Profil Vanja Bukilic, Duet Megawati di Red Sparks Asal Serbia

Sebelumnya jadi rival di Liga Voli Korea

Vanja Bukilic belakangan ini menyita perhatian pencinta voli Korea. Bukilic resmi bergabung dengan Daejeon JungKwangJang Red Sparks pada Liga Voli Korea 2024/2025 sebagai opposite.

Bukilic akan menjadi duet dari pevoli Indonesia di Red Sparks, Megawati Hangestri Pertiwi. Padahal pada musim lalu, Bukilic tampil bersama Gimcheon Hi-Pass dan menjadi rival Megawati.

Dengan bergabungnya Bukilic, tentu menjadi kekuatan tambahan bagi Red Sparks. Berikut profil Vanja Bukilic dan perjalanan kariernya di dunia voli.

1. Profil Vanja Bukilic

Profil Vanja Bukilic, Duet Megawati di Red Sparks Asal SerbiaVanja Bukilic, pemain voli asal Serbia yang menjadi duet Megawati Hangestri Pertiwi di Red Sparks (instagram.com/vanja_bukilic)

Vanja Bukilic merupakan pemain voli asal Serbia yang lahir pada 13 Juni 1999. Memiliki tinggi 198 cm, Bukilic dikenal merupakan pemain yang berposisi sebagai opposite hitter.

Bukilic pernah membela beberapa klub Serbia, Amerika Serikat, hingga Korea Selatan. Terbaru, dia bergabung ke Red Sparks menggantikan Giovanna Milana untuk musim 2024/2025. Di Red Sparks, dia akan menjadi tandem Megawati Hangestri dan Pyo Seung-ju.

Pada musim sebelumnya, Vanja Bukilic membela Gimcheon Korea Expressway Hi-Pass dan menjadi top skor Liga Voli Korea musim 2023/2024.

2. Perjalanan karier Vanja Bukilic

Profil Vanja Bukilic, Duet Megawati di Red Sparks Asal SerbiaMegawati Hangestri Pertiwi dan Vanja Bukilic, duo opposite Red Sparks (instagram.com/red__sparks)

Vanja Bukilic mengawali karier volinya di Serbia pada musim 2014/2015 dengan bermain untuk tim Crvena Zvezda. Bahkan, dia sukses meraih gelar juara Serbian Superleague di musim pertamanya.

Namun, dia belum banyak mendapatkan menit bermain di tiga musim awal bersama Crvena Zvezda. Baru pada musim 2017/18, Bukilic menjadi pemain reguler sebagai outside hitter.

Kemudian, Bukilic melanjutkan pendidikan tingginya di Amerika Serikat sambil melanjutkan karier volinya. Dia bergabung dengan tim voli Ohio State University yang berkompetisi di Liga Mahasiswa (NCAA) hingga 2022. Dia berhasil membantu timnya masuk 10 besar NCAA 2021/22.

Pada 2022, Bukilic pindah ke North Carolina State University dan menjalani musim terakhir di Amerika Serikat karena sudah menyelesaikan pendidikannya.

Setelah itu, Bukilic lantas melanjutkan karier volinya ke Korea Selatan. Pada musim 2023/2024, dia bergabung dengan tim Gimcheon Hi-Pass untuk mengisi kuota pemain asing.

Bukilic tampil cemerlang dengan menjadi pencetak skor terbanyak kedua setelah Gysella Silva, pemain GS Caltex. Bukilic mencatatkan 898 poin dari 34 laga pada musim reguler.

Pada KOVO V-League atau Liga Voli Korea musim 2024/2025, Vanja Bukilic resmi diumumkan sebagai pemain baru Red Sparks. Bukilic menggantikan Giovanna Milana yang pulang ke Amerika Serikat.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Red Sparks 2024/2025, Ada Megawati Hangestri

3. Prestasi Vanja Bukilic

Profil Vanja Bukilic, Duet Megawati di Red Sparks Asal SerbiaVanja Bukilic, pemain voli asal Serbia yang menjadi duet Megawati Hangestri Pertiwi di Red Sparks (instagram.com/vanja_bukilic)

Selama kariernya, Vanja Bukilic telah menorehkan beberapa prestasi untuk klubnya. Berikut daftar prestasi Vanja Bukilic sepanjang karier:

  • Big Ten Conference NCAA 2021/22
  • Runner Up Serbian Superleague 2017/18
  • Runner Up Serbian Cup 2017/18
  • Third Place Serbian Cup 2015/16 dan 2014/15
  • Third Place Serbian Superleague 2014/15
  • Serbian Super Cup 2014/15
  • Timnas Serbia: European Championship U-19 2016
  • Timnas Serbia: European Youth Olympic Festival 2015

Itulah profil Vanja Bukilic, pemain voli asal Serbia yang kini memperkuat tim voli Korea, Red Sparks bersama Megawati Hangestri. Kita nantikan aksi keduanya di Liga Voli Korea 2024/2025!

Baca Juga: Jadwal Lengkap KOVO Cup 2024, Ada Red Sparks dan Megawati

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya