah mengenalkan voli dengan memasukkan Wilda ke klub Alko Bandung ketika itu.

Kini, Wilda Nurfadhilah menjadi salah satu blocker terbaik yang dimiliki timnas voli putri Indonesia. Namun, ia juga pernah menjadi quicker saat bermain untuk timnas.

Pendidikan

Wilda merupakan lulusan S1 Manajemen Ekonomi Universitas Bandung Raya. Kemudian ia melanjutkan kuliah S2 Magister Pendidikan Jasmani di STKIP Pasundan dan lulus pada Juni 2022.

Bisnis pakaian olahraga

Selain sebagai atlet voli profesional, Wilda juga memiliki bisnis pakaian olahraga perempuan yang ia beri nama fadhilahijab17. Tidak hanya menjual hijab, tokonya juga manset, celana legging, hingga mukena.

Selain itu, Wilda juga menjadi bagian dalam usaha fisioterapi bernama Bebas Cedera Management.

Menikah dengan sesama atlet voli nasional

Pada 14 Oktober 2023, Wilda mantap menikah dengan Doni Haryono, sesama atlet voli nasional. Keduanya menggelar pernikahan di Cimahi. Kini, Wilda dan Doni membela klub yang sama. Wilda membela klub Jakarta BIN, sementara Doni memperkuat Jakarta STIN BIN. 

2. Perjalanan karier voli

Profil Wilda Siti Nurfadhilah, Bela Jakarta BIN di Proliga 2024Wilda Nurfadhilah, atlet voli Indonesia yang memiliki segudang prestasi dan menjadi pevoli berhijab Indonesia pertama di SEA Games (instagram.com/wildanurfadhilahh)

Wilda Siti Nurfadhilah melakukan debut voli di kompetisi profesional pada tahun 2010 saat bermain untuk Alko Bandung. Sedangkan karier bersama timnas senior Indonesia dimulai sejak tahun 2011. Wilda berhasil menyumbangkan berbagai prestasi untuk Indonesia, termasuk medali perunggu saat SEA Games 2019.

Kemudian Wilda sempat membela beberapa klub, seperti Manokwari Valeria Papua Barat, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta PGN Popsivo, Bandung BJB Tandamata, dan saat ini Jakarta BIN. Wilda menjadi salah satu pemain penting di Bandung BJB Tandamata karena berhasil membawa timnya menjuarai Proliga 2022 dan 2023.

Berikut beberapa klub yang pernah dibela Wilda Nurfadhilah sepanjang karier profesionalnya:

  • Jakarta Elektrik PLN (2015-2017)
  • Bandung BJB Pakuan (2018-2019)
  • Jakarta PGN Popsivo Polwan (2022)
  • Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia (2022)
  • Bandung BJB Tandamata (2023)
  • Jakarta BIN (2024-sekarang)

Baca Juga: Profil Marina Markova, Bintang Muda Jakarta Elektrik PLN

3. Prestasi dan penghargaan

Profil Wilda Siti Nurfadhilah, Bela Jakarta BIN di Proliga 2024Wilda Nurfadhilah, atlet voli Indonesia yang memiliki segudang prestasi dan menjadi pevoli berhijab Indonesia pertama di SEA Games (instagram.com/wildanurfadhilahh)

Segudang prestasi dan penghargaan telah diraih oleh atlet yang berposisi sebagai middle blocker ini. Wilda pernah meraih penghargaan Best Blocker pada Proliga Putri 2015, 2016, dan 2022. Lalu, penghargaan Best Middle Blocker pada Piala VTV 2017 dan Best Spiker pada Proliga Putri 2019.

Selain itu, berikut prestasi dan penghargaan Wilda Siti Nurfadhilah sebagai atlet voli profesional:

  • Juara Kompetisi IVOBA Senior 2010
  • Juara Kejurda Antar Klub 2010
  • Juara Kejurnas Antar Klub 2010
  • Juara PORPROV Jawa Barat 2010
  • Runner Up Women's Youth Asian Championship 2010
  • Runner Up Voliproliga 2013 (Valeria Papua Barat)
  • Runner Up Voliproliga 2014 (Valeria Papua Barat)
  • Juara Proliga 2015 (Jakarta Elektrik PLN)
  • Juara LIVOLI 2015 ( Alko Elektrik Bandung)
  • Juara Proliga 2016 (Jakarta Elektrik PLN)
  • Medali Perunggu bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2019
  • Juara Proliga 2022 (Bandung BJB Tandamata)

4. Pemain voli berhijab pertama di SEA Games

Profil Wilda Siti Nurfadhilah, Bela Jakarta BIN di Proliga 2024Wilda Nurfadhilah (instagram.com/wildanurfadhilahh)

Wilda Siti Nurfadhilah mendapat sorotan dunia setelah disebut-sebut menjadi atlet voli Indonesia berhijab pertama sepanjang sejarah SEA Games. Wilda dianggap menjadi salah satu jalan pembuka kembali untuk menormalisasi penggunaan hijab bagi atlet voli putri.

Namun, ia mengaku bukan yang pertama di Indonesia. Sebelumnya ada dua temannya yang sudah berhijab, tapi tidak begitu dikenal banyak orang karena tidak masuk nasional.

Wilda sendiri baru memutuskan menggunakan hijab setelah PON 2016 dan debut berhijab pada Pelatnas 2017. Ia mengaku sempat berencana mundur jika federasi voli internasional tidak memperbolehkan penggunaan hijab. Sebab saat itu belum ada aturan tentang pemakaian jilbab bagi pevoli perempuan.

Di kancah voli internasional, Wilda juga bukan yang pertama. Sebelumnya, ada atlet voli asal Mesir, Doaa Elghobashy yang lebih dulu memakai hijab saat bertanding.

Demikian tadi profil lengkap Wilda Siti Nurfadhilah beserta perjalanan karier dan segudang prestasi serta penghargaan yang sudah diraihnya selama berkarier. Sangat menginspirasi, ya!

Baca Juga: Profil Irina Voronkova, Pemain Popsivo Top Skor Proliga 2024

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya