Profil Hangzhou, Kota Kuno di China Tuan Rumah Asian Games 2022

Tempat kelahiran tokoh terkemuka China, Jack Ma

Ajang multi olahraga empat tahunan Asian Games 2022 akan dihelat pada 23 September sampai 8 Oktober 2023 di Hangzhou, China setelah tertunda setahun karena pandemi COVID-19. Hangzhou menjadi kota ketiga di China sebagai tuan rumah Asian Games, setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.

Ibu kota Zhejiang, China ini terletak di antara Shanghai dan Ningbo. Menariknya, Hangzhou punya beberapa predikat yang melekat pada namanya. Salah satu kota termakmur di China ini dikenal sebagai salah satu kota kuno yang menyimpan sejarah peradaban China sejak ribuan tahun lalu.

Tak hanya itu, kota ini juga jadi salah satu pusat keuangan dan industri teknologi informasi dunia. Tokoh terkemuka China, Jack Ma bahkan lahir dan mendirikan markas Alibaba Group di kota berpenduduk lebih dari 13 juta jiwa ini. Seperti apa profil dan fakta menarik tentang kota ini? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kota kuno yang bersejarah

Profil Hangzhou, Kota Kuno di China Tuan Rumah Asian Games 2022ilustrasi Kota Hangzhou (unsplash.com/David Veksler)

Kota Hangzhou memiliki sejarah panjang lebih dari 2200 tahun lalu sejak Dinasti Qin. Kota ini dulunya merupakan ibu kota kerajaan Wuyue dari tahun 907-978, lalu sempat menjadi ibu kota Dinasti Song Selatan pada 1132. Tak heran kalau Hangzhou menjadi salah satu kota yang bersejarah di China.

Penjelajah ternama Eropa, Marco Polo juga pernah mengunjungi Hangzhou pada abad ke-13. Bahkan, ia menyebut Hangzhou sebagai 'kota surga'. Ia juga terkesan dengan kemegahan budaya dan teknologi di China, terutama Hangzhou. Kota ini digambarkan Marco Polo dalam bukunya berjudul Il Milione atau Perjalanan Marco Polo dalam bahasa Inggris.

Uniknya, kedatangan Marco Polo sebagai orang barat pertama yang datang ke Hangzhou diabadikan dalam patung Marco Polo yang terletak di dekat Danau Barat.

2. Penghasil sutra dan teh terbaik di China

Profil Hangzhou, Kota Kuno di China Tuan Rumah Asian Games 2022Hangzhou menjadi penghasil sutra terbaik di China (hangzhouprivatetour.com)

Tak hanya punya sejarah panjang, Hangzhou juga dikenal sebagai pusat penghasil sutra di China. Sutra di Hangzhou memiliki keistimewaan karena sangat lembut, mewah, dan berkualitas. Tidak heran kalau sutra menjadi salah satu oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke Hangzhou.

Selain itu, Hangzhou juga dikenal sebagai 'ibu kota teh China' karena menjadi daerah penghasil teh longjing atau dragon well. Teh longjing merupakan salah satu teh hijau paling terkenal di China. Kota ini telah menjadi pusat produksi teh di China sejak zaman dulu.

Baca Juga: 7 Kuliner Paling Lezat Khas Hangzhou, Tuan Rumah Asian Games 2022 

3. Pusat perkembangan ekonomi dan teknologi

Profil Hangzhou, Kota Kuno di China Tuan Rumah Asian Games 2022Perusahaan asal Tiongkok, Alibaba. (Twitter.com/globaltimesnews)

Hangzhou memang dikenal memiliki sejarah dan budaya yang panjang. Namun, Hangzhou di era modern menjelma menjadi pusat ekonomi dan teknologi terkemuka dunia.

Indeks Pusat Keuangan Global menyebut Hangzhou menjadi salah satu dari seratus pusat keuangan dunia. Pada 2020, Nature Index juga menempatkan Hangzhou di urutan ke-26 sebagai kota di dunia yang terbaik untuk melakukan penelitian ilmiah.

Kota dengan pendapatan per kapita sebesar 21 ribu dolar AS pada 2018 ini bahkan memiliki Kawasan Pengembangan Ekonomi dan Teknologi yang didirikan pada 1993. Kawasan ini memiliki luas sekitar 104,7 km persegi yang ditujukan sebagai markas bagi berbagai sektor industri, seperti informasi elektronik, manufaktur, biologi, pengolahan makanan, hingga peralatan rumah tangga.

Pada 2013, kawasan ini diisi oleh lebih dari 1100 software developer dan business process outsourcing. Perusahaan telekomunikasi seperti Nokia, Siemens, dan Motorola mendirikan markas khusus research and development (R&D) di sini.

Bukan hanya itu, pebisnis cum konglomerat asal China, Jack Ma juga lahir dan mendirikan markas Alibaba Group di kota ini. Alibaba Group merupakan portal business-to-business online terbesar di dunia. Tidak salah kalau banyak pihak yang menyebut kawasan ini sebagai 'Silicon Valley'-nya China.

Baca Juga: Pesona Wisata Kota Hangzhou di China, Tuan Rumah Asian Games 2022

4. Jadi venue Asian Games 2022

Profil Hangzhou, Kota Kuno di China Tuan Rumah Asian Games 2022Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium (hangzhou2022.cn/En)

Kota Hangzhou diumumkan sebagai tuan rumah Asian Games 2022 pada penutupan Asian Games 2018 di Jakarta. Sejak saat itu, Hangzhou mulai berbenah dan menyiapkan segala fasilitas untuk gelaran ini.

Pada November 2021, Pejabat Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Raja Randhir Singh bahkan mengatakan persiapan Asian Games 2022 sudah berjalan tanpa hambatan. Namun, pandemi COVID-19 yang masih menyebar di berbagai belahan dunia termasuk Asia memaksa ajang empat tahunan ini batal digelar pada 2022.

Akhirnya, Asian Games 2022 Hangzhou akan diadakan pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Pembukaannya pun akan digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre Stadium, stadion dengan desain arsitektur berbentuk bunga teratai yang mampu menampung hingga 80 ribu penonton.

Nah, itulah tadi profil kota Hangzhou, salah satu kota tertua di China yang akan menjadi venue Asian Games 2022.

Baca Juga: Profil Stadion Lotus Hangzhou, Lokasi Pembukaan Asian Games 2022

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya