Profil Alfin Daniel, Atlet Voli Sekaligus Perwira Muda Polisi

Bawa Bhayangkara Presisi juara Proliga 2024

Alfin Daniel Pratama jadi nama yang banyak disorot usai tim Jakarta Bhayangkara Presisi merengkuh gelar juara Proliga 2024. Bhayangkara menang atas Jakarta LavAni Allo Bank Electric dengan skor 3-1 dalam laga final Proliga 2024 di Indonesia Arena pada Minggu (21/7/2024) malam.

Sempat tertinggal di set pertama (28-30), tim Bhayangkara sukses membalikkan keadaan dengan menang tiga set beruntun atas LavAni (25-22, 25-22, 25-23). Hasil ini tak terlepas dari peran Alfin Daniel yang tampil apik sebagai setter.

Lantas, tidak sedikit yang penasaran sosok pemain muda yang juga seorang perwira polisi ini. Berikut profil Alfin Daniel dan perjalanan kariernya yang menarik diketahui.

1. Profil Alfin Daniel Pratama

Profil Alfin Daniel, Atlet Voli Sekaligus Perwira Muda PolisiAlfin Daniel, pemain voli Jakarta Bhayangkara Presisi di Proliga 2024 (instagram.com/bhayangkaravolley)

Alfin Daniel Pratama atau lebih dikenal Alfin Daniel lahir di Situbondo, Jawa Timur pada 2 Mei 2002. Alfin merupakan pemain voli profesional dengan tinggi 184 cm yang memiliki catatan spike 325 cm dan block 321 cm. Selain itu, Alfin juga merupakan perwira muda polisi.

Alfin Daniel lahir dari pasangan Rita Kurniati dan Iwan Dedi Setiawan yang juga memiliki latar belakang olahraga. Rita Kurniati merupakan polisi berpangkat Inspektur Satu yang juga mantan atlet voli profesional.

Rita pernah membela beberapa tim voli seperti PGN Popsivo Polwan dan Timnas Voli Indonesia. Sama seperti sang putra, Rita juga berposisi sebagai setter di dalam lapangan.

Sedangkan ayahnya, Iwan Dedi Setiawan atau juga dikenal dengan sapaan Giso merupakan mantan atlet voli. Saat ini, Iwan menjadi pelatih tim voli Indomaret Jawa Timur.

2. Perjalanan karier Alfin Daniel

Profil Alfin Daniel, Atlet Voli Sekaligus Perwira Muda PolisiAlfin Daniel, pemain voli Jakarta Bhayangkara Presisi di Proliga 2024 (instagram.com/bhayangkaravolley)

Tumbuh di keluarga berlatar belakang atlet voli membuat Alfin Daniel juga ikut tertarik menekuni dunia ini. Sejak kecil, Alfin banyak dipengaruhi oleh kedua orang tuanya yang merupakan atlet voli profesional.

Alfin Daniel mulai serius menekuni olahraga voli sejak di sekolah dasar. Saat kelas 6 SD, Alfin pernah tampil sebagai pemain junior di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Timur.

Saat SMP, kariernya makin berkembang dengan bergabung ke beberapa klub muda, termasuk sekolah voli Ragunan Jakarta. Alfin juga pernah bermain di tim Indomaret Sidoarjo dan Jakarta Garuda.

Alfin menjalani debut profesionalnya bersama Jakarta Garuda pada Proliga 2019. Lalu, dia melanjutkan karier volinya dengan bergabung Surabaya Bhayangkara Samator di Proliga 2022.

Di tahun yang sama, Alfin juga membela Indomaret Volleyball Club di Livoli Divisi Utama 2022. Saat itu, dia menerima penghargaan "Pemain Masa Depan".

Pada Proliga 2023, Alfin bergabung ke Jakarta Bhayangkara Presisi dan berhasil mengantarkan timnya sampai ke posisi runner-up. Alfin juga tampil di Asian Club Championship pada 2022 dan 2023 bersama Bhayangkara Presisi.

Seolah copy paste dari sang ibu, Alfin Daniel juga merupakan anggota kepolisian. Alfin mengambil pendidikan kepolisian bersama rekan atlet voli lainnya seperti Agil Angga Anggara dan Fahreza Rakha Abhinaya.

Baca Juga: Profil Boy Arnez, Hitter Andalan LavAni dan Timnas Indonesia

3. Prestasi Alfin Daniel

Profil Alfin Daniel, Atlet Voli Sekaligus Perwira Muda PolisiAlfin Daniel, pemain voli Jakarta Bhayangkara Presisi di Proliga 2024 (instagram.com/alfiindaniel7)

Sepanjang karier voli profesionalnya, Alfin pernah meraih gelar juara bersama tim yang pernah dia bela. Saat membela Indomaret Sidoarjo, Alfin pernah meraih gelar juara Livoli 2022. Alfin dan tim sukses mengalahkan STIN Pasundan dengan skor 3-2 di laga final.

Dua tahun kemudian, Alfin berhasil meraih gelar juara Proliga 2024 bersama Jakarta Bhayangkara Presisi. Dia tampil prima selama pertandingan dan berhasil membekuk Jakarta LavAni dengan skor akhir 3-1.

Alfin Daniel pun digadang-gadang menjadi pemain masa depan Timnas Voli Indonesia dengan karier yang cemerlang. Kira-kira prestasi apa lagi yang akan lahir dari tangannya, ya?

Baca Juga: Profil Marina Markova, Bintang Muda Jakarta Elektrik PLN

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya