Profil Sean Gelael, Pembalap Mobil Cucu Pendiri KFC Indonesia

Juara 2 balapan 24 Hours Le Mans 2024

Pembalap asal Indonesia, Sean Gelael belum lama ini meraih juara dua bersama Team WRT 31 di 24 Hours of Le Mans 2024. Sean dan tim mengikuti balapan di kelas LMGT3 FIA WEC 2024 di Circuit de la Sharte, Prancis yang dimulai Sabtu (15/6/2024) lalu.

Untuk diketahui, 24 Hours of Le Mans adalah balapan ketahanan mobil selama 24 jam yang diikuti oleh tim yang berisi tiga orang. Setiap pembalap akan bergantian dengan minimal waktu biasanya enam jam menyetir. Sean Gelael sendiri masuk menggantikan rekannya, Darren Leung dan melesat dari posisi 11 ke 5.

Berikut profil Sean Gelael dan perjalanan kariernya di dunia balap yang menarik diketahui.

1. Profil Sean Gelael

Profil Sean Gelael, Pembalap Mobil Cucu Pendiri KFC IndonesiaSean Gelael, pembalap mobil berprestasi asal Indonesia (instagram.com/gelaelized)

Muhammad Sean Ricardo Gelael merupakan pembalap yang lahir pada 1 November 1996. Sean Gelael merupakan anak dari pasangan pemilik KFC Indonesia, Ricardo Gelael dan aktris senior, Rini S. Bono. Sean juga cucu dari pendiri KFC Indonesia, Dick Gelael.

Perkenalan Sean dengan dunia balap pertama kali berawal dari sang ayah yang juga merupakan seorang pembalap. Ricardo Gelael merupakan pembalap yang aktif dalam kejuaraan reli, yaitu WRC Indonesia pada 1996-1997 di Sumatra Utara.

2. Tertarik dengan dunia balap sejak kecil

Profil Sean Gelael, Pembalap Mobil Cucu Pendiri KFC IndonesiaSean Gelael, pembalap mobil berprestasi asal Indonesia (instagram.com/gelaelized)

Sean Gelael sudah tertarik dengan dunia balap sejak kecil. Dia kerap menemani ayahnya yang saat itu masih aktif menjadi pembalap. Bahkan, dia juga sempat menjadi navigator bagi ayahnya.

Pada 2005, Sean pertama kali menjadi navigator bagi ayahnya di turnamen Reli Sprint. Saat itu, dia masih berusia delapan tahun.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2024 dan Daftar Pembalapnya, Ada 22 Seri

3. Perjalanan karier Sean Gelael

Profil Sean Gelael, Pembalap Mobil Cucu Pendiri KFC IndonesiaSean Gelael, pembalap mobil berprestasi asal Indonesia (instagram.com/gelaelized)

Sean Gelael memulai karier balapannya dengan balapan di kejuaraan Gokart pada musim 2009 di kelas Rotax Max Junior. Pada 2010, Sean baru bermain penuh di Gokart dan tahun berikutnya ia menjadi pembalap Indonesia yang balapan di Gokart Internasional.

Pada 2013, Sean pindah ke Eropa dan bermain di ajang F3 Eropa selama dua tahun. Lalu, pada 2015, dia melanjutkan kariernya dengan balapan di World Series by Renault.

Sean juga pernah bermain di balapan GP2 Series (Berganti nama jadi FIA Formula 2 pada 2017) dan Asian Le Mans Series selama setengah musim. Pada 2016, Sean juga tampil di GP2 Series bersama tim Campos Racing bersama rekan satu timnya, MItch Evans.

Lalu, Sean juga pernah tampil sebagai pembalap kelas LMP2 di European Le Mans Series bersama SMP Racing dan World Endurance Championship bersama tim Extreme Speed Motorsports.

Pada 2017, Sean memutuskan pindah ke tim Pertamina Arden. Dia terpilih menjadi pembalap tes di tim F1 Scuderia Toro Rosso. Dia juga sempat tampil di Bahrain dan Hungaria.

Pada 2018, Sean pindah ke tim Prema Racing bersama rekannya, Nyck de Vries. Saat itu, dia meraih juara dua di ajang Monaco Feature Race. Dua tahun kemudian, Sean kembali pindah ke tim DAMS bersama rekannya, Dan Ticktum.

Pada April 2024, Sean bersama timnya (Augusto Farfus dan Darren Leung) berhasil menjadi juara dalam balapan 6 Hours of Imola kelas LMGT3, yaitu seri kedua dari FIA World Endurance Championship (WEC) 2024. di Sirkuit Imola, Italia. Bahkan, mereka mengalahkan tim lain yang diperkuat Maxime Martin, Ahmad Al Harthy, dan Valentino Rossi.

4. Prestasi Sean Gelael

Profil Sean Gelael, Pembalap Mobil Cucu Pendiri KFC IndonesiaPembalap nasional, Sean Gelael, berhasil finis di posisi dua pada Race of 24 Hours Le Mans di Circuit de la Sharte, Prancis, Sabtu hingga Minggu waktu setempat dengan dukungan Pertamax Turbo (Dok. Pertamina)

Selama berkarier di dunia balap, Sean Gelael telah meraih beberapa prestasi dan penghargaan. Berikut beberapa prestasi Sean Gelael:

  • 3rd Place Second Race at British Formula 3 Championship (2013)
  • Runner Up GP2 Series (FIA Formula 2 Championship) (2016)
  • 3rd Place European Le Mans Series Endurance Racing (2021)
  • Runner Up FIA World Endurance Championship (2021)
  • 3rd Place Endurance Racing 6 Hours of Spa Francorchamps (2022)
  • 1st Place Endurance Racing 6 Hours of Imola FIA WEC (2024)
  • 2nd Place 24 Hours of Le Mans (2024)

Nah, demikianlah profil Sean Gelael, pembalap Indonesia yang menorehkan berbagai prestasi internasional di dunia balap.

Baca Juga: Sukses di Le Mans, Sean Gelael Tatap Podium di Brasil

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya