Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi Caleg

Calon DPR RI Dapil Sulsel 2 dari Partai Gerindra

Nama Andi Jerni belakangan ramai diperbincangkan di media sosial. Andi Jerni merupakan atlet karate muda asal Sulawesi Selatan yang memiliki segudang prestasi di berbagai kejuaraan level nasional maupun internasional.

Atlet bernama lengkap Andi Mesyara Jerni Maswara ini diketahui juga mendaftarkan diri sebagai calon legislatif di DPR RI Dapil Sulsel 2 melalui Partai Gerindra. Dia mulai memperkenalkan diri di akun Instagram pribadinya @andijerni. Berikut profil dan prestasi Andi Jerni yang menarik untuk diulik.

1. Profil Andi Mesyara Jerni Maswara

Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi CalegAndi Jerni, atlet karate asal Sulsel yang pernah mewakili Indonesia di kejuaraan dunia, memilih terjun ke dunia politik. (Instagram/andijerni)

Andi Mesyara Jerni Maswara merupakan atlet karate asal Sulawesi Selatan yang lahir pada 23 September 1999. Andi Jerni merupakan lulusan SMAN 1 Makassar dan melanjutkan pendidikan di Binus University. Dia lulus dengan gelar sarjana ilmu komunikasi pada 2022.

Selama kuliah, Andi Jerni sudah mengikuti sejumlah kejuaraan karate yang membawa namanya menjadi juara. Di samping sibuk sebagai atlet, Andi Jerni juga pernah magang sebagai News Reporter di TVR Parlemen DPR RI pada September 2021.

Sejumlah prestasi dan medali sudah dia sumbangkan untuk Indonesia. Andi Jerni pernah menjadi salah satu wakil Indonesia pada kejuaraan dunia World Karate Federation pada 25-29 Oktober 2017 di Barcelona, Spanyol. Andi Jerni juga pernah meraih medali di Kejuaraan Karate Asia 2019 hingga Kejuaraan Karate Asia Tenggara 2019.

2. Perjalanan karier sebagai karateka

Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi CalegAndi Jerni, atlet karate muda asal Sulawesi Selatan yang maju jadi calon DPR RI Dapil Sulsel 2 dari Partai Gerindra (instagram.com/andijerni)

Andi Jerni mengawali kariernya sebagai karateka dari daerah asalnya, Makassar. Saat itu, dia masih bersabuk kuning dan secara perlahan, prestasinya mulai berkembang dengan terus rutin mengasah kemampuannya. Saat sabuk biru, dia berhasil masuk pelatnas karate junior di Jakarta untuk ikut kejuaraan dunia di Barcelona, Spanyol.

Andi Jerni kemudian merantau ke Jakarta untuk melanjutkan pendidikannya di Binus University. Hal ini tak lantas membuatnya vakum dari dunia karate. Dia tetap aktif berlatih dan mengikuti sejumlah kejuaraan karate tingkat nasional maupun internasional. Mulai dari mengikuti kejuaraan dunia di Shanghai, Jakarta, Vietnam, Paris, hingga Swiss.

2. Daftar prestasi Andi Jerni

Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi CalegAndi Jerni, atlet karate asal Sulsel yang pernah mewakili Indonesia di kejuaraan dunia, memilih terjun ke dunia politik. (Instagram/andijerni)

Meski berasal dari Sulawesi Selatan, Andi Jerni lebih dikenal sebagai atlet Jawa Barat. Dia menjuarai beberapa kejuaraan di Jawa Barat, seperti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov). Berikut daftar prestasi Andi Jerni sebagai atlet karate muda yang bertalenta:

  • Juara 1 Kejurnas Karate Piala Panglima PB FORKI 2016
  • Juara 1 Kejuaraan Internasional Milo 2016
  • Juara 1 Kejurnas Karate Piala Panglima 2017
  • Juara 1 Kejurnas Karate Piala Panglima 2018
  • Juara 2 Kejurnas Karate Piala Mendagri 2017
  • Juara 2 Karate Sea AKF Indonesia 2017
  • Juara 2 Karate Sea AKF 2019
  • Juara 2 Pekan Olahraga Mahasiswa 2019 World Karate Federation 2019
  • Juara 3 Karate Japan Karate Championship 2016
  • Juara 3 Asia Karate Championship 2019
  • Juara 3 International Karate Swiss 2019
  • Juara 1 Praporprov Jabar, FORKI 2022
  • Juara 2 Porprov Jabar 2023 FORKI, 2023
  • Juara 1 Kejurda Andi Mappe, FORKI 2015
  • Juara 1 BOB Panglima DIVIF 1 KOSTRAD 2018
  • Juara 3 Pra Asian Games WKF 2017

Baca Juga: 35 Istilah Dalam Karate, Olahraga yang Berasal dari Jepang

3. Jadi calon DPR RI Dapil Sulsel 2 dari Gerindra

Profil Andi Jerni, Atlet Karate Berprestasi yang Jadi CalegAndi Jerni, atlet karate muda asal Sulawesi Selatan yang maju jadi calon DPR RI Dapil Sulsel 2 melalui Partai Gerindra (instagram.com/andijerni)

Selain aktif sebagai atlet karate, Andi Jerni mengumumkan bahwa dirinya maju sebagai calon DPR RI Dapil Sulawesi Selatan 2 melalui Partai Gerindra di akun Instagram pribadinya, @andijerni.

Setelah lulus kuliah, Andi Jerni bertekad untuk ikut dalam kontestasi Pemilu 2024. Mengutip unggahan Instagram pribadinya, Andi Jerni siap menjadi penyambung lidah untuk memperjuangkan kebutuhan masyarakat Sulawesi Selatan 2. Dapil Sulsel 2 meliputi Maros, Pangkep, Barru, Pare Pare, Soppeng, Wajo, Bone, Sinjai, Bulukumba.

Demikianlah profil dan prestasi Andi Jerni, atlet muda karate asal Sulawesi Selatan yang menjadi calon DPR RI Dapil Sulsel 2 melalui Partai Gerindra.

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Andi Jerni, Karateka Muda Menatap Parlemen

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya